Perbedaan Tes Obyektif Dan Tes Essay

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Beberapa Perbedaan Tes Obyektif dengan Tes Essay

Beberapa waktu yang kemudian kita telah mempublikasikan 15 Petunjuk yang Harus Diperhatikan Guru Saat Merancang Tes. Kali ini Blog kesayangan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Model-Model Pembelajaran akan menyajikan goresan pena ihwal Perbedaan Tes Obyektif dan Tes Essay. Mari disimak.

Berikut ini disajikan perbdaan-perbedaan antara tes obyektif dengan tes essay:
  1. Tes obyektif menuntut siswa untuk menentukan dua atau lebih alternatif jawaban, sementara tes essay menuntut siswa untuk merencanakan sendiri tanggapan mereka kemudian menyatakannya dengan kata-kata mereka sendiri.
  2. Secara taksonomi hasil belajar, tes obyektif baik untuk mengukur hasil berguru tingkat pengetahuan (C1),  pemahaman (C2), aplikasi (C3) dan analisis (C4), dan tidak cocok untuk mengukur tingkat sintesis (C5) dan penilaian (C6). Sementara tes essay tidak efisien dipakai untuk mengukur pengetahuan (C1), baik untuk mengukur pemahaman (C2), penerapan (C3), dan analisis (C4), serta sangat baik untuk mengukur hasil berguru kognitif untuk sintesis (C5) dan penilaian (C6).
  3. Tes obyektif seringkali terdiri dari banyak pertanyaan yang spesifik yang hanya menghendaki tanggapan berupa garis besarnya saja, berbeda dengan tes essay yang terdiri dari sejumlah pertanyaan yang lebih umum dan mengundang jawaban-jawaban secara luas dan mendalam.
  4. Tes obyektif yang terdiri dari banyak pertanyaan-pertanyaan (item soal), maka sanggup mewakili materi pembelajaran yang lebih luas, sementara itu tes essay alasannya yaitu memakai jumlah pertanyaan yang lebih sedikit maka hanya meliputi sedikit materi pembelajaran.
  5. Saat menjawab tes obyektif siswa lebih banyak memakai waktu yang disediakan untuk membaca dan berpikir, sedangkan pada tes essay, siswa lebih banyak memakai waktunya untuk berpikir dan menulis.
  6. Pembuatan tes objektif lebih sulit dinading menciptakan tes essay, walaupun sebetulnya ini tetap bersifat relatif.
  7. Kualitas tes objektif lebih banyak ditentukan oleh keterampilan penyusun tes, sementara untuk tes essay, kualitas tes lebih banyak ditentukan oleh keterampilan membaca.
  8. Jawaban siswa pada tes obyektif lebih gampang dilakukan penskorannya, bersifat sangat obyektif, sederhana. Sedangkan penskoran tes essay jauh lebih sulit, lebih subyektif.
  9. Tes obyektif memperlihatkan kesempatan yang luas kepada penyusun soal untuk memperlihatkan pengetahuan dan nilai-nilai yang dimilikinya, tetapi membatasi siswa untuk berkreasi. Sedangkan pada tes essay, siswa mempunyai kebebasan untuk menyatakan jawabannya secara individual dan guru (pemberi skor) bebas memperlihatkan skornya secara preferensial dengan mengacu pada pedoman penskoran.
  10. Pada tes obyektif, distribusi skor ditentukan oleh tes sedangkan pada tes esaay distribusi skor ditentukan oleh pemberi nilai.
  11. Secara tidak langsung, untuk tes obyektif guru memperlihatkan kemungkinan kepada siswa untuk bermain tebakan (guessing), sedangkan untuk tes essay, secara tidak pribadi guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan bluffing.
  12. Tes obyektif sanggup mendorong siswa untuk mengingat, menginterpretasikan dan menganalisis ide-ide orang lain. Sementara itu tes essay mendorong siswa untuk mengorganisasi dan mengintegrasikan ide-idenya sendiri ke dalam jawaban.
Demikian goresan pena ihwal Perbedaan Tes Obyektif dan Tes Essay dari blog PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Model-Model Pembelajaran. Semoga bermanfaat.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Perbedaan Tes Obyektif Dan Tes Essay"

Posting Komentar