Model Pengajaran Qait

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Model Pengajaran QAIT

Model pengajaran QAIT (Quality, Appropriateness, Incentive, Time) yaitu sebuah model pengajaran efektif yang terfokus pada unsur-unsur yang sanggup pribadi dikendalikan guru, yaitu : mutu, ketepatan, insentif, dan waktu.

Slavin (1987) menguraikan model pengajaran QAIT sebagai model yang efektif alasannya memungkinkan guru mengendalikan faktor-faktor yang penting dalam pengajaran. Mari kita lihat satu per satu ke-4 komponen / faktor yang disebut Slavin dalam Model Pengajaran QAIT tersebut.

Komponen Model Pengajaran QAIT


Quality (Mutu)

Mutu yang dimaksud di sini yaitu mutu pengajaran guru, yaitu samapi sejauh manakah penyajian warta atau kemampuan menolong siswa sehingga mempermudah mereka memahami materi pelajaran. Mutu pengajaran sebagian besar ditentukan oleh mutu produk kurikulum (seperti perancangan pembelajaran, dsb) serta penyajiannya di kelas oleh guru.

Appropriateness (Ketepatan)

Ketepatan yang dimaksud di sini yaitu faktor hingga sejauh mana pengajar sanggup memastikan bahwa siswanya telah siap mempelajari suatu materi pembelajaran baru. Dengan kata lain: mampukah mereka dan perlukah materi pembelajaran itu untuk mereka. Atau, dengan pernyataan yang lebih sederhana: apakah materi itu cocok untuk siswa? Terlalu mudahkah? Atau terlalu sulitkah?

Incentive (Insentif)

Untuk faktor yang ketiga ini, guru harus sanggup meyakinkan bahwa siswa-siswa telah termotivasi belajar, yaitu dengan mengatakan kegairahan dalam melaksanakan tugas-tugas pengajaran dan mempelajari materi yang seharusnya mereka kuasai.

Time (Waktu)

Terakhir, guru sanggup mengontrol waktu. Waktu yaitu sebuah faktor penting untuk sebuah pengajaran yang efektif. Apakah guru telah memberi cukup waktu untuk siswanya dalam mempelajari suatu materi ajar? Ataukah terlalu sedikit? Atau terlalu banyak sehingga banyak waktu terbuang percuma?

Pengajaran yang efektif berdasarkan model pengajaran QAIT harus mengakomodasi ke-4 faktor tersebut dan tentu semuanya harus memadai.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Model Pengajaran Qait"

Posting Komentar