Contoh Instrumen Untuk Menilai Media Pembelajaran Berbasis Teks (Print Out)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Instrumen untuk Menilai Media Pembelajaran Berbasis Teks (Print Out)

Sebelumnya telah diulas perihal media pembelajaran berbasis cetak / teks (print out) pada blog penelitian tindakan kelas ini. Untuk lebih melengkapi bahasan perihal topik tersebut, kini kami suguhkan contoh instrumen untuk menilai media pembelajaran berbasis teks (print out) / cetak yang mungkin telah dibentuk dan dikembangkan oleh guru, dan dipakai dalam penelitian yang dilakukannya untuk mengecek keefektifan penggunaannya. Instrumen evaluasi media pembelajaran berbasis teks ini gotong royong sanggup pula dipakai dengan sedikit modifikasi apabila dipakai untuk merevieu buku teks / buku pelajaran untuk siswa. Bagaimanakan bentuk instrumen yang dimaksud sebagai pola di sini, yuk disimak.

Contoh Instrumen (dapat dipakai untuk penelitian atau tujuan lain sejenis)

= = = = = = = = = = = = = =
Instrumen Penilaian Media Pembelajaran Berbasis Teks / Cetak / Print Out

Judul/Nama Media : ...............................
Pengembang/Perancang : .......................
Jenjang Sekolah : ..................................

Petunjuk : Gunakan skala rating berikut untuk setiap item. Jika anda ingin menambahkan komentar, silakan masukkan pada kotak catatan yang telah disediakan. Baca ulang sekali lagi sesudah anda selesai menawarkan tanda bulat (0) untuk memastikan bahwa skor yang anda berikan telah sesuai.

1 = sangat kurang   2 = kurang  3 = cukup  4 = baik   5 = sangat baik   TD = tidak diterapkan  

A. Tampilan 1 2 3 4 5 TD
1. Tampilan halaman tampak rapi 1 2 3 4 5 TD
2. Lay out halaman mempermudah gosip ditemukan 1 2 3 4 5 TD
3. Praktis dibaca 1 2 3 4 5 TD
4. Grafik dan tabel diberi label dan gampang dipahami 1 2 3 4 5 TD
5. Gambar mempunyai kekontrasan warna yang bagus 1 2 3 4 5 TD
6. Grafik, tabel dan gambar memang berafiliasi dengan gosip (teks) yang disajikan 1 2 3 4 5 TD
7. Judul, sub judul, dan anak judul mempunyai pola dan format yang sama di seluruh dokumen 1 2 3 4 5 TD
8. Judul, sub judul, dan anak judul merefleksikan ide-ide pokok 1 2 3 4 5 TD
B. Bagian Pendahuluan Bab / Unit 1 2 3 4 5 TD
9. Di dalam pendahuluan disebutkan tujuan 1 2 3 4 5 TD
10. Pendahuluan memuat tinjauan singkat struktur dan konten 1 2 3 4 5 TD
11. Pendahuluan memuat relasi bab/ unit tersebut dengan bab/unit lainnya 1 2 3 4 5 TD
12. Pendahuluan menghubungkan topik yang akan dibahas dengan topik sebelumnya 1 2 3 4 5 TD
13. Di dalam pendahuluan diberikan kosa kata (istilah) baru 1 2 3 4 5 TD
C. Tujuan Pembelajaran 1 2 3 4 5 TD
14. Tujuan dinyatakan dengan terang sehingga gampang dipahami oleh siswa 1 2 3 4 5 TD
15. Tujuan berafiliasi eksklusif dengan kegiatan dan gosip yang disediakan di dalam teks 1 2 3 4 5 TD
16. Tujuan mengacu pada inspirasi utama dan konsep utama dalam teks 1 2 3 4 5 TD
D. Konten / Materi 1 2 3 4 5 TD
17. Konsep-konsep dan karakteristik-karakteristiknya dibahas dengan jelas 1 2 3 4 5 TD
18. Informasi disajikan dalam konteks inspirasi utama dan konsep-konsep utama 1 2 3 4 5 TD
19. Ide utama dan konsep-konsep utama mengacu kepada kurikulum 1 2 3 4 5 TD
20. Konten disajikan sedemikian rupa sehingga gampang diikuti secara struktur dan dipahami isinya 1 2 3 4 5 TD
21. Konten yang disajikan valid dan up to date (terkini) 1 2 3 4 5 TD
22. Bahasa goresan pena yang dipakai sesuai dengan tahap perkembangan siswa 1 2 3 4 5 TD
23. Kosa kata gres diberi tanda khusus (garis bawah/cetak miring) dan dijelaskan secara rinci, sanggup ditampilkan secara khusus misal di sisi-sisi teks 1 2 3 4 5 TD
24. Tugas dan kegiatan diberi label dan diformat sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran 1 2 3 4 5 TD
25. Dukungan belajar, petunjuk, dan cara mengorganisasikan bahan (konten) diberikan untuk mempermudah berguru siswa 1 2 3 4 5 TD
26. Gambar dan grafik diberi label dengan terang dan dibahas di dalam teks 1 2 3 4 5 TD
27. Dicantumkan sumber-sumber, indeks, glosarium, peta konsep, dan sebagainya untuk mempermudah penggunaan oleh siswa 1 2 3 4 5 TD
E. Kesimpulan dan Revieu 1 2 3 4 5 TD
28. Kesimpulan yang terang dan ringkas diberikan di final unit/bab 1 2 3 4 5 TD
29. Kesimpulan berafiliasi dengan konsep-konsep utama yang telah dibahas di dalam teks 1 2 3 4 5 TD
30. Kesempatan untuk siswa melaksanakan revieu cukup banyak diberikan di tempat-tempat tertentu yang diperlukan 1 2 3 4 5 TD
31. Revieu kegiatan diberikan dalam bentuk bermacam-macam pertanyaan yang menarik dan memicu berguru siswa 1 2 3 4 5 TD
32. Diberikan aktivitas-aktivitas untuk menerapkan pemahaman yang telah diperoleh siswa 1 2 3 4 5 TD
F. Asesmen 1 2 3 4 5 TD
33. Asesmen diberikan secara bervariasi dalam bentuk pertanyaan dan aktivitas 1 2 3 4 5 TD
34. Item-iem pada asesmen bersesuaian dengan tujuan pembelajaran 1 2 3 4 5 TD
35. Asesmen didasarkan pada gosip yang diberikan di dalam teks 1 2 3 4 5 TD

Catatan :                                                                                                                                  











..........................., .......................
Penilai / Reviewer Media Pembelajaran Berbasis Teks / Cetak (Print Out)/ Buku



(..................)
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Contoh Instrumen Untuk Menilai Media Pembelajaran Berbasis Teks (Print Out)"

Posting Komentar