Kisi-Kisi Ujian Uasbn Pai Sd 2017 Ktsp

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Dalam menghadapi USBN SD  tahun pelajaran  Kisi-Kisi Ujian UASBN PAI SD 2017 KTSP

Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI SD 2017 TP 2016/2017 Kurikulum 2006. Dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2016/2017, alangkah baiknya siswa SD/MI  mempelajari bahan PAI SD Kelas 6 yang sesuai dengan kisi-kisi soal USBN SD Tahun 2017. Selain mempelajari bahan PAI, akseptor didik kelas enam SD yang juga harus bisa membagi waktu dalam mempelajari bahan USBN SD 2017 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Adapun untuk kisi-kisi soal USBN PAI SD bisa diunduh pada link di bawah ini.


Silakan Download Kisi-Kisi USBN PAI SD Tahun Pelajaran 2016/2017


Kisi-Kisi USBN SD 2017 Mapel PAI memuat Standar Kompetensi, Kemampuan yang Diuji, Indikator Soal, dan Nomor Soal.

Soal USBN SD 2017 Mapel PAI terdiri dari 50 soal pilihan ganda.


Standar Kompetensi dan Indikator Soal Nomor 1-50

Standar Kompetensi: Membaca Surat-Surat al-Qur’an

  1. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, atau al-Kafirun yang tidak lengkap, akseptor didik sanggup melengkapi ayat tersebut dengan benar. 1 benar.
  2. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Ma’un, al-Fiil, al-Qadr, al-‘Alaq ayat 1-5, al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13 yang tidak lengkap, akseptor didik sanggup melengkapi ayat tersebut dengan benar.
  3. Disajikan beberapa ayat secara acak dari salah satu surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, atau al-’Alaq ayat 1-5, akseptor didik sanggup memilih urutan ayat-ayat dalam surat tersebut dengan benar.
  4. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, atau al-Kafirun, akseptor didik sanggup memilih aturan tajwid pada ayat yang digaris bawahi dengan benar.
  5. Disajikan beberapa ayat dari Surat, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5, al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup mengidentifikasi aturan bacaan Qalqalah dengan benar.

Standar Kompetensi: Mengartikan al-Qur’an Surat pendek pilihan

  1. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5 al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup memilih arti yang sesuai dengan ayat dengan benar
  2. Disajikan beberapa arti ayat dari Surat Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5 al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup memilih ayat yang sesuai arti dengan benar
  3. Disajikan table ayat dan arti dari beberapa Surat Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5 al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup memilih pasangan
  4. Disajikan pernyataan ihwal isi pokok salah satu surat al-Lahab, al-Kafirun, al-Ma’un, al-Fiil, dan al-Qadr, akseptor didik sanggup memilih surat yang sesuai dengan pernyataan dengan benar
  5. Disajikan kutipan ayat dari Surat pilihan Surat al-’Alaq ayat 1-5, al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup menunjukkan isi pokok ayat tersebut.

Standar Kompetensi: Mengenal sifat wajib Tuhan Swt. Mengenal sifat tidak mungkin Tuhan Swt. Mengenal sifat jaiz Tuhan SWT

  1. Disajikan tabel yang belum lengkap ihwal sifat wajib atau tidak mungkin Tuhan Swt dengan artinya, akseptor didik sanggup melengkapi tabel tersebut dengan benar
  2. Disajikan beberapa teladan bencana dalam kehidupan sehari-hari, akseptor didik memilih sifat Tuhan yang seuai dengan teladan tersebut dengan benar

Standar Kompetensi: Mengenal Malaikat dan tugasnya

  1. Disajikan pernyataan ihwal kiprah malaikat, akseptor didik sanggup memilih nama malaikat yang sesuai dengan tugasnya dengan benar.

