Bagaimana Cara Menulis Aneh Laporan Ptk ?

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Abstrak dan Cara Penulisannya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ajaib bermakna : ringkasan inti, ikhtisar, inti (skripsi, laporan, dsb.). Sedangkan berdasarkan Tesaurus Indonesia, ajaib memiliki padanan kata : ijmal, ikhtisar, inti sari, inti, kerangka, kesimpulan, pati, pokok, rangkuman, resume, ringkasan, rumusan, sari, simpulan, atau sinopsis. Dengan demikian ajaib sanggup pula dimaknai sebagai suatu ringkasan yang lengkap yang menjelaskan keseluruhan isi laporan ilmiah.

Fungsi Abstrak dalam Laporan PTK

 Dengan demikian ajaib sanggup pula dimaknai sebagai suatu ringkasan yang lengkap yang men Bagaimana Cara Menulis Abstrak Laporan PTK ?
Bagaimana cara menulis ajaib ptk?
Pada sebuah laporan hasil penelitian tindakan kelas (ptk), ajaib memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu:
  • Menyajikan gosip singkat ihwal ptk yang telah anda dilakukan.
  • Memberikan kesan pertama sesudah pembaca membaca judul (halaman judul) laporan ptk anda.
  • Memudahkan pembaca yang sedang mencari gosip ihwal sebuah penelitian tindakan kelas, yaitu dengan membaca ajaib mereka hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Karaketeristik Abstrak Laporan PTK

Ringkas

Sebuah ajaib ptk harusnya ringkas. Tidak bertele-tele, dan hanya memuat bagian-bagian esensial dari laporan ptk yang anda buat. Karena itu salah satu tata cara penulisan ajaib ptk yang harus dipatuhi ialah jumlah kata pada sebuah abstrak, maksimal 250 kata saja.

Jelas

Seharusnya, dengan membaca  ajaib laporan ptk anda pembaca sudah sanggup memiliki citra umum yang menyeluruh ihwal penelitian tindakan kelas yang anda laporkan. Bila seorang pembaca yang selesai membaca ajaib sebuah laporan ptk masih belum punya citra ihwal ptk yang anda lakukan, berarti ajaib yang anda tulis masih kurang jelas.

Berdiri Sendiri

Pada bab ajaib yang anda tulis, tidak diperkenankan untuk menulis kalimat seperti: Lihat Lampiran 16, atau ibarat ditunjukkan pada halaman 57, dan sejenisnya. Ini menunjukkan bahwa ajaib ptk yang anda tulis tidak bangkit sendiri. Sebuah ajaib seharusnya sanggup dibaca dengan tanpa perlu membaca bagian-bagian lainnya darilaporan ptk anda. Ia ialah sebuah bab berdikari yang merupakan ringkasan laporan ptk anda.

Objektif

Abstrak ptk yang anda tulis harus objektif. Ia ialah bab penting dari sebuah karya tulis ilmiah. Sebagaimana Laporan aslinya, ajaib ptk juga harus ditulis objektif tanpa tujuan tertentu sehingga menciptakan pembaca memiliki persepsi keliru ihwal hasil penelitian tindakan kelas yang anda lakukan. Abstrak ptk anda harus ditulis sesuai fakta yang anda lakukan dan anda peroleh selama atau sesudah melaksanakan penelitian tindakan kelas, dan bukan menuliskan perkiraan atau pendapat langsung anda tanpa ada dasar yang tepat.

Bagian-Bagian Abstrak PTK

  • Judu llaporan  penelitian tindakan kelas (ptk).
  • Nama peneliti (penulis), ditulis tanpa gelar akademis ataupun gelar non akademis.
  • Tahun penelitian dan jumlah halaman laporan keseluruhan.
  • Identitas singkat (seperti NIP, jabatan, dan asal instansi)
  • Isi ajaib yang mencakup: (1) tujuan ptk; (2) metode penelitian; (3) hasil penelitian; (4) simpulan.
  • Kata kunci (maksimal terdiri dari 5 kata kunci atau frase kunci yang diurutkan secara alfabetis)

Tata Cara Penulisan  Abstrak PTK

Jumlah kata

Hitung secara otomatis dengan memakai fasilitas  Word Count pada aplikasi Microsoft Word pada sajian Review > Word Count. Abstrak hanya memuat maksimal 250 kata. Bila jumlah kata ternyata berlebih, edit dengan cara membuang kata-kata tertentu yang sanggup dihilangkan, tetapi tidak mengurangi esensi dan makna kalimat dalam ajaib PTK yang anda buat.

Jarak spasi dan ukuran font

Abstrak selalu ditulis dalam jarak pengetikan 1 spasi. Bila anda menjumpai teladan ajaib dengan jarak lebih dari 1 spasi, itu ialah teladan yang salah. Jangan ditiru!
Gunakan karakter standar sebagaimana isi laporan ptk (misalnya Times New Roman dengan ukuran font 12 pt, atau Calibri ukuran 11 pt).

Berbentuk 1 paragraf yang rata kanan dan kiri (justify)

Pada beberapa institusi tertentu, ajaib laporan ptk acapkali diminta dalam bentuk 1 paragraf utuh. Jika tidak disertakan petunjuk bagaimana format ajaib ptk untuk laporan anda, tulislah dengan sebuah paragraf saja. Perhatikan pula, bahwa paragraf ajaib anda harus rata baik pada bab kiri maupun bab kanan (justify).

Ditulis sebelum Kata Pengantar, persis sesudah Halaman Judul.

Letakkan ajaib ptk anda, yang mestinya hanya terdiri dari satu halaman sempurna sesudah Halaman Judul, sebelum Kata Pengantar. Jangan meletakkannya pada urutan yang salah. Abstrak ptk diletakkan demikian biar pembaca laporan ptk anda segera menemukannya dengan gampang sesudah membaca judul penelitian tindakan kelas anda pada halaman sampul.

Contoh Abstrak PTK


MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS VIIIB SMPN NEGERI 4 AMUNTAI MELALUI STRATEGI MEMORY CYCLE
(Tahun 2011, 239 halaman)

Suhadi
Guru IPA Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai
Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan


ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan penelitian ialah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk penerima didik Kelas VIIIB SMPN 4 Amuntai. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan acara penerima didik; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru; dan (3) Mengetahui hasil berguru penerima didik yang mengacu pada taktik memory cycle pada Kelas VIIIB SMPN 4 Amuntai semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 untuk materi Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehar-hari. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Data acara penerima didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil berguru penerima didik digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas penerima didik kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai tahun pembelajaran 2011/2012 pada pembelajaran yang mengacu kepada taktik memory cycle pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari di siklus I maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai yang tahun pembelajaran 2011/2012 yang telah dilakukan guru pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari dengan taktik memory cycle di siklus 1 maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK; dan (3) Hasil berguru penerima didik kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Amuntai tahun pembelajaran 2011/2012 pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari mengalami peningkatan dibanding tahun pelajaran 2010/2011 sesudah memakai taktik memory cycle.

Kata Kunci : materi kimia dalam kehidupan sehari-hari, kualitas pembelajaran, penelitian tindakan kelas, taktik memory cycle

Catatan: Sebenarnya tata cara penulisan di atas juga sanggup diberlakukan untuk ajaib skripsi,tesis, atau jurnal penelitian lainnya.

Demikian artikel ihwal Bagaimana Cara Menulis Abstrak untuk Laporan PTK. Baca juga goresan pena di blog ptk dan model pembelajaran ini yang mungkin juga anda butuhkan:

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Bagaimana Cara Menulis Aneh Laporan Ptk ?"

Posting Komentar