ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Kurikulum 2013 senantiasa mengalami perkembangan dan perbaikan. Termasuk dengan buku yang dipakai sebagai pegangan siswa (Buku Siswa) maupun guru (Buku Guru). Ada perubahan edisi Tahun 2014, Revisi Tahun 2006 dan terakhir, telah diterbitkannya pula Buku Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Perbaikan yang terakhir ini terkait dengan regulasi gres berkenaan dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar proses, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.
Buku kurikulum 2013 disusun menurut KI dan KD pada setiap jenjang sekolah dan kelas serta karakteristik masing-masing mata pelajaran. Buku Kurikulum 2013 yang terdiri atas; Buku Siswa dan Buku Guru dipakai dalam pembelajaran. Dalam menyusun Buku Teks Pelajaran, penulis mencantumkan KI dan KD menurut dokumen KI dan KD Kurikulum 2013.
Buku Siswa Kurikulum 2013
Buku Siswa Kurikulum 2013 yang ditetapkan oleh pemerintah mempunyai ketentuan sebagai berikut.a. Buku Siswa berisi klarifikasi mengenai konten dan acara pembelajaran.
b. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa sanggup dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan akseptor didik sanggup menyebarkan dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan akseptor didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan
untuk memperlihatkan pemahaman lebih kepada akseptor didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
c. Kegiatan-kegiatan dalam buku siswa sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber berguru yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan sanggup diadaptasi dengan kondisi akseptor didik, guru, sekolah, dan lingkungan.
d. Pada beberapa cuilan dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi akseptor didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau kiprah lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan kiprah tersebut akseptor didik tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Bahkan, akseptor didik sanggup menuliskannya pada buku tugas.
Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap cuilan dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, cuilan kegiatan siswa baik eksperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan kiprah bagi akseptor didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh akseptor didik disarankan dimulai dengan memahami cuilan pengantar cuilan atau sub-bab, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan cuilan untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
Baca juga :
Kisi-kisi soal Pretest PPG 2018
Cara Memilih Bahan Ajar
Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
Model-Model Penelitian tindakan Kelas
Kesalahan kesalahan Guru dalam Mengajar
Buku Guru Kurikulum 2013
Buku Guru dalam Impelemntasi Kurikulum 2013 merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang mencakup persiapan, pelaksanaan, dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa.Buku ini disusun biar guru menerima citra yang terang dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku Guru berisi hal berikut:
a. Pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi,kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreaktivitas, dan langsung reflektif;
b. Berbagai teknik penilaian akseptor didik;
c. Informasi yang menjadi contoh kegiatan remedial dan pengayaan;
d. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memperlihatkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru akseptor didik di rumah;
e. Petunjuk penggunaan Buku Siswa
Buku Guru dipakai guru sebagai contoh dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian di kelas. Secara khusus Buku Guru berfungsi sebagai berikut.
a. Membantu guru menyebarkan kegiatan pembelajaran dan penilaian;
b. Memberikan gagasan dalam rangka menyebarkan pemahaman, keterampilan, dan sikap serta sikap dalam aneka macam kegiatan berguru mengajar;
c. Memberikan gagasan contoh pembelajaran yang mengaktifkan akseptor didik melalui aneka macam ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian; dan
d. Mengembangkan metode yang sanggup memotivasi akseptor didik untuk selalu menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari akseptor didik.
Buku Guru terdiri atas dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap cuilan sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi perihal cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, seni administrasi pembelajaran yang mencakup pendekatan, model dan metode, klarifikasi perihal media dan sumber berguru serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa cuilan sesuai dengan materi pada Buku Siswa, yakni berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada cuilan tersebut. Pada umumnya cuilan ini berisi: peta konsep untuk materi pada cuilan ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu, dan rincian materi setiap tatap muka.
Selanjutnya pada cuilan ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari IPK, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber berguru dan media pembelajaran.
Bagian penilaian berisi informasi perihal teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar akseptor didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang sanggup dikembangkan jikalau guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru sanggup menyesuaikan sesuai dengan alat dan materi praktikum atau media berguru
yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran yang dipilih guru.
Buku Kurikulum 2013 Semester 1 Kelas 4 SD/MI edisi revisi tahun 2017 sanggup diunduh gratis, baik untuk Guru Siswa maupun Buku Guru. Sebagaimana diketahui buku Kurtilas ini mengalami beberapa kali perbaikan (revisi) sampai yang terakhir, dan ketika ini digunakan, yakni edisi revisi tahun 2017.
Link Buku Kurtilas Revisi 2017 untuk Kelas 4 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 4 SD/MI Semester 1, terdiri atas dua buku yaitu Buku Siswa dan Buku Guru. Masing-masing terdiri atas lima tema yang meliputi, Indahnya Kebersamaan, Berhemat Energi, Peduli Makhluk Hidup, Berbagai Pekerjaan, dan Pahlawanku.
Bagi rekan-rekan guru, utamanya Guru Kelas 4, silakan untuk mengunduh masing-masing Buku Kurikulum 2017 tersebut dengan mengklik tautan di bawah ini.
Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Buku Guru Tema 1, Indahnya Kebersamaan; Disini
- Buku Guru Tema 2, Berhemat Energi; Disini
- Buku Guru Tema 3, Peduli Makhluk Hidup; Disini
- Buku Guru Tema 4, Berbagai Pekerjaan; Disini
- Buku Guru Tema 5, Pahlawanku; Disini
Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku-buku Lainnya :
Buku Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Rev 2017 kelas 2 SD/Mi
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 SD/MI
BukuKurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas VII SMP/MTs
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 8
Buku Kur 13 Rev 2017 Kelas X dan XI SMA
Semoga dengan link download ini semakin mempermudah rekan-rekan guru guna mempersiapkan diri melaksanakan Kurikulum 2013 di sekolah/madrasah masing-masing.
Sumber https://indrabayang.blogspot.com/
0 Response to "Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 Sd/Mi Semester 1"
Posting Komentar