ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Metode Pembelajaran "Bertukar Tempat" memungkinkan siswa untuk lebih mengenal. menyebarkan pendapat dan membahas gagasan, nilai-nilai atau pemecahan masalah baru. Metode Ini merupakan cara yang luar biasa manis untuk meningkatkan keterbukaan-diri atau bertukar pendapat secara aktif.
LANGKAH- LANGKAH
Berikan siswa satu buku catatan merek apa saja. [Putuskan apakah aktivitasnya akan berjalan lebih baik dengan membatasi siswa pada satu atau beberapa sumbang saran.
Mintalah mereka untuk menulis pada buku catatan tersebut salah satu dari hal-hal berikut ini:
- Nilai-nilai yang mereka anut
- Pengalaman. yang mereka dapatkan belakangan ini.
- Gagasan. atau solusi kreatif atas duduk masalah yang anda kernukakan
- Pertanyaan yang mereka miliki perihal bahan yang diajarkan di kelas
- Pendapat mereka perihal topik yang anda pilih.
- Fakta perihal mereka sendiri dan mata pelajaran di kelas.
Perintahkan siswa untuk melekatkan kertas catatan pada baju mereka dan berkeliling di sekitar ruang kelas untuk saling membaca catatan mereka.
Selanjutnya, perintahkan siswa untuk kembali ke kelompok masing-masing dan merundingkan pertukaran catatan satu sama lain. Pertukaran itu harus didasarkan pada harapan untuk mempunyai nilal, pengalaman. gagasan, pertanyaan, pendapat atau fakta tertentu dalam jangka pendek. Buatlah hukum bahwa semua pertukaran harus berlangsung timbal-balik. Perintahkan siswa, untuk melaksanakan pertukaran sesering mungkin.
Perintahkan siswa untuk kembali ke daerah masing-masing dan menyebarkan pengalaman perihal pertukaran apa yang telah ia lakukan dan apa sebabnya. (Misalnya, "Saya bertukar catatan dengan Sally, yang isinya menjelaskan bahwa ia pemah mengunjungi Eropa Timur. Saya sungguh ingin bepergian ke sana lantaran saya mempunyai leluhur dari Hungaria dan Ukraina.")
Baca Juga :
MetodePembelajaran Diskusi dan langkah-langkahnya
Metode Pembelajaran Prediksi dan langkah-langkanya
Metode Pembalajaran, bertukar pasangan
Metode pembelajaran, menyebarkan pengetahuan
Model Pembelajaran Number Head Together
VARIASI
Perintahkan siswa untuk membentuk sub kelompok, bukannya bertukar catatan, dan suruhlah siswa mendiskusikan isi catatan mereka.
Perintahkan siswa untuk menempelkan catatan mereka di daerah terbuka (misalnya papan tulis, whiteboard. dsb) dan diskusikan persamaan dan perbedaannya.
Selamat Mencoba
0 Response to "Metode Pembelajaran Bertukar Tempat, Active Learning"
Posting Komentar