Standar Kompetensi: Mengenal kitab-kitab Tuhan SWT

  1. Disajikan pernyataan ihwal kitab Tuhan Swt, akseptor didik memilih fungsi kitab-kitab Tuhan Swt dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Standar Kompetensi: Mengenal rasul-rasul Tuhan SWT

  1. Disajikan tabel yang tidak lengkap ihwal sifat wajib, Mustahi, atau Jaiz rasul, akseptor didik sanggup melengkapi tabel tersebut dengan benar
  2. Ditampilkan nama-nama rasul Allah, akseptor didik sanggup memilih rasul Ulul Azmi dengan benar

Standar Kompetensi: Meyakini adanya hari Akhir 

  1. Ditampilkan contoh-contoh kiamat, akseptor didik sanggup memilih teladan tamat zaman sugra atau kubra dengan benar
  2. Disajikan deskripsi ihwal bencana hari akhir, akseptor didik sanggup memilih nama hari tamat yang sesuai deskripsi dengan benar

Standar Kompetensi: Meyakini adanya Qadha danQadar

  1. Disajikan deskripsi ihwal qada dan qadar peserta, didik sanggup memilih teladan qada atau qadar dengan benar
  2. Disajikan contoh-contoh bencana dalam kehidupan sehari-hari, akseptor didik sanggup memilih beberapa teladan takdir mubram atau mu’alak dengan benar

Standar Kompetensi: Membiasakan sikap terpuji

  1. Disajikan beberapa pernyatan ihwal sikap terpuji, akseptor didik sanggup memilih sikap yang menerangkan keteladanan Nabi Adam atau masa kanak-kanan Nabi Muhammad saw. dengan benar
  2. Disajikan petikan kisah Nabi Adam atau Masa kanak-kakak Nabi Muhammad, akseptor didik sanggup mengidentifikasi sikap terpuji yang sanggup diteladani dengan benar
  3. Disajikan petikan kisah Nabi Ibrahim as atau Nabi Ismail a.s, akseptor didik sanggup memilih sikap terpuji yang sanggup diteladani dengan tepat.
  4. Disajikan beberapa sikap terpuji sehari-hari, akseptor didik sanggup mengidentifikasi sikap yang menerangkan kesabaran nabi Ayub, keberanian usaha Nabi Musa, dan tolong menolong nabi Isa dengan benar.
  5. Disajikan beberapa pernyataan ihwal sikap terpuji, akseptor didik sanggup mengidentifikasi kedermawanan Khalifah Abu bakar ra atau ketegasan Umar bin Khattab ra dengan benar.
  6. Disajikan petikan kisah Abu bakar ra atau Umar bin Khattab ra, akseptor didik sanggup menujukan sikap terpuji yang sanggup diteladani dengan benar.

Standar Kompetensi: Menghindari Perilaku tercela

  1. Disajikan beberapa pernyataan ihwal teladan kehidupan sehari-hari, akseptor didik sanggup memilih cara menghindari sikap dengki atau bohong dengan tepat
  2. Disajikan kisah dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan sikap dengki atau bohong, akseptor didik sanggup memilih akhir sikap tercela tersebut dengan benar.

Standar Kompetensi: Membiasakan sikap terpuji

  1. Disajikan beberapa pernyataan ihwal sikap terpuji, akseptor didik sanggup menerangkan sikap yang mencerminkan kegigihan kaum Muhajirin dengan tepat.
  2. Disajikan petikan kisah kaum Muhajirin atau kaum Ansar akseptor didik sanggup memilih sikap yang sanggup diteladani dengan tepat

Standar Kompetensi: Melaksanakan shalat dengan tertib

  1. Disajikan beberapa gambar gerakan shalat, akseptor didik sanggup memilih urutan gerakan shalat dengan benar
  2. Disajikan salah satu gambar gerakan shalat, akseptor didik sanggup memilih bacaan sesuai gambar dengan benar

Standar Kompetensi: Mengenal ketentuan ketentuan shalat

  1. Disajikan deskripsi shalat, akseptor didik sanggup memilih syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah-sunah, atau hal-hal yang membatalkan shalat dengan benar
  2. Disajikan beberapa ketentuan shalat, akseptor didik sanggup memilih beberapa ketentuan syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah shalat, atau,\hal-hal yang membatalkan shalat dengan benar

