Metode Pembelajaran Resume Kelompok, Active Learning

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


Pembelajaran intinya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik  ke dalam proses b Metode Pembelajaran Resume Kelompok, Active Learning

Active Learning

Pembelajaran intinya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses berguru sehingga mereka sanggup memperoleh tujuan berguru sesuai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran hendaknya memperhatikan kondisi individu anak alasannya merekalah yang akan belajar. Anak didik merupakan individu yang berbeda satu sama lain, mempunyai keunikan masing-masing yang tidak sama dengan orang lain. Oleh alasannya itu pembelajaran hendaknya memperhatikan perbedaan-perbedaan individual anak tersebut, sehingga pembelajaran benar-benar sanggup merobah kondisi anak dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham serta dari yang berperilaku kurang baik menjadi baik. 

Kondisi riil anak menyerupai ini, selama ini kurang menerima perhatian di kalangan pendidik. Hal ini terlihat dari perhatian sebagian guru/pendidik yang cenderung memperhatikan kelas secara keseluruhan, tidak perorangan atau kelompok anak, sehingga perbedaan individual kurang menerima perhatian. Gejala yang lain terlihat pada kenyataan banyaknya guru yang memakai metode pengajaran yang cenderung sama setiap kali pertemuan di kelas berlangsung.

Dalam metode active learning (belajar aktif) setiap bahan pelajaran yang gres harus dikaitkan dengan banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang ada sebelumnya. Materi pelajaran yang gres disediakan secara aktif dengan pengetahuan yang sudah ada. Agar murid sanggup berguru secara aktif guru perlu membuat taktik yang sempurna guna sedemikian rupa, sehingga penerima didik mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar. (Mulyasa, 2004:241)

Unsur-unsur dasar pembelajaran Active ialah sebagai berikut :

a) Siswa dan kelompoknya haruslah beranggapan bahwa mereka sehidup sepenanggungan bersama.
b) Siswa bertanggung jawab atas segala sesuatu di dalam kelompoknya menyerupai milik mereka sendiri.
c) Siswa haruslah melihat bahwa semua anggota di dalam kelompoknya mempunyai tujuan yang sama
d) Siswa haruslah mencapai kiprah dan tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya.
e) Siswa akan dikenakan penilaian atau diberikan hadiah/penghargaan yang juga akan dikenakan untuk semua anggota kelompok.
f) Siswa banyak sekali kepemimpinan dan mereka membutuhkan keterampilah untuk berguru bersama selama proses belajarnya.
g) Siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual bahan yang ditangani dalam kelompok yaitu resume kelompok

Resume Kelompok 

menjelaskan hal-hal yang telah dicapai individu. Resume kelompok merupakan cara menarik untuk membantu siswa lebih mengenal satu sama lain atau melaksanakan semacam pembentukan tim yang anggotanya sudah saling mengenal. Aktivitas ini sanggup sangat efektif jikalau resume itu sangat relevan dengan bahan pelajaran yang anda ajarkan.
Menurut hasil penelitian mengatakan bahwa penerapan metode resume kelompok (group resume) sanggup dilaksanakan dengan baik, dan sanggup meningkatkan acara dan hasil berguru siswa dalam memahami bahan pembelajaran.
Aspek acara berguru siswa seperti 
(1) aspek bertanya, 
(2) aspek menjawab,
(3) aspek berdiskusi,
(4) aspek melaporkan, 
menunjukkan adanya peningkatan acara bertanya, menjawab, berdiskusi dan melaporkan hasil penyusunan resume atau ringkasan kelompok oleh siswa.

Baca juga :

Langkah-langkah Penerapan Metode Resume kelompok

Kegiatan Awal

  • Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
  • Mengamati dan mengarahkan sikap siswa supaya siap memulai pelajaran
  • Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
  • Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran gres
  • Penjelasan singkat ihwal tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa

 Kegiatan Inti

  1. Bagilah kelas menjadi sejumlah kelompok beranggotakan 3 sampai 6 siswa.
  2. Katakan kepada siswa bahwa acara ini akan menggali talenta mereka dan merupakan pengalaman yang luar biasa.
  3. Katakan bahwa satu cara untuk mengenali dan membanggakan sumber daya kelas ialah dengan membuat resume kelompok. (Anda mungkin perlu mengatakan kiprah atau kontrak imajiner yang akan ditawarkan kepada kelas.)
  4. Berikan kertas koran dan spidol kepada kelompok untuk mengatakan resume mereka. Resume ini harus mencantumkan info yang membanggakan kelompok secara keseluruhan, data-data berikut ini sanggup disertakan di dalamnya:
    •    Latar belakang pendidikan; sekolah yang sudah dimasuk
    •    Pengetahuan ihwal isi mata pelajaran
    •    Pengalaman bekerja
    •    Posisi yang diduduki
    •    Ketrampilan
    •    Hobi, bakat, perjalanan, keluarga
    •    Prestasi
   5. Perintahkan semua kelompok untuk rnenyajikan re­sume dan memaparkan       semua sumberdaya dalam keseluruhan kelompok. Berikut ialah resume         yang sanggup dibentuk oleh kelompok dalam pelajaran tulis-menulis bisnis:

Kegiatan Akhir/penutup
  • Memberikan penegasan dan menyimpulkan bahan berguru
  • Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
  • Memberikan kiprah berdikari untuk mendalami bahan bimbing
  • Menanamkan nilai-nilai dan pesan-pesan positif bagi siswa
  • Melakukan relaksasi bersama untuk menjernihkan daya pikir
  • Mengakhiri pelajaran dengan mengucap salam dan hamdalah

 Variasi

  1. Untuk mempercepat kegiatan tersebut, berikan garis-garis besar resume yang telah dipersiapkan yang isinya menyebutkan info apa saja yang mesti dikumpulkan
  2. Perintahkan siswa untuk saling mewawancarai ihwal kategori yang anda sediakan, bukannya memlnta siswa menyusun resume sendiri.
Demikian Semoga bermanfaat.

Sumber https://indrabayang.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Metode Pembelajaran Resume Kelompok, Active Learning"

Posting Komentar