ADSENSE 336 x 280
Pengajaran Strategi Belajar (Learning Strategies)
Muhammad Faiq Dzaki
Menurut Claire Weinstein dan Richard Meyer bahwa pengajaran yang baik mencakup mengajarkan siswa bagaimana belajar, bagaimana mengingat, bagaimana berpikir, dan bagaimana memotivasi diri mereka sendiri.(Nur, 2000:5). Makara mengajarkan siswa bagaimana berguru merupakan suatu tujuan pendidikan yang sangat penting dan menjadi tujuan utama.
Selanjutnya dikatakan bahwa pentingnya mengajarkan siswa bagaimana berguru atau disebut pengajaran taktik berlandaskan pada dalil bahwa keberhasilan siswa sebagian besar bergantung pada kemahiran untuk berguru secara berdikari dan memonitor berguru mereka sendiri, sehingga taktik berguru mutlak diajarkan kepada siswa.
Strategi berguru mengacu pada prilaku dan proses berpikir yang dipakai oleh
Muhammad Faiq Dzaki
Menurut Claire Weinstein dan Richard Meyer bahwa pengajaran yang baik mencakup mengajarkan siswa bagaimana belajar, bagaimana mengingat, bagaimana berpikir, dan bagaimana memotivasi diri mereka sendiri.(Nur, 2000:5). Makara mengajarkan siswa bagaimana berguru merupakan suatu tujuan pendidikan yang sangat penting dan menjadi tujuan utama.
Selanjutnya dikatakan bahwa pentingnya mengajarkan siswa bagaimana berguru atau disebut pengajaran taktik berlandaskan pada dalil bahwa keberhasilan siswa sebagian besar bergantung pada kemahiran untuk berguru secara berdikari dan memonitor berguru mereka sendiri, sehingga taktik berguru mutlak diajarkan kepada siswa.
Strategi berguru mengacu pada prilaku dan proses berpikir yang dipakai oleh
ADSENSE Link Ads 200 x 90
siswa yang mempengaruhi apa yang dipelajari termasuk proses memori dan metakognitif.(Nur, 2000:7).Selanjutnya dikatakan bahwa strategi-strategi berguru ialah operator-operator kognitif mencakup dan di atas proses-proses yang secara pribadi terlibat dalam menuntaskan suatu kiprah [belajar].
Tujuan utama dari pengajaran taktik ialah mengajarkan siswa untuk berguru atas kemauan dan kemampuan diri sendiri atau pebelajar berdikari (self-regulated learner) yang mengacu pada pebelajar yang sanggup melaksanakan empat hal penting, yaitu: (a) secara cermat mendiagnosa suatu situasi pembelajaran tertentu, (b) menentukan suatu taktik berguru tertentu untuk menuntaskan problem berguru tertentu yang dihadapi, (c) memonitor keefektivan taktik yang digunakan, dan (d) termotivasi untuk terlibat dalam situasi berguru hingga problem terselesaikan. (Nur, 2000:9)
Pustaka:
Nur, M. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya, University Press.
ADSENSE 336 x 280
dan
ADSENSE Link Ads 200 x 90
Tujuan utama dari pengajaran taktik ialah mengajarkan siswa untuk berguru atas kemauan dan kemampuan diri sendiri atau pebelajar berdikari (self-regulated learner) yang mengacu pada pebelajar yang sanggup melaksanakan empat hal penting, yaitu: (a) secara cermat mendiagnosa suatu situasi pembelajaran tertentu, (b) menentukan suatu taktik berguru tertentu untuk menuntaskan problem berguru tertentu yang dihadapi, (c) memonitor keefektivan taktik yang digunakan, dan (d) termotivasi untuk terlibat dalam situasi berguru hingga problem terselesaikan. (Nur, 2000:9)
Pustaka:
Nur, M. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya, University Press.
0 Response to "Pengajaran Seni Administrasi Berguru (Learning Strategies)"
Posting Komentar