ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Contoh Instrumen PTK – Lembar Observasi Aktivitas Guru
Setelah menerbitkan goresan pena mengenai pola lembar observasi acara siswa dalam pembelajaran menulis/mengarang, kali ini kembali blog penelitian tindakan kelas akan menawarkan pola lembar observasi, yaitu lembar observasi acara guru dalam pembelajaran.Seperti yang sudah-sudah, sebelum instrumen PTK tersebut di atas ditampilkan terlebih dahulu akan diuraikan mengapa lembar observasi ini dirancang dengan poin-poin (aspek-aspek) sedemikian. Ini tentu saja berkaitan dengan bagaimana acara mengajar guru yang ideal.
Aktivitas Guru yang Ideal Selama Pembelajaran
Ada 4 aspek penting yang sanggup kita perhatikan selama guru mengajar. Ke-4 aspek ini apabila dilakukan secara baik, maka pembelajaran yang baik (ideal) pun akan sanggup dilaksanakan. Apa saja ke-4 aspek itu?1. Persiapan
Dalam melaksanakan persiapan pembelajaran, guru yang baik akan mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan seksama; tujuan pembelajarannya dinyatakan dalam kalimat yang terang dalam RPP; bahan pembelajaran yang akan diberikan mempunyai kaitan atau sanggup dikaitkan dengan bahan pembelajaran sebelumnya; kemudian, media pembelajaran, setting ruangan kelas, sampai siswa sendiri perlu dipersiapkan.2. Presentasi/Penyajian
Pada ketika presentasi, yang pertama-tama harus guru ingat yaitu memberikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Berikutnya: guru memotivasi siswa, menarik perhatian semoga mengikuti proses pembelajaran dengan baik; menjelaskan bahan pembelajaran dengan teknik-teknik tertentu sehingga terang dan gampang dipahami siswa; pembelajaran dilaksanakan dalam langkah-langkah dan urutan yang logis; petunjuk-petunjuk pembelajaran singkat dan terang sehingga gampang dipahami; bahan pembelajaran baik kedalaman dan keluasannya diubahsuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa; selama proses pembelajaran guru menawarkan kesempatan untuk bertanya kepada siswa; apabila guru bertanya, maka guru menawarkan tanggapan dengan terang dan memuaskan; serta guru selalu mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran pada selesai kegiatan atau selesai sesi tertentu.3. Metode Pembelajaran/ Pelaksanaan Pembelajaran
Pembelajaran yang baik selalu dilakukan secara bervariasi selama alokasi waktu yang tersedia, tidak monoton dan membosankan; apabila terjadi suatu permasalahan maka guru harus sanggup bertindak dengan mengambil keputusan terbaik semoga pembelajaran tetap berlangsung secara efektif dan efisien; ketika mempresentasikan atau membelajarkan bahan pembelajaran maka tentu saja bahan tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan; selama pembelajaran berlangsung guru tidak hanya berada pada posisi tertentu tetapi bergerak secara dinamis di dalam kelasnya; apabila tampak ada siswa yang membutuhkan bantuannya di bagian-bagian tertentu kelas, maka guru harus bergerak dan menghampiri secara berimbang dan tidak terfokus hanya pada beberapa gelintir siswa saja; penting bagi guru untuk mengenali dan mengetahui nama setiap siswa yang ada di dalam kelasnya; selama pembelajaran berlangsung guru harus menawarkan reinforcement (penguatan) kepada siswa-siswanya dengan cara yang