ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Kurikulum 2013 senantiasa mengalami perkembangan dan perbaikan. Termasuk dengan buku yang dipakai sebagai pegangan siswa (Buku Siswa) maupun guru (Buku Guru). Ada perubahan edisi Tahun 2014, Revisi Tahun 2006 dan terakhir, telah diterbitkannya pula Buku Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Perbaikan yang terakhir ini terkait dengan regulasi gres berkenaan dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar proses, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.
Buku kurikulum 2013 disusun menurut KI dan KD pada setiap jenjang sekolah dan kelas serta karakteristik masing-masing mata pelajaran. Buku Kurikulum 2013 yang terdiri atas; Buku Siswa dan Buku Guru digunakan dalam pembelajaran. Dalam menyusun Buku Teks Pelajaran, penulis mencantumkan KI dan KD menurut dokumen KI dan KD Kurikulum 2013.
Buku Siswa Kurikulum 2013
Buku Siswa Kurikulum 2013 yang ditetapkan oleh pemerintah mempunyai ketentuan sebagai berikut.
a. Buku Siswa berisi klarifikasi mengenai konten dan acara pembelajaran.
b. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa sanggup dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan penerima didik sanggup membuatkan dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan penerima didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan
untuk memperlihatkan pemahaman lebih kepada penerima didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
c. Kegiatan-kegiatan dalam buku siswa sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber berguru yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diubahsuaikan dengan kondisi penerima didik, guru, sekolah, dan lingkungan.
d. Pada beberapa pecahan dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi penerima didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan kiprah tersebut penerima didik tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Bahkan, penerima didik sanggup menuliskannya pada buku tugas.
Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap pecahan dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, pecahan kegiatan siswa baik eksperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan kiprah bagi penerima didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh penerima didik disarankan dimulai dengan memahami pecahan pengantar pecahan atau sub-bab, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan pecahan untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
a. Buku Siswa berisi klarifikasi mengenai konten dan acara pembelajaran.
b. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa sanggup dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan penerima didik sanggup membuatkan dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan penerima didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan
untuk memperlihatkan pemahaman lebih kepada penerima didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
c. Kegiatan-kegiatan dalam buku siswa sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber berguru yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diubahsuaikan dengan kondisi penerima didik, guru, sekolah, dan lingkungan.
d. Pada beberapa pecahan dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi penerima didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan kiprah tersebut penerima didik tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Bahkan, penerima didik sanggup menuliskannya pada buku tugas.
Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap pecahan dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, pecahan kegiatan siswa baik eksperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan kiprah bagi penerima didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh penerima didik disarankan dimulai dengan memahami pecahan pengantar pecahan atau sub-bab, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan pecahan untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
Baca Juga :
Cara Memilih Bahan Ajar
Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
Model-Model Penelitian tindakan Kelas
Kesalahan kesalahan Guru dalam Mengajar
Buku Guru Kurikulum 2013
Buku Guru dalam Impelemntasi Kurikulum 2013 merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang mencakup persiapan, pelaksanaan, dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa.
Buku ini disusun biar guru menerima citra yang terang dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku Guru berisi hal berikut:
a. Pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi,kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreaktivitas, dan pribadi reflektif;
b. Berbagai teknik penilaian penerima didik;
c. Informasi yang menjadi contoh kegiatan remedial dan pengayaan;
d. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memperlihatkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru penerima didik di rumah;
e. Petunjuk penggunaan Buku Siswa
Buku Guru dipakai guru sebagai contoh dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian di kelas. Secara khusus Buku Guru berfungsi sebagai berikut.
a. Membantu guru membuatkan kegiatan pembelajaran dan penilaian;
b. Memberikan gagasan dalam rangka membuatkan pemahaman, keterampilan, dan sikap serta sikap dalam banyak sekali kegiatan berguru mengajar;
c. Memberikan gagasan contoh pembelajaran yang mengaktifkan penerima didik melalui banyak sekali ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian; dan
d. Mengembangkan metode yang sanggup memotivasi penerima didik untuk selalu menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari penerima didik.
Buku Guru terdiri atas dua bagian, adalah petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap pecahan sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi perihal cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, seni administrasi pembelajaran yang mencakup pendekatan, model dan metode, klarifikasi perihal media dan sumber berguru serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa pecahan sesuai dengan materi pada Buku Siswa, yakni berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada pecahan tersebut. Pada umumnya pecahan ini berisi: peta konsep untuk materi pada pecahan ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu, dan rincian materi setiap tatap muka.
