Syarat Dan Hukum Evaluasi Tes Essay

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Syarat-Syarat Soal Essay yang Baik dan Aturan Penilaian Hasil Tes Essay

Kembali menyajikan goresan pena wacana Tes Essay, kali ini blog Penelitian Tindakan Kelas dan Model Pembelajaran akan menguraikan wacana Syarat Soal Essay yang Baik dan Aturan Penilaian Tes Essay. Mari kita simak.

Syarat-Syarat Soal Essay yang Baik

Tentu saja, sebuah soal essay yang nantinya akan menyusun sebuah tes essay harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Ada paling tidak 3 syarat yang harus dipenuhi soal essay yang baik, yaitu: (1) aspek materi soal; (2) aspek konstruksi soal essay; dan (3) aspek bahasa soal. Mari kita bahas satu persatu.

1. Materi Soal Essay

Materi soal yang ujikan harus terperinci dan telah dipelajari oleh siswa. Dengan demikian, maka pertanyaan yang diberikan dan juga tanggapan yang diminta akan terperinci bagi siswa.

2. Konstruksi Soal Essay

Konstruksi soal essay dibentuk dalam bentuk kalimat perintah atau kalimat tanya yang menuntut tanggapan atau tanggapan terurai, berupa beberapa kalimat atau paragraf dengan mengandung kata-kata tanya menyerupai mengapa, deskripsikan, uraikan, dsb. Soal essay yang baik tidak mengandung kata-kata tanya menyerupai siapa, apa, bilamana, dsb. Soal essay juga harus mengandung petunjuk yang terperinci wacana cara mengerjakannya. Apabila pada soal essay dipakai komplemen klarifikasi berupa grafik, gambar, diagram, wacana, dsb, dipastikan harus benar-benar sanggup bermakna dan berkaitan dengan permasalahan yang diangkat oleh soal tersebut.

3. Bahasa Soal Essay

Bahasa yang dipakai untuk menciptakan soal essay sebagaimana soal jenis lainnya ialah bahasa yang baku, komunikatif, lugas dan tidak menjadikan penafsiran ganda atau jamak.

Contoh Soal Essay

Berikut ini diberikan pola soal-soal essay

Petunjuk Soal:
Jawablah seluruh pertanyaan-pertanyaan berikut pada lembar tanggapan yang disediakan!
  1. Mengapa lingkungan perlu dijaga kebersihannya?
  2. Deskripsikan dengan menunjukkan contoh-contoh dampak negatif produk ternologi yang memakai materi baku tak terbarukan!
  3. Jelaskan upaya-upaya yang menurutmu sanggup dilakukan untuk mengatasi duduk masalah berkurangnya cadangan air tanah!

Aturan Penilaian Hasil Tes Essay 

Untuk melaksanakan evaluasi terhadap tanggapan siswa pada hasil tes essay, sebaiknya mengikuti aturan-aturan berikut:

1. Penilaian Berdasarkan Tujuan Pembelajaran yang Diukur

Sebenarnya hukum ini berlaku untuk penulisan soal bentuk apapun, termasuk soal essay. Bilasebuah soal disusun untuk mengukur kemampuan siswa dalam menjelaskan kekerabatan alasannya akibat, maka tentu saja jawabannya harus dinilai berdasarkan ketajaman uraian siswa mengenai kekerabatan alasannya akhir menyerupai yang dikehendaki rumusan soal. Faktor-faktor lain menyerupai tata bahasa dan goresan pena seharusnya diabaikan, bila faktor-faktor memang tidak dimasukkan ke dalam faktor yang ingin dinilai.

2. Gunakan Kunci Jawaban untuk Soal Essay Tipe Jawaban Terbatas

Kunci tanggapan sebetulnya hanya sanggup dipakai untuk soal-soalessay tipe tanggapan terbatas. Prosedur yang sanggup dilakukan guru untuk ini yaitu pertama-tama menuliskan kunci tanggapan masing-masing soal essay dengan tanggapan terbatas tersebut, lalu memilih nilai atau skor untuk bagian-bagiannya yang ditanyakan dalam soal, contohnya keseuaian contoh, isi, dan pengorganisasian jawaban.

