Metode Pembelajaran Diskusi Dan Langkah Langkahnya

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Metode pembelajaran Diskusi ialah metode pembelajaran dengan kelompok berguru bersama Metode Pembelajaran Diskusi dan langkah langkahnya
Metode pembelajaran Diskusi ialah metode pembelajaran dengan kelompok berguru bersama, dimana masing-masing anggota kelompok harus memperlihatkan donasi khusus untuk menerapkan pengetahuan, menciptakan keputusan atau menilai situasi.

Peran guru ialah untuk bertanya, umpan balik, memonitor dan mengevaluasi kegiatan. Keuntungan dikaitkan dengan pembelajaran dengan diskusi dalam kelompok kecil, termasuk pengembangan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, komunikasi dan administrasi tim, serta sikap dan keterampilan interpersonal dan kolaborasi tim.

Bekerja dalam kelompok kecil juga memfasilitasi pembentukan sikap. Kebebasan diskusi kelompok memungkinkan peserta didk untuk mengeksplorasi relasi mereka dengan anggota lain, dan memahami alasan-alasan untuk beberapa perilakunya yang menyebabkan mereka saling berkomunikasi.

Metode ini dianggap sebagai metode yang paling efektif dalam pembelajaran kelompok. Ini ialah metode yang paling demokratis untuk mengubah sikap dan sikap alasannya ialah mengajarkan peserta didik sendiri untuk meyakinkan dan menghargai pendapat satu sama lain.

Metode ini sangat ideal untuk pembelajaran pada tema tertentu (pendidikan seks, penyakit menular seksual, dll) prosedur.

Biarkan masing-masing peserta didik mengetahui fakta dan ide-ide yang disajikan oleh pembicara walapun itu sangat berbeda dengan pandangannya, menyadari kesalahan dan sikap yang dilakukan oleh orang lain menafsirkan, memilih pendapat mereka sendiri mengenai isu yang diberikan, dan mengekspresikan ide-ide dan perasaan mereka.


Baca Juga : 

Metode Pembelajaran Resume Kelompok

Agar Metode Diskusi efektif dan optimal, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Topik harus menarik bagi siswa
  2. Jumlah Ideal: 15-20 peserta didik.
  3. Tingkat pengetahuan, kecerdasan, kemampuan untuk mempresentasikan wangsit dan pendidikan hampir sama
  4. Moderator harus ada.
  5. Mengunakan sesi untuk tanya jawab.

Kelebihan dan kekurangan metode diskusi

Dalam suatu metode umumnya ada kelebihan dan kekurangannya. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan metode diskusi ini?

1. Kelebihan metode diskusi

  • Dapat merangsang kreativitas siswa dalam bentuk ide, gagasan prakarsa, dan terobosan gres dalam pemecahan suatu masalah.
  • Dapat mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain.
  • Mampu memperluas wawasan
  • Membina untuk terbiasa musyawarah untuk memperkuat dalam memecahkan duduk kasus

2. Kekurangan metode diskusi

  • Tidak sanggup digunakan pada kelompok yang besar
  • Pembicaraan terkadang menyimpang, sehingga memerlukan waktu yang panjang
  • Mungkin dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara atau ingin menonjolkan diri

Dan untuk meminimalisir kekurangan metode ini, maka guru atau siswa sebagai pemimpin diskusi memiliki peranan sebagai berikut:

1. Sebagai penunjuk jalan
Sebagai pemimpin atas jalannya diskusi maka pemimpin sanggup memperlihatkan pengarahan kepada anggota perihal duduk kasus yang akan didiskusikan (ruang lingkup diskusi). Sehingga dengan demikian tidak timbul pertanyaan-pertanyaan yang menyimpang.

2. Sebagai pengatur kemudian lintas
Selain sebagai petunjuk jalan, guru atau siswa yang menjadi pemimpin diskusi, juga bertugas sebagai pengatur kemudian lintas diskusi:

  • Dengan jalan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada anggota kelompok tertentu.
  • Menjaga semoga anggota berbicara berdasarkan giliran (tidak serentak).
  • Menjaga semoga diskusi tidak dikuasi oleh orang-orang tertentu yang gemar berbicara.
  • Membuka kesempatan kepada orang-orang tertentu (pemalu) untuk mengungkapkan pendapatnya.
  • Mengatur pembicaraan semoga didengar oleh semua anggota.
3. Sebagai dinding penangkis
Selain itu, pemimpin diskusi juga memiliki kiprah sebagai penangkis. Maksudnya ialah pemimpin bertugas sebagai peserta pertanyaan-pertanyaan dari anggota kemudian melemparkannya kembali kepada anggota. Jangan hingga terjadi tanya jawab antar kelompok kecil saja. Usahakan seluruh anggota kelompok aktif berpartisipasi.
Langkah-langkah penggunaan metode diskusi

Langkah-langkah penggunaan metode diskusi ialah sebagai berikut:

1. Taraf persiapan, yang terdiri dari:
  • Memilih dan menetapkan topik atau tema sekurang-kurangnya: mengidentifikasi duduk kasus yang merupakan alternative untuk dipilih dan didiskusikan.
  • Mengidentifikasi dan menetapkan satu atau beberapa sumber materi bacaan atau isu yang hendak dipelajari oleh siswa, sehingga kalau memasuki arena diskusi dibutuhkan telah membawa materi pemikiran.
  • Menetapkan atau menyediakan alternatif komposisi dan struktur komonikasi kelompok diskusi.
  • Menetapkan atau menyediakan alternatif pemimpin diskusi pada guru atau siswa.

2. Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi, yang terdiri dari:

  • Memilih pimpinan diskusi (ketua, sekretaris, pelapor)
  • Mengatur kawasan duduk, ruangan, dan sebagainya dengan bimbingan guru.
3. Siswa berdiskusi dalam kelompoknya masing-masing, sedangkan guru berkeliling dari kelompok yang satu ke kelompok yang lain, menjaga ketertiban, serta memperlihatkan dorongan dan pinjaman semoga anggota kelompok berpartisipasi aktif dan diskusi sanggup berjalan lancar. Setiap siswa hendaknya, mengetahui secara persis apa yang akan didiskusikan dan bagaimana caranya berdiskusi.

4. Setiap kelompok harus melaporkan hasil diskusinya. Hasil diskusi dilaporkan ditanggapi oleh semua siswa, terutama dari kelompok lain. Guru memperlihatkan ulasan atau klarifikasi terhadap laporan tersebut.

5. Akhirnya siswa mencatat hasil diskusi, sedangkan guru menyimpulkan laporan hasil diskusi dari setiap kelompok

Demikian, semoga bermanfaat..



Sumber https://indrabayang.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Metode Pembelajaran Diskusi Dan Langkah Langkahnya"

Posting Komentar