Selanjutnya pada pecahan ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari IPK, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber berguru dan media pembelajaran.
Bagian penilaian berisi informasi perihal teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar penerima didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang sanggup dikembangkan kalau guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru sanggup menyesuaikan sesuai dengan alat dan materi praktikum atau media belajar
yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran yang dipilih guru.
b. Berbagai teknik penilaian penerima didik;
c. Informasi yang menjadi contoh kegiatan remedial dan pengayaan;
d. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memperlihatkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru penerima didik di rumah;
e. Petunjuk penggunaan Buku Siswa
Buku Guru dipakai guru sebagai contoh dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian di kelas. Secara khusus Buku Guru berfungsi sebagai berikut.
a. Membantu guru membuatkan kegiatan pembelajaran dan penilaian;
b. Memberikan gagasan dalam rangka membuatkan pemahaman, keterampilan, dan sikap serta sikap dalam banyak sekali kegiatan berguru mengajar;
c. Memberikan gagasan contoh pembelajaran yang mengaktifkan penerima didik melalui banyak sekali ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian; dan
d. Mengembangkan metode yang sanggup memotivasi penerima didik untuk selalu menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari penerima didik.
Buku Guru terdiri atas dua bagian, adalah petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap pecahan sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi perihal cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, seni administrasi pembelajaran yang mencakup pendekatan, model dan metode, klarifikasi perihal media dan sumber berguru serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa pecahan sesuai dengan materi pada Buku Siswa, yakni berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada pecahan tersebut. Pada umumnya pecahan ini berisi: peta konsep untuk materi pada pecahan ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu, dan rincian materi setiap tatap muka.
Selanjutnya pada pecahan ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari IPK, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber berguru dan media pembelajaran.
Bagian penilaian berisi informasi perihal teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar penerima didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang sanggup dikembangkan kalau guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru sanggup menyesuaikan sesuai dengan alat dan materi praktikum atau media belajar
yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran yang dipilih guru.
1. Link Buku Kurtilas Revisi 2017 untuk Kelas 2 SD/MI
Bagi madrasah yang telah menyelenggarakan Kurikulum 2013 (K13), silakan untuk mengunduh Buku Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1 SD/MI. Link download sanggup diklik di bawah.
Buku ini terdiri atas dua jenis adalah Buku Pegangan Guru dan Buku Siswa. Sedangkan untuk tema, masih tetap adalah terdiri atas empat tema yang meliputi:
- Tema 1 Hidup Rukun
- Tema 2 Bermain di Lingkunganku
- Tema 3 Tugasku Sehari-hari
- Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat
Untuk mulai mengunduh Buku K13 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1 SD/MI, silakan klik tautan di bawah ini.
Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas 2 SD/MI Semester 1
- Buku Guru Tema 1, Hidup Rukun, Disini
- Buku Guru Tema 2, Bermain di Lingkunganku, Disini
- Buku Guru Tema 3, Tugasku Sehari-hari, Disini
- Buku Guru Tema 4, Hidup Bersih dan Sehat, Disini
Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas 2 SD/MI Semester 1
Catatan: Jika terdapat tautan yang rusak atau tidak sanggup diunduh, silakan tinggalkan komentar di kolom komentar yang tersedia.
Buku-Buku Lainnya :
Buku Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 SD/MI
BukuKurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas VII SMP/MTs
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 8
Buku Kur 13 Rev 2017 Kelas X dan XI SMA
Setelah diunduh, Buku Kurikulum 2013 tersebut sanggup dibuka secara pribadi pada komputer, laptop, maupun android dengan memakai PDF Reader. Bisa juga kemudian buku ini dicetak secara keseluruhan ataupun sebagian sebagai materi mengajar di kelas.
Semoga Buku K13 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1 SD/MI ini sanggup bermanfaat bagi guru Madrasah Ibtidaiyah kelas 2, Siswa, maupun orang renta siswa yang madrasahnya telah menyelenggarakan Kurtilas bagi siswa kelas 2 di tahun pelajaran ini. Sumber https://indrabayang.blogspot.com/
0 Response to "Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 Semester 1 Sd/Mi"
Posting Komentar