positif; apabila menawarkan ilustrasi dan pola maka hendaknya telah dipilih secara hati-hati sehingga benar-benar efektif dan bukannya malah menciptakan resah siswa; media pembelajaran di dalam pelaksanaan pembelajaran dipakai secara efektif; latihan diberikan secara efektif; di dalam sebuah proses belajar, kesalahan yaitu hal yang masuk akal alasannya yaitu itu guru haruslah selalu bersikap terbuka dan tidak menganggap negatif apabila siswa melaksanakan kesalahanan dalam proses belajarnya; selain itu guru juga harus sanggup memperlakukan dengan bijaksana apabila terjadi kesalahan-kesalahan tertentu.4. Karakteristik Pribadi Guru
Pembelajaran yang baik hanya akan sanggup dilakukan oleh guru dengan kepribadian yang baik. Bagaimanakah kepribadian yang baik itu? Guru yang baik harus selalu sabar terutama untuk memancing respon siswa. Adalah hal yang biasa ditemukan apabila guru mendapati siswa kurang menawarkan respon terhadap pembelajaran yang dilakukan. Maka guru harus berupaya memancing siswa semoga terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu, selama pembelajaran guru harus bersikap tegas dan jelas; penampilan guru menarik dan tidak membosankan; guru memakai bahasa yang baik dan berterima; serta guru memperlihatkan bagaimana ia yaitu seorang yang selalu punya inisiatif,kreatif, dan berprakarsa.5. Interaksi Selama Proses Pembelajaran
Di dalam proses pembelajaran yang baik terjadi interaksi yang baik pula yang contohnya ditunjukkan oleh: guru yang senantiasa memancing siswa untuk berdiskusi; terbentuk iklim yang sehat dan mendukung dimana siswa sanggup merasa bebas untuk bertanya, mengajukan pendapat, menjawab pertanyaantanpa ada rasa takut dilecehkan, ditertawakan, atau dianggap bodoh; alasannya yaitu proses pembelajaran sanggup berjalan ke banyak sekali arah, maka guru yang baik sanggup mengarahkan proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan tidak menyimpang dari hal tersebut; selama proses pembelajaranberlangsung tampak siswa terlibat dalam kegiatan melalui interaksi satu sama lain atau dengan guru; walaupun adakala siswa diberikan tugas-tugas mencar ilmu tertentu yang sifatnya menegangkan secara akademis, mereka haruslah tetap santai dan enjoy menikmatinya; dalam interaksi proses pembelajaran guru mestinya memperlihatkan perilaku yang tidak memihak ke salah satu kelompok, selalu berusaha adil dan menghormati semua orang yang ada di dalam kelasnya; interaksi mencar ilmu yang baik akan mempunyai indikasi dimana siswa terdorong untuk bekerja semaksimal mungkin; selama kegiatan mencar ilmu guru senantiasa memperhatikan kebutuhan siswa baik secara individu ataupun kelompok; apabila terjadi penyimpangan maka guru justru sanggup menggunakannya secara positif untuk pembelajaran dan tidak berlebihan.Contoh Lembar Observasi Aktivitas Guru dalam Proses Pembelajaran
Nah menurut aspek-aspek penting dan poin-poin yang ada di dalamnya terkait acara guru dalam proses pembelajaran, maka kita sanggup mengembangkannya menjadi sebuah lembar observasi acara guru sebagaimana pola berikut:= = = = = = =
Lembar Observasi Aktivitas Guru
Nama Guru : .....................
Kelas : ...............................
Hari/tanggal: ....................
Siklus ke : .........................