Standar Kompetensi: Melaksanakanzikir dan doa

  1. Disajikan salah satu lafal zikir atau doa sesudah shalat, akseptor didik sanggup memilih lafal atau doa dengan benar

Standar Kompetensi: Mengumandangkan adzan dan iqomah

  1. Disajikan beberapa lafal, akseptor didik sanggup memilih beberapa lafal adzan atau iqomah dengan benar

Standar Kompetensi: Mengenal puasa wajib

  1. Disajikan beberapa ketentuan puasa, akseptor didik sanggup memilih syarat syah, syarat wajib, rukun, sunah, atau hal-hal yang membatalkan puasa dengan tepat
  2. Disajikan beberapa pernyataan ihwal hikmah beribadah, akseptor didik sanggup memilih hikmah puasa dengan benar

Standar Kompetensi: Mengenal ibadah bulan romadhan

  1. Disajikan pernyataan ibadah sunnah, akseptor didik sanggup menunjukkan ibadah sunnah yang terdapat di bulan Ramadhan

Standar Kompetensi: Mengetahui kewajiban zakat

  1. Disajikan tabel ihwal ketentuan zakat, akseptor didik sanggup memilih pasangan ketentuan zakat dengan benar

Standar Kompetensi: Menceritakan kisah nabi

  1. Disajikan narasi ihwal kisah nabi, akseptor didik sanggup mengidentifikasi kisah yang terjadi pada masa Nabi Adam as, kelahiran Nabi Muhammad saw atau masa bawah umur Nabi Muhammad dengan benar
  2. Disajikan deskripsi ihwal silsilah keluarga Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Ayub as, Nabi Musa as, atau Nabi Isa as, akseptor didik sanggup memilih nama ayah, ibu, nenek, atau kekerabatan keluarga dengan benar
  3. Disajikan bukti-bukti kenabian, akseptor didik sanggup mengidentifkasi bukti-bukti kenabian Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Ayub as, Nabi Musa as, atau Nabi Isa as dengan benar
  4. Disajikan tabel ihwal nama nabi dan kaumnya, akseptor didik sanggup memilih sebutan bagi kaum Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Ayub as, Nabi Musa as, atau Nabi Isa as dengan benar

Standar Kompetensi: Menceritakan kisah sobat nabi

  1. Disajikan beberapa pernyataan ihwal kisah sobat Nabi, akseptor didik sanggup memilih kisah yang terjadi pada sobat Abu Bakar ra atau Umar bin Khattab ra. dengan benar
  2. Disajikan deskripsi ihwal kisah sobat Nabi, akseptor didik sanggup mengidentifikasi keberhasilan yang dilakukan oleh sobat Abu Bakar ra atau Umar bin Khattab ra dengan benar

Standar Kompetensi: Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal atau Musailamah Al Kazab

  1. Disajikan beberapa kisah penentang dakwah rasulullah, akseptor didik mengidentifikasi kisah Abu Lahab, Abu Jahal, atau Musailamah Al Kazab terhadap Rasulullah dengan benar.
  2. Disajikan beberapa nama orisinil tokoh penentang rasul, akseptor didik sanggup mengidentifikasi nama orisinil Abu Lahab, Abu Jahal atau Musailamah Al Kazab dengan benar

Standar Kompetensi: Menceritakan kisah kaum Muhajirin atau Anshar

  1. Disajikan beberapa nama tokoh, akseptor didik sanggup memilih tokoh kaum Muhajirin atau kaum Anshar dengan benar
  2. Disajikan beberapa petikan kisah, akseptor didik sanggup mengidentifikasi kisah yang terjadi pada kaum Muhajirin dan Anshar dengan benar.

Demikian, biar bermanfaat.
Sumber https://indrabayang.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Kisi-Kisi Ujian Uasbn Pai Sd 2017 Ktsp"

Posting Komentar