3. Gunakan Metode Peringkat Berkriteria untuk Soal Essay Tipe Jawaban Bebas

Untuk soal essay dengan tipe tanggapan bebas, melaksanakan evaluasi lebih sulit. Karena kunci tanggapan sulit dibuat, maka si pengoreksi sanggup menciptakan peringkat lembar tanggapan dengan cara menilainya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Kriteria penentuan kualitas tanggapan siswa ditentukan oleh sifat pertanyaan dan tujuan pembelajaran yang ingin diukur pencapaiannya oleh siswa. Misalnya, apabila siswa diminta untuk menguraikan planning lengkap pembuatan tes hasil belajar, maka kriterianya sanggup mencakup: (1) kelengkapan rencana, contohnya rumusan tujuan pembelajaran, tabel spesifikasi, dan pola soal yang sesuai; (2) kejelasan dan ketepatan uraian setiap langkah yang diajukan; serta (3) ketepatan pengintegrasian bagian-bagiannya.

Pada umumnya kualitas tanggapan siswa sanggup dibagi menjadi 5 kategori atau peringkat yang diberi tanda 1 hingga 5, diadaptasi dengan kriteria yang telah ditentukan oleh guru. Dasar penyusunan peringkat kualitas tanggapan siswa sanggup lebih seragam dengan cara, sebelum memilih peringkat guru membaca dua kali tanggapan siswa. Pada waktu pertama kali menbaca tanggapan siswa, guru sudah sanggup mengelompokkan peringkat tanggapan ke dalam peringkat 1, 2, 3, 4, atau 5. Pada aktivitas membaca yang kedua kali, guru membaca tanggapan siswa dalam setiap kelompok peringkat, dan jikalau diharapkan membetulkan posisi peringkat (kelompok) yang sempurna bagi tanggapan siswa tersebut. Susah dan melelahkan memang, tetapi sepadan dengan manfaat penggunaan soal essay bentuk tanggapan bebas yang sangat elok untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki siswa.

4. Periksa Semua Jawaban Soal yang Sama, gres Periksa Nomor Soal Berikutnya

Dalam perjuangan mempertahankan standar evaluasi yang seragam, guru harus mengusut seluruh tanggapan terhadap soal yang sama dan bukannya mengusut semua tanggapan yang ditulis oleh seorang siswa dan lalu berpindah ke lembar tanggapan siswa yang lain. Periksalah dahulu tanggapan soal nomor 1 dari seluruh lembar jawaban. Setelah final gres berpindah ke soal nomor 2, dan seterusnya. Dengan menilai semua tanggapan siswa pada soal yang sama terlebih dahulu, maka evaluasi guru terhadap setiap soal terpisah dari soal lainnya.

5. Tutupi Identitas Siswa

Mengabaikan identitas penulis tanggapan (siswa) sangat penting ketika melaksanakan evaluasi atau koreksi lembar tanggapan soal essay. Penilaian harus didasarkan pada tanggapan bukan sang penulis jawaban. Seringkali ditemukan guru terpengaruh oleh nama penulis jawaban. Karena itu, sangat baik, sebelum lembar tanggapan dikoreksi, tutuplah dahulu identitas siswa yang tertera pada lembar tanggapan supaya tidak mempengaruhi hasil penilaian.

6. Bila Mungkin Menggunakan Dua Penilai atau Lebih 

Cara paling baik untuk menelaah reliabilitas hasil tes ialah dengan cara mempersilakan seorang penilai lainnya untuk kembali melaksanakan koreksi. Meskipun pada praktiknya cara ini sulit sekali dilakukan, pada saat-saat tertentu ada baiknya dilakukan oleh sesama kolega yang profesional. Praktek semacam ini sangat diharapkan untuk pengambilan keputusan yang penting, contohnya memilih siapa siswa terbaik, atau proteksi penghargaan homogen lainnya.

Baca juga goresan pena terkait Soal Essay dan Tes Essay, yaitu:

Demikian uraian mengenai Syarat-Syarat Soal Essay yang Baik serta Aturan-Aturan Penilaian Hasil Tes Essay dari blog Penelitian Tindakan Kelas dan Model Pembelajaran. Semoga bermanfaat.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Syarat Dan Hukum Evaluasi Tes Essay"

Posting Komentar