Model Pembelajaran Efektif : Debate, Role Playing, Gi Dan Talking Stick

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
DAFBLAwQUAAYACAAAACEAnGZGQbsAAAAkAQAA KgAAAGNsaXBib Model Pembelajaran Efektif : Debate, Role Playing, GI dan Talking Stick
Model pembelajaran yaitu suatu perencanaan atau suatu contoh yang dipakai sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial. Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam acara pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas

Dalam model pembelajaran berpusat pada siswa terdapat dua model pembelajaran, yaitu:
1.   Model pembelajaran cooperativelearning 
2.   Model pembelajaran duduk perkara based Learning


Pada bab 5 ini kita akan membahas model pembelajaran DEBATE, ROLE PLAYING, GROUP INVESTIGATION DAN TALKING STICK


DEBATE 
Langkah-langkah :
  1. Guru membagi 2 kelompok penerima debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
  2. Guru memperlihatkan kiprah untuk membaca bahan yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
  3. Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara ketika itu, lalu ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya hingga sebagian besar siswa sanggup mengemukakan pendapatnya.
  4. Sementara siswa memberikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan hingga mendapat sejumlah inspirasi diharapkan.
  5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
  6. Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.
 ROLE PLAYING
Langkah-langkah :
1.      Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2.      Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
3.      Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4.      Memberikan klarifikasi perihal kompetensi yang ingin dicapai
5.      Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6.      Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
7.      Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
8.      Masing-masing kelompok memberikan hasil kesimpulannya
9.      Guru memperlihatkan kesimpulan secara umum
10.   Evaluasi
11.   Penutup

GROUP INVESTIGATION 
Langkah-langkah :
  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan kiprah kelompok
  3. Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat kiprah satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
  4. Masing-masing kelompok membahas bahan yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat inovasi
  5. Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok memberikan hasil pembahasan kelompok
  6. Guru memperlihatkan klarifikasi singkat sekaligus memberi kesimpulan
  7. Evaluasi
  8. Penutup

 TALKING STICK

Langkah-langkah :
  1. Guru menyiapkan sebuah tongkat
  2. Guru memberikan bahan pokok yang akan dipelajari, lalu memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
  3. Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
  4. Guru mengambil tongkat dan memperlihatkan kepada siswa, sesudah itu guru memperlihatkan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya hingga sebagian besar siswa mendapat bab untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
  5. Guru memperlihatkan kesimpulan
  6. Evaluasi
  7. Penutup
Demikian supaya informasi yang sederhana ini bermanfaat.


Sumber https://indrabayang.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Model Pembelajaran Efektif : Debate, Role Playing, Gi Dan Talking Stick"

Posting Komentar