ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Beberapa waktu yang kemudian blog Penelitian Tindakan Kelas telah mempublikasikan beberapa goresan pena ihwal Kurikulum 2013 yang telah mulai diberlakukan di beberapa sekolah. Melanjutkan tulisan-tulisan tersebut, kali ini kami akan membagi Apa dan Bagaimana Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 itu. Yuk disimak.Tujuan Umum Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013
Adapun yang menjadi tujuan umum aktivitas Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dimulai semenjak pertengahan Juni kemudian secara bertahap, ialah sebagai berikut.Guru
Setelah mengikuti aktivitas training implementasi kurikulum 2013 diperlukan guru mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan evaluasi Kurikulum 2013.Kepala Sekolah
Setelah mengikuti aktivitas training implementasi kurikulum 2013 diperlukan kepala sekolah mampu mengerahkan sumber daya yang dimiliki dalam rangka menjamin keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013.Pengawas Sekolah
Setelah mengikuti aktivitas training implementasi kurikulum 2013 diperlukan pengawas sekolah mampu memberikan bantuan teknis secara benar kepada sekolah dalam mengatasi kendala selama implementasi Kurikulum 2013.Kompetensi Inti Peserta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Adapun kkompetensi inti yang harus dicapai oleh setiap penerima training penerapan Kurikulum 2013sehabis mengikuti training ialah sebagai berikut:
- Memiliki perilaku yang terbuka untuk mendapatkan Kurikulum 2013.
- Memiliki harapan yang besar lengan berkuasa untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.
- Memiliki pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum 2013 (filosofi, rasional, elemen perubahan, taktik implementasi, Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD)).
- Memiliki keterampilan menganalisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Buku Guru, dan Buku Siswa.
- Memiliki keterampilan menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada Kurikulum 2013.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan pendekatan Scientific secara benar.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning.
- Memiliki keterampilan melakukan evaluasi autentik dengan benar.
- Memiliki keterampilan berkomunikasi verbal dan tulis dengan runtut, benar, dan santun.
Hasil Kerja yang Diharapkan Dari Peserta Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013
Setelah mengikuti training diharapkan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah mampumewujudkan hasil kerja secara kolektif hal-hal berikut ini.
- Analisis SKL, KI, KD untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
- Analisis buku siswa dan buku guru untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
- Contoh RPP untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
- Contoh instrumen evaluasi untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
Sasaran Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013
Adapun sasaran final dari training ini ialah guru, kepala sekolah dan pengawas. Mengingat jumlah sasaran akhir pelatihan sangat besar dan sebaran sasaran akhir pelatihan sangat luas, training ini menerapkan taktik training sedikit demi sedikit atau berjenjang. Tahapan atau jenjang pelatihan, narasumber yang akan bertugas, serta sasaran peserta sanggup dijelaskan pada diagram berikut ini.3 tahap training penerapan kurikulum 2013 |
Diagram tersebut mengambarkan tiga tahap training yaitu: Pelatihan Tingkat Nasional, Tingkat Provinsi, dan Tingkat Kabupaten/Kota. Secara keseluruhan terdapat tujuh jenis pelatihan, yakni: Pelatihan Instruktur Nasional, Pelatihan Guru Inti, Pelatihan Kepala Sekolah Inti, Pelatihan Pengawas Inti, Pelatihan Guru Kelas/ Mapel, Pelatihan Kepala sekolah, dan Pelatihan Pengawas.
Adapun struktur materi training implementasi Kurikulum 2013, untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah sanggup dilihat pada tabel berikut:
Struktur materi training implementasi Kurikulum 2013, untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah |
Penilaian Hasil Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Penilaian meliputitiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian autentik diterapkan di dalam pelatihan ini. Metode evaluasi yang diterapkan di dalam evaluasi ini mencakup tes awal, tes akhir, portofolio, dan pengamatan. Setiap calon pelatih nasional, guru inti, kepala sekolah inti, dan pengawas inti dinyatakan lulus apabila mencapai nilai 75 dan mempunyai kewenangan untuk melatih.Anda juga mungkin ingin membaca:
- Cara Download Ebook Pelajaran Kurikulum 2013
- Beberapa PerMen (Peraturan Menteri) Pendidikan dan Kebudayaan Terkait Kurikulum 2013
- Cek Daftar Sekolah Tempat Implementasi Kurikulum 2013
- Download Struktur Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah kejuruan dan MAK
- Download Kurikulum 2013 untuk SMA/MA
- Download Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs
- Download Kurikulum 2013 untuk SD/MI
- Fakta-Fakta Seputar Kurikulum 2013
Demikian gosip ihwal Apa dan Bagaimana Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 dari blog Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Model-ModelPembelajaran yang dihimpun dari aneka macam sumber . Semoga bermanfaat.
0 Response to "Apa Dan Bagaimana Training Implementasi Kurikulum 2013"
Posting Komentar