ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation
Jika anda tertarik untuk mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) di dalam kelas anda, atau barangkali sedang melaksanakan penelitian tindakan kelas / ptk wacana model pembelajaran kooperatif yang satu ini, maka sebaiknya anda cermati sintaks atau langkah-langkah/fase-fase model pembelajaran ini. Ada 5 (lima) sintaks /langkah/fase penting dalam model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, yaitu:Fase 1: menggorganisasikan kelompok-kelompok kooperatif dan mengidentifikasi topik
Kedua kiprah yang disebut di atas urutannya sanggup bervariasi, sesuai dengan situasi. Guru sanggup terlebih dahulu mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok kooperatif sebelum mengidentifikasi topik pembelajaran, atau sebaliknya terlebih dahulu mengidentifikasi topik, gres kemudian mengorganisasikan siswa ke kelompok-kelompok. Bergantung pada topik yang dipilih pada fase 1, maka yaitu sangat penting untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sanggup membangun kekompakan tim (kelompok), sehingga terbentuk solidaritas dan kohesi antar anggotanya. Perlu dicatat bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation ini merupakan sebuah model pembelajaran yang kompleks, yang berbeda sama sekali dengan model pembelajaran kooperatif lainnya, di mana tingkat kooperasi antar anggota kelompok harus benar-benar baik dan efektif. Agar apa-apa yang dilakukan oleh kelompok bermanfaat dan efektif, maka setiap anggota kelompok harus produktif dan mempunyai hubungan kooperasi yang baik satu sama lain.Fase 2: Perencanaan KelompokSelama fase perencanaan kelompok, siswa harus memilih batasan/cakupan penyelidikan mereka, mengevaluasi sumber daya yang mereka miliki, merencanakan suatu aksi/tindakan, dan menugaskan /memberikan tanggung jawab yang berbeda kepada setiap anggota kelompok. Pada model pembelajaran kooperatif yang lain, perencanaan kelompok jauh lebih gampang dibanding perencanaan kelompok pada group investigation. Bila semua anggota kelompok menyelidiki topik yang sama, kiprah utama mereka pada fase ini yaitu memilih bagaimana cara membagi isu dasar yang telah mereka miliki masing-masing. Jika anggota-anggota kelompok bertugas sendiri-sendiri untuk menyelidiki sub-sub topik, maka keputusan penting pada fase perencanaan ini yaitu bagaimana mereka seharusnya berkoordinasi, dan membagi kiprah siapa yang akan bertanggungjawab terhadap isu dasar, siapa yang mengumpulkan data, siapa yang menganalisis, siapa yang mengkombinasikan sub-sub proyek menjadi suatu keutuhan, serta siapa yang akan menulis laporan. Tugas-tugas demikian tentu amat rumit dan tidak sanggup dibagi secara tegas.
0 Response to "Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation"
Posting Komentar