Petunjuk penggunaan:
Lingkarilah angka yang sempurna untuk menawarkan skor pada aspek-aspek evaluasi acara guru dalam pembelajaran. Adapun kriteria skor yaitu 0 = tidak sesuai/tidak tampak; 1 = kurang baik; 2 = cukup; 3 = baik; 4 = sangat baik.No. | Aspek Penilian | Kategori |
A. | Persiapan | - |
1. | Guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan seksama | 0 1 2 3 4 |
2. | Tujuan pembelajarannya dinyatakan dalam kalimat yang terang dalam RPP | 0 1 2 3 4 |
3. | Materi pembelajaran yang akan diberikan mempunyai kaitan atau sanggup dikaitkan dengan bahan pembelajaran sebelumnya | 0 1 2 3 4 |
4. | Guru mempersiapkan media pembelajaran | 0 1 2 3 4 |
5. | Guru mempersiapkan seting kelas untuk pembelajaran | 0 1 2 3 4 |
6. | Guru mempersiapkan siswa secara fisik dan mental | 0 1 2 3 4 |
B. | Presentasi/Penyampaian Pembelajaran | 0 1 2 3 4 |
8. | Guru memberikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai | 0 1 2 3 4 |
9. | Guru memotivasi siswa, menarik perhatian semoga mengikuti proses pembelajaran dengan baik | 0 1 2 3 4 |
10. | Guru menjelaskan bahan pembelajaran dengan teknik-teknik tertentu sehingga terang dan gampang dipahami siswa | 0 1 2 3 4 |
11. | Pembelajaran dilaksanakan dalam langkah-langkah dan urutan yang logis | 0 1 2 3 4 |
12. | Petunjuk-petunjuk pembelajaran singkat dan terang sehingga gampang dipahami | 0 1 2 3 4 |
13. | Materi pembelajaran baik kedalaman dan keluasannya diubahsuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa | 0 1 2 3 4 |
14. | Selama proses pembelajaran guru menawarkan kesempatan untuk bertanya kepada siswa | 0 1 2 3 4 |
15. | Apabila siswa bertanya, maka guru menawarkan tanggapan dengan terang dan memuaskan | 0 1 2 3 4 |
16. | Guru selalu mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran pada selesai kegiatan atau selesai sesi tertentu | 0 1 2 3 4 |
C. | Metode Pembelajaran/Pelaksanaan Pembelajaran | - |
17. | gPembelajaran dilakukan secara bervariasi selama alokasi waktu yang tersedia, tidak monoton dan membosankan | 0 1 2 3 4 |
18. | Apabila terjadi suatu permasalahan maka guru sanggup bertindak dengan mengambil keputusan terbaik semoga pembelajaran tetap berlangsung secara efektif dan efisien | 0 1 2 3 4 |
19. | materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan | 0 1 2 3 4 |
20. | selama pembelajaran berlangsung guru tidak hanya berada pada posisi tertentu tetapi bergerak secara dinamis di dalam kelasnya | 0 1 2 3 4 |
21. | Apabila tampak ada siswa yang membutuhkan bantuannya di bagian-bagian tertentu kelas, maka guru harus bergerak dan menghampiri secara berimbang dan tidak terfokus hanya pada beberapa gelintir siswa saja | 0 1 2 3 4 |
22. | Guru untuk mengenali dan mengetahui nama setiap siswa yang ada di dalam kelasnya | 0 1 2 3 4 |
23. | Selama pembelajaran berlangsung guru menawarkan reinforcement (penguatan) kepada siswa-siswanya dengan cara yang positif | 0 1 2 3 4 |
24. | Ilustrasi dan pola dipilih secara hati-hati sehingga benar-benar efektif dan bukannya malah menciptakan resah siswa | 0 1 2 3 4 |
25. | Media pembelajaran di dalam pelaksanaan pembelajaran dipakai secara efektif | 0 1 2 3 4 |
26. | latihan diberikan secara efektif | 0 1 2 3 4 |
27. | Guru selalu bersikap terbuka dan tidak menganggap negatif apabila siswa melaksanakan kesalahanan dalam proses belajarnya | 0 1 2 3 4 |
D.. | Karakteristik Pribadi Guru | - |
29. | gGuru sabar terutama untuk memancing respon siswa | 0 1 2 3 4 |
30. | Guru berupaya memancing siswa semoga terlibat aktif dalam pembelajaran | 0 1 2 3 4 |
31. | Guru bersikap tegas dan jelas | 0 1 2 3 4 |
32. | Penampilan guru menarik dan tidak membosankan | 0 1 2 3 4 |
33. | Guru memakai bahasa yang baik dan berterima | 0 1 2 3 4 |
34. | Guru selalu memperlihatkan bahwa ia yaitu seorang yang selalu punya inisiatif,kreatif, dan berprakarsa | 0 1 2 3 4 |
Catatan Observer:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Amuntai, .................................
Observer
(Nama dan NIP)
0 Response to "Contoh Instrumen Ptk – Lembar Observasi Acara Guru"
Posting Komentar