ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Guru?. Para Ahli menyampaikan "Untuk menjadi seorang guru harus Inovatif, Kreatif, Aktual, kontekstual dalam pembelajaran". Selain itu, seorang guru tidak hanya dituntut untuk trampil dalam transfer ilmu pengetahua tetapi juga bisa menyentuh hati para akseptor didiknya
Berbahagialah apabila kita ditakdirkan dan diberi kesempatan menjadi seorang guru, kita sanggup menambah ilmu pengetahuan serta keterampilan kita lewat uluran kasih sayang kita kepada siswa. Di samping itu kita juga sanggup berkreatif dan inovatif dalam dunia pendidikan
Lalu bagaimana cara supaya menjadi guru kreatif? pertanyaan yang cukup menantang. menjadi guru kreatif bukannya sekedar membuat anak senang dan enjoy oleh permainan yang seru, segar dan lucu selama pembelajaran berlangsung. Tapi juga selayaknya guru mencari metode pembelajaran yang bermakna dan membuat anak bisa semakin gampang mengerti bahan yang disampaikan di kelas.
Kondisi apa saja yang membuat guru bisa menjadi kreatif bahkan tanpa harus memakai metode pembelajaran yang terbaru.
1. Guru membuat suasana kelas yang kondusif dan nyaman secara emosional dan intelektual
Terkadang siswa punya banyak pertanyaan dibenaknya, tetapi ada semacam perasaan aib dan takut, dikira kurang berilmu kalau melontarkan pertanyaan. Sebagai guru, kerja keras kita salah satunya dalam membuat kelas yang memperlihatkan keamanan secara emosional bagi siswa. Memang biar menjadi siswa yang percaya diri mereka perlu mengambil resiko, tetapi di lingkungan yang tidak mendukung kenyamanan secara emosional, siswa akan berpikir 1000 kali untuk mau bertanya dan berpendapat.Anda juga bisa membuat peraturan kelas yang isinya antara lain ‘Tidak boleh merendahkan atau meremehkan pendapat orang lain’ Jangan lupa anda juga memberi pola dahulu kepada siswa untuk mengucapkan terima kasih dan menghargai untuk setiap pertanyaan, atau pendapat dari siswa anda. Jika ini terjadi dikelas anda dijamin kelas akan bermetamorfosis kelas yang setiap individu didalamnya saling mendukung dan gampang untuk berkolaborasi dalam berpengetahuan.
Tidak hanya hingga disitu saja, kelas yang membuat guru menjadi guru kreatif semestinya juga kondusif secara intelektual. Siswa bisa berdikari dan mengerti dimana letak alat tulis, dikarenakan semua hal dikelas sudah disiapkan dengan rapih dan terorganisir. Siswa tahu apa yang harus dikerjakan dikarenakan arahan penugasan yang terang oleh guru. Tidak hanya terang tetapi juga menantang dengan demikian siswa bisa mengekpresikan kemampuannya dalam mengerjakan kiprah yang guru berikan.
2. Guru mengukur dengan hati, seberapa besar keterlibatan (engagement) siswa dalam kiprah yang ia berikan.
Saya jadi ingat sebuah pertanyaan yang bersifat reflektif mengenai cara kita mengajar dan membelajarkan siswa. Pertanyaan nya begini “Jika saya ialah murid saya sekarang, seberapa senang saya diajar oleh guru ibarat saya? ”Seorang guru kreatif bisa menciptakan suasana kelas yang aktif dalam pembelajaran di kelas yang diajarnya dalam presentasi keterlibatan yang penuh alias 100 persen. Artinya, misalkan seorang guru mengajar selama 40 menit, maka selama 40 menit itu pulalah, siswa berguru dengan aktif dan terlibat penuh dalam pembelajaran.
Tentu tidak dalam semalam semua guru bisa 100 persen membuat kelas yang aktif. Namun membutuhkan latihan dan latihan. Tetapi jalan kesana akan lebih cepat apabila kita mau jujur bertanya pada diri sendiri “Seberapa besar siswa aktif atau terlibat penuh dalam pembelajaran yang saya lakukan?”.
Baca Juga : Inilah 6 Langkah Tepat Bagaimana Menjadi Guru Yang Inspiratif
3. Lima menit terakhir yang menentukan
Jadikan 5 menit terakhir pembelajaran anda untuk merangkum, mengembangkan atau berefleksi mengenai hal yang siswa sudah lakukan selama pembelajaran.Bagilah menjadi dua pertanyaan besar, contohnya bab mana yang paling berat dilakukan dan susah dimengerti. Pertanyaan selanjutnya, pengetahuan gres apa yang kau dapatkan hari ini? Dengan demikian membuat siswa berdialog dengan dirinya sendiri mengenai proses berguru yang telah dilakukannya.
4. Guru membuat budaya menjelaskan, bukan budaya asal menjawab dengan betul.
Ciri-ciri sebuah pertanyaan yang baik ialah pertanyaannya hanya satu tetapi memiliki balasan yang banyak. Bandingkan dengan jenis pertanyaan yang hanya memiliki satu jawaban. Hal yang terjadi siswa akan berlomba menjawab dengan benar dengan segala cara. Termasuk mencontek misalnya.Sebagai guru budayakan pola perdebatan atau percakapan akademis di kelas kita. Saat mendengarkan teman mereka berbicara dan berargumen, mereka akan berguru menentukan dan membandingkan pendekatan atau cara yang orang lain lakukan untuk menjawab sebuah duduk kasus yang guru berikan.
Sebagai guru ketika memperlihatkan soal berikanlah siswa beberapa peluang kemungkinan dalam menjawab sebuah soal. Misalnya soal yang bapak berikan ini punya tiga alternative, bisa kah kau menemukan ketiga-tiganya?
0 Response to "Inilah 5 Langkah Untuk Jadi Guru Kreatif Semoga Disenangi Penerima Bimbing"
Posting Komentar