Aturan Penulisan Soal Essay

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Serial goresan pena wacana Tes Essay di blog Penelitian Tindakan Kelas masih akan kita lanjutkan. Kali ini kita membahas Bagaimana Aturan Penulisan Soal Essay untuk Menyusun Tes Essay. Mari disimak.

Aturan Penulisan Soal Essay

Ada aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi dalam menulis soal-soal berbentuk essay. Hal ini penting untuk diketahui biar soal essay yang dibentuk oleh guru nantinya jelas, tidak mempunyai makna jamak (ganda). Untuk sanggup menciptakan soal essay yang baik guru harus  memperhatikan aturan-aturan berikut:

Soal Essay Digunakan untuk Mengukur Tujuan Belajar yang Kompleks

Jangan sekali-kali memakai soal essay untuk tujuan pembelajaran tingkat pengetahuan (C1), alasannya tentu akan tidak cocok. Sementara itu untuk tujuan pembelajaran tingkat pemahaman (C2), penerapan/aplikasi (C3), dan analisis (C4), pengukurannya sanggup dilakukan baik dengan memakai tes obyektif maupun tes essay. Meskipun demikian penggunaan tes obyektif harus lebih diutamakan. Soal essay sebaiknya gres diterapkan apabila siswa dituntut untuk memperlihatkan klarifikasi atau alasan, menyatakan jenis hubungan, menguraikan data dan merumuskan kesimpulan. Apabila tujuan pokoknya ialah untuk meminta siswa merumuskan sendiri jawabannya maka sebaiknyalah dipakai soal essay dengan tanggapan terbatas.

Soal obyektif dan soal essay dengan tanggapan terbatas sebetulnya kurang bermanfaat jikalau dipakai untuk mengukur kemampuan siswa melaksanakan sintesis (C5) dan mengevaluasi (C6). Untuk mengukur kemampuan berpikir siswa pada tingkatan sintesis dan penilaian sebaiknya dipakai soal jenis dengan tanggapan bebas. (Lihat goresan pena sebelumnya wacana 2 macam soal essay).

Hubungan Selangsung antara Pertanyaan dengan Tujuan Pembelajaran yang Diukur

Soal esaay tidak akan sanggup mengukur tujuan pembelajaran yang kompleks jikalau soal itu tidak betul-betul dirumuskan untuk kepentingan tersebut. Setiap soal essay yang dibentuk guru harus ditujukan untuk mengukur satu tujuan pembelajaran atau lebih. Karena itulah, sama juga dengan bentuk soal yang lain, soal essay dalam pembuatannya harus didahului oleh penentuan tujuan pembelajaran yang berikutnya dijadikan dasar penyusunan soal essay.

Umumnya soal essay dengan tanggapan bebas (soal essay tipe kedua), dipakai untuk mengukur sejumlah sasaran belajar. Hal ini jugalah yang menciptakan relatif sulitnya menyusun soal essay tipe ini. Rumusan soal yang terlalu rinci cenderung akan membatasi kebebasan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Cara yang mungkin sanggup dipakai untuk menghindari duduk kasus ini ialah dengan memperlihatkan kriteria yang dipakai dalam mengevaluasi hasil tes. Misalnya, tanggapan anda akan dinilai dari  sisi kedalamannya, relevansi argumentasi, kesesuaian contoh-contoh yang diberikan, dan kerapian organisasi penulisan jawaban. 

Tugas-Tugas Siswa Dirumuskan Secara Jelas dalam Soal

Menyusun soal essay yang sanggup dipahami siswa dengan baik relatif sukar. Agar tugas-tugas yang diminta kepada siswa menjadi jelas, guru dalam menyusun soal essay harus memperhatikan pemilihan kata, rumusan kalimat dan anak kalimat dengan hati-hati. Jangan memakai kata-kata menyerupai apakah, siapa, kapan, sebutkan, dan tuliskan. Kata-kata tersebut sanggup menciptakan pembatasan pada tanggapan siswa, padahal guru menghendaki tanggapan yang bebas. Tujuan pembelajaran yang kompleks (berpikir tingkat tinggi) umumnya sanggup dimulai pertanyaannya dengan kata-kata menyerupai mengapa, jelaskan, uraikan, bandingkan, hubungkan, interpretasikan, nilailah, dan kata-kata lain yang sejenis.

Ada suatu cara yang cukup baik dipakai untuk mengecek kejelasan rumusan soal essay dengan tanggapan bebas yang dibentuk guru, yaitu dengan mencoba untuk menuliskan jawabannya. Melalui cara ini maka guru akan sanggup menemukan rumusan yang kurang sempurna atau mungkin bermakna jamak (ganda), sanggup memperkirakan waktu yang diperlukan untuk berpikir dan menulis jawaban. Guru sanggup pula meminta sumbangan teman guru lainnya untuk mengecek soal essay yang dibentuk untuk meningkatkan kualitasnya.

Jangan Menyediakan Pilihan Pertanyaan

Seringkali ditemukan di lapangan guru menyediakan pilihan pertanyaan essay yang sanggup dijawab. Hal yang benar ialah sebaiknya semua siswa diharuskan menjawab semua soal yang diberikan, sehingga tidak akan meimbulkan kesulitan bagi guru untuk mengevaluasinya. Apabila guru menyediakan pertanyaan-pertanyaan yang sanggup dipilih untuk dijawab maka siswa tentu saja akan menentukan pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjawabnya. Akibatnya hasil tes tidak representatif untuk menggambarkan kemampuan siswa secara lengkap.Walaupun demikian, ada kalanya sanggup disediakan pilihan soal, contohnya apabila soal essay hanya dipakai untuk mengukur keterampilan menulis, kreativitas, atau hasil kiprah individual. Untuk inipun, pilihan soal tetap harus lebih hati-hati dirumuskan.

Memberi Waktu yang Cukup

Untuk menjawab soal-soal essay yang notabene dipakai guru untuk mengukur keterampilan-keterampilan berpikir tingkat tinggi, maka siswa perlu diberikan waktu yang cukup untuk berpikir dan menuliskan jawabannya. Batas waktu mengejakan soal tentu selalu ada. Biasanya ada kecendrungan yang kurang baik di lapangan, yaitu guru memperlihatkan banyak soal essay dengan waktu yang tidak mencukupi. Hal ini tentu tidak baik alasannya siswa tidak mempunyai cukup waktu untuk berpikir, begitupun waktu untuk menuliskan tanggapan mereka. Solusi terbaik untuk menciptakan cakupan bahan pembelajaran yang lebih luas ialah dengan memperlihatkan sedikit soal essay, akan tetapi dilakukan lebih sering (banyak), sehingga tes essay yang dilakukan guru sanggup lebih representatif. Siswa sanggup diefektifkan dalam memanfaatkan waktu dengan cara diberikan batasan waktu untuk pengerjaan setiap butir soal, atau sanggup juga dengan memperlihatkan batasan jumlah halaman jawaban.

Tulisan sebelumnya wacana tes essay yang mungkin juga ingin anda baca:

Demikian goresan pena berseri wacana Tes Essay yang berjudul Aturan Penulisan Soal Essay dari blog PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Model Pembelajaran. Semoga bermanfaat.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Aturan Penulisan Soal Essay"

Posting Komentar