Pengertian Silabus Yaitu ...

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Silabus? Pastinya ia bukan kata abnormal bagi kita yang bergelut di bidang pendidikan. Akan tetapi, saat beberapa waktu yang kemudian seorang teman seprofesi ditanyai perihal apa itu silabus, galau juga menjawabnya. Baiklah, goresan pena kali ini di blog penelitian tindakan kelas dan model-model pembelajaran cukup sederhana, hanya membahas perihal pengertian silabus dari aneka macam referensi. Mari disimak...

Pengertian / Definisi Silabus

Berikut yaitu beberapa definisi perihal silabus dalam konteks dunia pendidikan dari aneka macam sumber yang berhasil dihimpun:
  • Di dalam dokumen-dokumen perihal KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), silabus yaitu rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, bahan pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
  • Menurut Salim, 1987:98" "silabus yaitu garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau bahan pembelajaran."
  • Menurut Yulaelawati, 2004:123, "silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.
  • Kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi) menyebutkan bahwa silabus yaitu seperangkat rencana dan pengaturan perihal acara pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi hasil belajar.
  • Menurut About.com, silabus yaitu dokumen-dokumen yang ditulis dan dibagikan oleh profesor (dosen/guru) untuk menawarkan siswa suatu pengetahuan awal (overview) perihal pembelajaran yang akan dilaksanakan. Silabus umumnya dibagikan di hari pertama masuk kelas, dan mengandung unsur-unsur seperti: judul-judul perkuliahan dan penjadwalan pembelajaran, nama profesor/guru/dosen lengkap dengan alamat kontaknya, harapan-harapan selama pembelajaran dan kehadiran, topik dan penggalan yang dicakup, tanggal-tanggal tes, tanggal-tanggal penting lainnya, kebijakan evaluasi (perangkingan), buku teks yang diharapkan dan material lainnya.
  • Menurut the free dictionary, silabus yaitu suatu garis besar atau poin-poin utama dari suatu teks, atau perkulian, atau pemngajaran.
  • Menurut dictionary.reference, silabus (jamak: silabi) yaitu sebuah outline (garis besar) pernyataan dari poin-poin utama suatu kursus/pendidikan/pembelajaran, subjek dari suatu pembelajaran/kursus, konten dari kurikulum, dan sejenisnya.
  • Pengertian silabus berdasarkan wikipedia adalah: "silabus yaitu suatu outline dan ringkasan dari topik-topik yang dicakup dalam suatu pendidikan atau kursus." Silabus bersifat deskriptif dan menentukan, atau kurikulum yang spesifik. Silabus biasanya dibentuk oleh suatu forum pengujian, atau disiapkan oleh profesor yang mensupervisi atau mengontrol kualitas suatu kursus/pendidikan, dan disiapkan dalam bentuk paper (tercetak) atau online. Silabus dan kurikulum seringkali saling dileburkan dan seringkali diberikan kepada siswa pada sesi pertama kelas sehingga tujuan kursus/pendidikan/pembelajaran menjadi terperinci bagi siswa. Silabus acapkali mengandung informasi khusus perihal kursus/pendidikan/pembelajaran sepertin informasi mengenai dimana, kapan, dan bagaimana menghubungi pengajar (guru/dosen) dan ajun pengajar, outline perihal bahan apa yang akan dicakup/diajarkan, jadwal dan tanggal-tanggal pelaksanaan tes sampai tanggal-tanggal penugasan, sistem grading (perangkingan)/penilaian, tata tertib kelas, dsb. Berkaitan dengan ujian, silabus menyediakan batasan apa yang seharusnya guru ajarkan dan ujian hanya boleh mengetes apa yang diamanatkan oleh silabus.

Referensi:

  • Salim, Peter (1987). The Contemporary English - Indonesia Dictionary. Jakarta: Modern English Press.
  • Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori dan Aplikasi.  Bandung:Pakar Raya
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pengertian Silabus Yaitu ..."

Posting Komentar