ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Instrumen untuk Menilai Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual (Pandang - Dengar)
Sebelumnya telah diulas perihal media pembelajaran berbasis audio visual pada blog penelitian tindakan kelas ini. Untuk lebih melengkapi bahasan perihal topik tersebut, kini kami suguhkan contoh instrumen untuk menilai media pembelajaran berbasis audio visual (pandang dengar) yang mungkin telah dibentuk dan dikembangkan oleh guru, dan dipakai dalam penelitian yang dilakukannya untuk mengecek keefektifan penggunaannya. Instrumen evaluasi media pembelajaran berbasis audio visual ini bergotong-royong sanggup pula dipakai untuk penelitian. Bagaimanakan bentuk instrumen yang dimaksud sebagai pola di sini, yuk disimak.Contoh Instrumen (dapat dipakai untuk penelitian atau tujuan lain sejenis)
= = = = = = = = = = = = = = INSTRUMEN PENILAIAN/TELAAH MEDIA PEMBELAJARAN
BERBASIS AUDIO VISUAL
Judul/Nama Media : ...............................
Pengembang/Perancang : .......................
Jenjang Sekolah : ..................................
Petunjuk : Gunakan skala rating berikut untuk setiap item. Jika anda ingin menambahkan komentar, silakan masukkan pada kotak catatan yang telah disediakan. Baca ulang sekali lagi sehabis anda akibat menawarkan tanda bulat (0) untuk memastikan bahwa skor yang anda berikan telah sesuai.
1 = sangat kurang 2 = kurang 3 = cukup 4 = baik 5 = sangat baik TD = tidak diterapkan |
A. Aspek Umum Media Audio Visual | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
1. Secara umum media pembelajaran memiliki kualitas visual (penampilan) dan bunyi (audio) baik | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
2. Media pembelajaran meliputi materi untuk siswa dan guru (panduan untuk guru dan Lomba Kompetensi Siswa siswa) | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
3. Konten merupakan informasi terbaru (up to date) | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
4. Konten mengandung pesan yang ingin disampaikan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
5. Konten bersesuaian dengan kiprah / kegiatan berguru yang diberikan pada siswa | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
6. Informasi visual, auditorial, dan taktil (sentuh) benar | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
7. Grafik, gambar, atau hal lainnya memiliki warna, tekstur, simbol yang baik | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
8. Bahan sanggup dipakai secara parsialuntuk suatu segmen, atau menyeluruh sebagai satu kesatuan utuh | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
9. Biaya yang diharapkan untuk pembuatan dan pengembangan media sebanding dengan manfaatnya | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
B. Aspek Aksesibilitas Media Audio Visual | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
10. Komponen audio media memiliki bentuk alternatif lain dalam bentuk print out (bahan cetak) | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
11. Komponen video diperjelas oleh komponen audio | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
12. Media pembelajaran audio visual manipulatif sanggup diakses dengan tunjangan teknologi atau kegiatan lainnya | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
13. Media pembelajaran kondusif dipakai oleh siswa | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | TD |
Catatan : |
..........................., .......................
Penilai / Reviewer Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual
(..................)
0 Response to "Contoh Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran Audio Visual"
Posting Komentar