Apa Dan Bagaimana Training Implementasi Kurikulum 2013

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

Beberapa waktu yang kemudian blog Penelitian Tindakan Kelas telah mempublikasikan beberapa goresan pena ihwal Kurikulum 2013 yang telah mulai diberlakukan di beberapa sekolah. Melanjutkan tulisan-tulisan tersebut, kali ini kami akan membagi Apa dan Bagaimana Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 itu. Yuk disimak.

Tujuan Umum Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013

Adapun yang menjadi tujuan umum aktivitas Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dimulai semenjak pertengahan Juni kemudian secara bertahap, ialah sebagai berikut.

Guru

Setelah mengikuti aktivitas training implementasi kurikulum 2013 diperlukan guru  mampu  melaksanakan  tugas  sesuai  dengan  tuntutan  kompetensi  lulusan,  isi,  proses pembelajaran, dan evaluasi Kurikulum 2013.

Kepala Sekolah

Setelah mengikuti aktivitas training implementasi kurikulum 2013 diperlukan kepala sekolah  mampu  mengerahkan  sumber  daya  yang  dimiliki  dalam  rangka  menjamin keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013.

Pengawas Sekolah

Setelah mengikuti aktivitas training implementasi kurikulum 2013 diperlukan pengawas  sekolah  mampu  memberikan  bantuan  teknis   secara  benar  kepada  sekolah  dalam mengatasi kendala selama implementasi Kurikulum 2013.

Kompetensi Inti Peserta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

Adapun kkompetensi inti  yang  harus  dicapai  oleh setiap penerima training penerapan Kurikulum 2013
sehabis mengikuti training ialah sebagai berikut:
  1. Memiliki perilaku yang terbuka untuk mendapatkan Kurikulum 2013.
  2. Memiliki harapan yang besar lengan berkuasa untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.
  3. Memiliki pemahaman yang  mendalam tentang  Kurikulum  2013 (filosofi,  rasional,  elemen perubahan, taktik implementasi, Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD)).
  4. Memiliki  keterampilan  menganalisis  keterkaitan  antara  Standar  Kompetensi  Kelulusan  (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Buku Guru, dan Buku Siswa.
  5. Memiliki  keterampilan  menyusun  Rencana  Program  Pembelajaran  (RPP)  dengan  mengacu  pada Kurikulum 2013.
  6. Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan pendekatan Scientific secara benar.
  7. Memiliki  keterampilan  mengajar  dengan  menerapkan  model  pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning.
  8. Memiliki keterampilan melakukan evaluasi autentik dengan benar.
  9. Memiliki keterampilan berkomunikasi verbal dan tulis dengan runtut, benar, dan santun.

Hasil Kerja yang Diharapkan Dari Peserta Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013

Setelah mengikuti  training diharapkan  guru,  kepala  sekolah,  dan  pengawas sekolah mampu
mewujudkan hasil kerja secara kolektif hal-hal berikut ini.
  1. Analisis SKL, KI, KD untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
  2. Analisis  buku  siswa  dan  buku  guru  untuk  jenjang  dan  mata  pelajaran sesuai  beban  tugasnya, selama satu semester.
  3. Contoh RPP untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
  4. Contoh instrumen evaluasi untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.

Sasaran Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013

Adapun sasaran final dari training ini ialah guru, kepala sekolah dan pengawas. Mengingat jumlah sasaran  akhir  pelatihan  sangat  besar  dan  sebaran  sasaran  akhir  pelatihan  sangat  luas, training ini menerapkan taktik training sedikit demi sedikit atau berjenjang. Tahapan atau jenjang pelatihan,  narasumber  yang  akan  bertugas,  serta  sasaran  peserta  sanggup dijelaskan pada diagram berikut ini.
 telah mempublikasikan beberapa goresan pena ihwal Kurikulum  Apa dan Bagaimana Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
3 tahap training penerapan kurikulum 2013

Diagram tersebut mengambarkan tiga tahap training yaitu: Pelatihan Tingkat Nasional, Tingkat Provinsi,  dan Tingkat  Kabupaten/Kota.   Secara  keseluruhan  terdapat tujuh jenis  pelatihan, yakni:  Pelatihan  Instruktur  Nasional,  Pelatihan  Guru  Inti,  Pelatihan  Kepala  Sekolah  Inti, Pelatihan  Pengawas  Inti, Pelatihan  Guru  Kelas/  Mapel,  Pelatihan  Kepala  sekolah,  dan Pelatihan Pengawas.

Adapun struktur materi training implementasi Kurikulum 2013, untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah sanggup dilihat pada tabel berikut:
 telah mempublikasikan beberapa goresan pena ihwal Kurikulum  Apa dan Bagaimana Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Struktur materi training implementasi Kurikulum 2013, untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah

Penilaian Hasil Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

Penilaian meliputitiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian  autentik  diterapkan  di  dalam  pelatihan  ini.   Metode  evaluasi yang diterapkan di dalam evaluasi ini mencakup tes awal, tes akhir, portofolio, dan pengamatan. Setiap calon pelatih nasional, guru inti, kepala sekolah inti, dan pengawas inti dinyatakan lulus apabila mencapai nilai 75 dan mempunyai kewenangan untuk melatih.

Anda juga mungkin ingin membaca:

Demikian gosip ihwal Apa dan Bagaimana Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 dari blog Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Model-ModelPembelajaran yang dihimpun dari aneka macam sumber . Semoga bermanfaat.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Apa Dan Bagaimana Training Implementasi Kurikulum 2013"

Posting Komentar