Cara Menulis Kesimpulan Pada Laporan Ptk

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Apakah anda sedang menulis laporan PTK (penelitian tindakan kelas)? Berikut ini blog PTK (penelitian tindakan kelas) dan model-model pembelajaran akan mencoba menguraikan bagaimana cara menulis kesimpulan pada sebuah laporan ptk. Tulisan kali ini juga akan disertai dengan contoh-contoh sehingga dibutuhkan akan memperjelas dan mempermudah anda dalam memahaminya. Berikut kita simak sama-sama.

Prinsip-Prinsip Penulisan Kesimpulan / Simpulan

Sebelum kita mulai ke bahasan utama perihal cara menulis kesimpulan / final pada laporan ptk, terlebih dahulu kita harus memahami prinsip-prinsip yang harus dipegang dalam merumuskan kesimpulan pada sebuah laporan penelitian. Adapun prinsip-prinsip yang dimaksud adalah: (1) kesimpulan ditulis sebagai pernyataan singkat; (2) kesimpulan penelitian tindak lagi memuat bahasa statistik/hasil analisis data/angka-angka; (3) kesimpulan ialah citra umum dari hasil analisis data dan pembahasan yang telah ditulis di potongan IV; (4) kesimpulan selalu merujuk pada rumusan problem dan tujuan penelitian tindakan kelas yang dilakukan;
bagaimana cara menulis kesimpulan pada sebuah laporan ptk Cara Menulis Kesimpulan pada Laporan PTK
cara menulis kesimpulan pada laporan ptk

(1) kesimpulan ditulis sebagai pernyataan singkat;

Tujuan penulisan kesimpulan pada potongan V sebuah laporan penelitian tindakan kelas ialah untuk memperlihatkan gosip secara cepat kepada pembaca perihal hasil penelitian yang telah diperoleh. Oleh alasannya ialah itu, untuk sanggup mencapai tujuan tersebut kesimpulan harus ditulis dalam bentuk pernyataan singkat, tidak bertele-tele.

(2) kesimpulan penelitian tidak lagi memuat bahasa statistik/hasil analisis data/angka-angka;

Kesalahan yang sering ditemukan dalam sebuah kesimpulan di potongan laporan ptk ialah masih dimuatnya bahasa yang sulit dipahami secara eksklusif oleh pembaca. Kesulitan sanggup dialami pembaca dikala memahami kalimat-kalimat final yang masih mengandung angka-angka atau skor-skor dari analisis data. Kesimpulan pada sebuah laporan ptk dihentikan demikian. Seyogyanya justru kalimat-kalimat disajikan dalam bentuk yang gampang dipahami oleh orang awam sekalipun.

(3) kesimpulan ialah citra umum dari hasil analisis data dan pembahasan yang telah ditulis di potongan IV;

Kesalahan lain yang sering terjadi dikala seorang peneliti menuliskan kesimpulan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukannya ialah kalimat-kalimat yang ditulis tidak begitu penting dan melenceng dari citra umum hasil analisis data dan pembahasan yang telah ditulisnya di potongan IV. Kesalahan ini tidak akan terjadi bila peneliti berikap objektif dikala menuliskan laporannya.

(4) kesimpulan selalu merujuk pada rumusan problem dan tujuan penelitian tindakan kelas yang dilakukan;

Cara termudah semoga dikala merumuskan potongan kesimpulan pada laporan ptk ialah dengan merujuk kembali kepada rumusan masalah dan tujuan penelitian tindakan kelas yang dilakukan yang terdapat pada potongan I. Bila anda ingin berada di jalur yang benar, lihat kembali rumusan problem dan tujuan penelitian tindakan yang telah ditulis pada potongan I tersebut. Klik link berikut untuk panduan Bagaimana Cara Menulis Rumusan Masalah pada Penelitian Tindakan Kelas.

Cara Menulis Bagian Kesimpulan / Simpulan pada Laporan PTK Beserta Contohnya

Baiklah, sehabis kita telah memahami apa saja prinsip-prinsip yang harus dipegang dikala merumuskan potongan kesimpulan / final pada laporan ptk, maka sekarang saatnya kita memperhatikan bagaimana cara menulis kesimpulan dan pola berikut.

Cermati kembali rumusan problem dan tujuan penelitian tindakan kelas pada potongan I. Misalnya pada potongan I terdapat rumusan problem dan tujuan yang berbunyi ibarat ini:



RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang problem yang telah dikemukakan, maka rumusan problem dalam penelitian ini adalah:
  1. Bagaimana kegiatan akseptor didik kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai pada pembelajaran materi materi kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui seni administrasi memory cycle?
  2. Bagaimana pengelolaan pembelajaran di kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai yang dilakukan oleh guru pada materi materi kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan seni administrasi memory cycle?
  3. Bagaimana hasil mencar ilmu akseptor didik kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai pada materi materi kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan seni administrasi memory cycle?
Dan tujuan penelitian tindakan kelas berbunyi:


TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini ialah sebagai berikut:
  1. Mendeskripsikan kegiatan akseptor didik kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai pada pembelajaran materi materi kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui seni administrasi memory cycle.
  2. Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran di kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai yang dilakukan oleh guru pada materi materi kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan seni administrasi memory cycle.
  3. Mengetahui hasil mencar ilmu akseptor didik kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai pada materi materi kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan seni administrasi memory cycle.

Maka berbekal RUMUSAN MASALAH dan TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS di atas, maka KESIMPULAN / SIMPULAN pada laporan PTK seharusnya ditulis:


KESIMPULAN
Kesimpulan yang sanggup diambil dari penelitian tindakan kelas ini ialah sebagai berikut:
  1. Aktivitas akseptor didik kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai tahun pembelajaran 2011/2012 pada pembelajaran yang mengacu kepada seni administrasi memory cycle pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari di siklus I maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK.
  2. Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai yang tahun pembelajaran 2011/2012 yang telah dilakukan guru pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari dengan seni administrasi memory cycle di siklus 1 maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK.
  3. Hasil mencar ilmu akseptor didik kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai tahun pembelajaran 2011/2012 pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari mengalami peningkatan dibanding tahun pelajaran 2010/2012 sehabis memakai seni administrasi memory cycle.

Perhatikan ketiga komponen laporan PTK tersebut, semuanya membentuk suatu benang merah, yaitu perihal kegiatan akseptor didik, pengelolaan pembelajaran oleh guru, dan hasil mencar ilmu akseptor didik. Ketiganya bahkan dibentuk secara berurutan dan tetap menjaga konsistensi suara kalimat.

Bagaimana? Apakah anda sudah memahami bagaimana cara menciptakan kesimpulan pada sebuah laporan penelitian tindakan kelas untuk ptk yang telah anda lakukan? Saya yakin anda sanggup memahami dan dengan gampang menerapkannya pada penelitian anda.

Baca juga:
Cara menulis abstrak
Cara menulis latar belakang problem potongan I
Cara menulis latar belakang problem potongan II
Cara menulis daftar pustaka


Terima kasih telah membaca goresan pena yang berjudul Cara Menulis Kesimpulan pada Laporan PTK
pada Blog PTK dan Model-Model Pembelajaran ini. Semoga bermanfaat dan sanggup diterapkan. Salam.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Cara Menulis Kesimpulan Pada Laporan Ptk"

Posting Komentar