2 Macam Bentuk Soal Essay

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Masih melanjutkan seri goresan pena perihal tes essay, kali ini blog kesayangan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Model-Model Pembelajaran akan mengulas perihal 2 macam bentuk soal essay yang biasa dipakai dalam menyusun tes essay. Mari kita simak.

Macam-Macam Bentuk Soal Essay

Jawaban terhadap soal essay memiliki tingkatan kebebasan menjawab yang bervariasi. Siswa sanggup dituntut untuk menjawab secara singkat dan tepat, atau sanggup pula diberikan suatu kebebasan untuk merumuskan jawabannyasendiri. Nah, menurut jawaban  soal yang dituntut kepada siswa yang mengerjakan tes essay ini, maka soal-soal yang menyusun tes essay sanggup dibedakan paling tidak menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Soal Essay dengan Jawaban Terbatas

Soal essay jenis pertama, yaitu soal essay dengan balasan terbatas. Soal essay jenis ini sangat menekankan pada batas jumlah balasan yang diberikan siswa. Soal essay dengan balasan terbatas biasanya mengandung permasalahan yang terbatas dan jawabannya sudah ditentukan spesifikasinya. Kata-kata kerja operasional yang dipakai dalam soal ini merupakan ciri khas yang menciptakan kita sanggup dengan gampang membedakannya dari tipe soal essay yang kedua (soal essay dengan balasan bebas), yaitu adanya penggunaan kata seperti: definisikan, sebutkan, berilah alasan singkat. Selain itu batasan mengenai ruang lingkup balasan sanggup pula disertakan pada petunjuk mengerjakan soal.

Contoh Soal Essay dengan Jawaban Terbatas

Berikut ini beberapa pola yang sanggup diberikan untuk mempermudah kita mengenali tipe soal essay dengan balasan terbatas:
  1. Uraikanlah manfaat soal pilihan ganda dan soal essay untuk sanggup mengukur tujuan pembelajaran yang tergolong ke dalam kategori pemahaman (C2), jawaban dilarang lebih dari halaman yang tersedia!
  2. Pak Modin ingin mengukur kemampuan siswanya dalam menginterpretasi data secara tertulis
  • Uraikan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Pak Modin!
  • Beri alasan untuk menunjang pentingnya langkah-langkah tersebut!
Ada sisi konkret dan negatif penerapan pembatasan balasan soal essay baik dalam hal bentuk balasan maupun ruang lingkup menyerupai kedua pola soal di atas. Sisi positifnya adalah, soal menyerupai ini sanggup dirumuskan dengan lebih mudah, sanggup dikaitkan secara pribadi dengan tujuan pembelajaran, dan gampang dalam melaksanakan penskoran (koreksi). Sementara itu, sisi negatifnya yaitu guru tidak memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk mengorganisasikan, menyusun, mengemukakan pendapatnya sendiri. Sisi negatif yang demikian mengakibatkan soal essay tipe balasan terbatas hanya sanggup dipakai untuk mengukur tujuan pembelajaran kategori pemahaman (C2), aplikasi (C3), dan analisis (C4), dan kurang sesuai untuk mengukur tujuan pembelajaran kategori sintesis (C5) dan penilaian (C6).

2. Soal Essay dengan Jawaban Bebas 

Adapun jenis soal essay yang menyusun tes essay yang kedua yaitu soal essay dengan balasan bebas. Soal essay dengan balasan bebas akan memperlihatkan siswa kesempatan seluas-luasnya untuk merumuskan sendiri jawabannya. Walaupun demikian, soal essay dengan balasan bebas seringkali juga masih tetap diberi batasan-batasan tertentu, menyerupai usang waktu mengerjakan soal dan jumlah halaman jawaban. Batasan terhadap bentuk balasan dan isi dibentuk seminimal mungkin. Pada prinsipnya guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk memperlihatkan keterampilan mereka dalam melaksanakan sintesis dan evaluasi. Pengontrolan atau pembatasan hanya terbatas pada upaya semoga soal essay yang bersangkutan sanggup mengungkapkan keterampilan kognitif yang dikehendaki.

Contoh Soal Essay Kategori Sintesis (C5) dengan Jawaban Bebas

Untuk mata pelajaran yang akan anda ajarkan, susunlah rencana yang lengkap untuk mengevaluasi hasil mencar ilmu siswa. Cantumkan mekanisme yang akan anda ikuti, soal yang akan anda gunakan dan alasan pemilihannya!

Contoh Soal Essay Kategori Evaluasi (C6) dengan Jawaban Bebas

Siswa diberikan tes hasil mencar ilmu yang lengkap termasuk kesalahan-kesalahan dalam petunjuk soalnya, pada soal-soalnya, dan pada urutan soalnya. Kemudian kepada siswa diberikan kiprah sebagai berikut: Tuliskan penilaian yang kritis terhadap tes ini menurut kriteria evaluasi, hukum dan patokan untuk menciptakan soal yang yang tercantum pada buku anda. Tuliskan pula secara rinci analisis terhadap kelemahan dan kebaikan tes, serta penilaian terhadap kualitas dan kemungkinan keefektifannya!

Soal essay dengan balasan bebas (soal essay jenis kedua) memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk secara kreatif melaksanakan pengintegrasian ide, melaksanakan penilaian secara menyeluruh, dan mendekati persoalan dengan penggunaan problem solving. Tujuan pembelajaran semacam ini tentu saja tidak sanggup diukur dengan bentuk-bentuk soal yang lain. Tetapi seringkali muncul persoalan perihal bagaimana melaksanakan koreksi (penskoran jawaban) semoga diperoleh angka yang reliabilitasnya tinggi. Tugas ini tentu sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Walaupun demikian, mengingat pentingnya kategori tujuan pembelajaran sintesis (C5) dan penilaian (C6), tentu kiprah yang berat tersebut banyak imbalannya.

Tulisan sebelumnya yang mungkin berkaitan dengan Tes Essay:
Perbedaan Tes Obyektif dengan Tes Essay
15 Petunjuk Guru Saat Mempersiapkan Tes
Karakteristik Tes Essay

Demikian goresan pena perihal 2 jenis soal tes essay dari blog kesayangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), semoga bermanfaat untuk kita semua. 
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "2 Macam Bentuk Soal Essay"

Posting Komentar