10 Fungsi Media Pembelajaran

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Masih membahas mengenai media pembelajaran, kali ini blog PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Model-Model Pembelajaran akan menyajikan goresan pena perihal fungsi media pembelajaran. Yuk kita simak sama-sama.

10 Fungsi Media Pembelajaran

Beberapa fungsi media pembelajaran ialah : (1) Pemusat perhatian siswa; (2) Menggugah emosi siswa; (3) Membantu siswa memahami bahan pembelajaran; (4) Membantu siswa mengorganisasikan informasi; (5) Membangkitkan motivasi berguru siswa; (6) Membuat pembelajaran menjadi lebih konkret; (7) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra; (8) Mengaktifkan pembelajaran; (9) Mengurangi kemungkinan pembelajaran yang melulu berpusat pada guru; dan (10) Mengaktifkan respon siswa.
Masih membahas mengenai media pembelajaran 10 Fungsi Media Pembelajaran
10 fungsi media pembelajaran


Uraian dari setiap fungsi media pembelajaran di atas ialah sebagai berikut:

Pemusat perhatian siswa

Media pembelajaran sanggup berfungsi dengan baik sebagai pemusat perhatian siswa. Apalagi kalau media pembelajaran itu bersifat menarik. Guru IPS sanggup menarik perhatian siswa misal dengan hanya melekat peta di papan tulis ketika akan memulai pembelajaran. Siswa akan selalu terpusat perhatiannya kepada hal-hal gres yang ditunjukkan atau dibawa oleh guru ke dalam ruang kelas. Kaprikornus jangan ragu untuk selalu memakai media pembelajaran.

Menggugah emosi siswa

Emosi siswa terhadap suatu hal (dalam hal ini bahan pembelajaran) sanggup dengan gampang digugah dengan memakai media pembelajaran. Misalnya saja, mereka sanggup dengan cepat bersimpati dengan orang yang mempunyai kekurangan fisik dengan hanya menonton video singkat perihal seorang cacat yang harus sanggup melaksanakan bermacam-macam aktivitas sehar-hari secara mandiri. Dengan media pembelajaran serupa kita sanggup menciptakan siswa mengasihi lingkungan dan peduli dengan kelestarian alam sekitar.

Membantu siswa memahami bahan pembelajaran

Jika guru ingin memakai media pembelajaran dan berhasil efektif, maka guru harus menentukan media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang sesuai akan membantu siswa memahami bahan pembelajaran yang sedang dibelajarkan.

Membantu siswamengorganisasikan informasi

Berbagai media pembelajaran ibarat tampilan power point yang dirancang dengan sungguh-sungguh, menyajikan grafik atau bagan-bagan, atau diagram, sanggup membantu siswa mengorganisasikan bahan pembelajaran dengan lebih mudah. Guru sanggup menyajikannya dengan menambahkan pula simbol-simbol khusus sehingga memperkuat retensi (daya ingat) siswa.

Membangkitkan motivasi berguru siswa

Guru yang memakai media pembelajaran dalam aktivitas berguru mengajar di kelas sanggup menciptakan suasana kelas lebih hidup. Salah satu penyebabnya ialah alasannya media pembelajaran mempunyai fungsi penting yaitu sebagai pembangkit motivasi belajar. Siswa akan termotivasi untuk berguru bila guru mengajar di kelas mereka dengan memakai bermacam-macam media pembelajaran yang sesuai.

Membuat pembelajaran menjadi lebih kongkret

Banyak konsep-konsep aneh yang harus dipelajari oleh siswa kita di kelas. Cara termudah untuk menyajikan sesuatu yang aneh ialah dengan membantu mereka mengkongkretkannya melalui media pembelajaran. Pembelajaran yang aneh sukar untuk ditangkap, berbalikan dengan pembelajaran yang lebih kongkret.

Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra

Banyak peristiwa, konsep, atau objek yang harus dipelajari oleh siswa tetapi untuk menyajikannya secara eksklusif tidaklah gampang (bisa). Misalnya saja, kalau guru ingin membawa siswa kepada masa-masa perang dunia ke-2 berkecamuk, maka guru sanggup menyajikannya dengan media pembelajaran. Banyak video-video dokumentasi perihal perang dunia ke-2 ini tersedia di internet. Dengan menampilkannya di kelas pada ketika pembelajaran, keterbatasan ruang dan waktu sanggup diatasi. Pun kalau contohnya guru ingin memberikan bagaimana bentuk seekor amuba yang sedang mengambil makanan, tentu hanya dengan memakai media pembelajaranlah tujuan ini sanggup dicapai.

Mengaktifkan pembelajaran

Dijamin, penggunaan media pembelajaran akan mengaktifkan pembelajaran di kelas. Apalagi media pembelajaran yang dipilih sanggup mengaakomodasi banyak siswa dan memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengannya. Pembelajaran yang aktif terbentuk ketika siswa-siswa sanggup berinteraksi tidak hanya dengan guru atau dengan siswa lainnya, tetapi juga dengan media pembelajaran.

Mengurangi kemungkinan pembelajaran yang melulu berpusat pada guru

Banyak guru seringkali terbawa suasana mengajar yang berpusat pada guru.Ini bukan berarti pembelajaran berpusat pada guru tidak baik. Akan tetapi pembelajaran, apabila melulu dilaksanakan dalam setting berpusat pada guru akan menjadikan kebosanan pada diri siswa. Media pembelajaran yang dipakai guru pada ketika mengajar sanggup mencegah guru untuk selalu terbawa pada kemungkinan ini, apalagi guru dengan cermat menentukan media pembelajaran yang memungkinkan orientasi pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Mengaktifkan respon siswa

Banyak siswa malas merespon pembelajaran yang diberikan oleh guru alasannya guru monoton dan pembelajaran selalu begitu-begitu saja. Pembelajaran yang memanfaatkan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai tujuan pembelajaran sanggup mengatasi hal ini. Siswa akan memperlihatkan respon positif terhadap / selama proses berguru mengajar berlangsung.

Demikian artikel dari blog PTK dan Model Pembelajaran perihal 10 fungsi media pembelajaran. Semoga bermanfaat.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "10 Fungsi Media Pembelajaran"

Posting Komentar