Menentukan Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Bagaimana Cara menentukan strategi, metode, pendekatan, dan teknik pembelajaran?

Kegiatan guru ketika merancang pembelajaran amatlah krusial. Salah satu bab dari acara merancang pembelajaran ini yakni menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Apabila guru menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik yang tidak sempurna sanggup dipastikan bahwa pembelajaran tidak akan berjalan efektif. Sementara bila guru berhasil menentukan dan menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan baik, sanggup diasumsikan bahwa pembelajaran yang akan dilakukannya kemungkinan besar akan berjalan efektif.

Nah, untuk menentukan atau menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sesuai, maka guru harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

  • Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan tujuan pembelajaran. 

Tidak semua pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran cocok dengan tujuan yang ingin dicapai. Setiap pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran seringkali punya kompatibilitas tertentu dengan tujuan pembelajaran tertentu. Taruh teladan mudah, bila tujuan pembelajaran adalah: Siswa sanggup merakit sebuah PC, maka metode ceramah atau diskusi tidak akan sanggup mencapai tujuan pembelajaran ini, sebaliknya mungkin metode pembelajaran aktif akan berhasil.

  • Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan materi pembelajaran

  Sudah barang tentu materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa sangat mensugesti pemilihan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Ada materi-materi yang hanya cocok diberikan melalui pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran tertentu dan tidak cocok jikalau diberikan melalui pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang lainnya. Misalnya jikalau materi pembelajaran berupa fakta maka ceramah sanggup dipilih dan berfungsi dengan baik. Sedangkan materi ibarat pengetahuan prosedural ibarat langkah-langkah menciptakan camilan cantik donat cocok diberikan dengan pembelajaran langsung.
  •  Ketersediaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.

Beberapa pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran mungkin sangat ideal untuk dipilih, tetapi sebelum benar-benar memilihnya, guru kembali harus memperhatikan ketersedian media pembelajaran, alat, bahan, dan sumber belajar. Apakah guru sanggup melaksanakan suatu pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran bila alat, bahan, sumber, dan media yang dibutuhkan tidak tersedia?

  • Kemampuan Siswa.

Dalam menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran tertentu, seringkali guru juga harus memperhatikan tingkat kemampuan siswa. Ada pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang gampang untuk diterapkan pada banyak sekali kemampuan/jenjang pendidikan/tingkat/kelas siswa. Tetapi adapula pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sulit diterapkan pada siswa di kemampuan/jenjang pendidikan/tingkat/kelas tertentu. Contohnya: di suatu sekolah yang sering melaksanakan acara laboratorium, metode inkuiri atau inovasi terbimbing mungkin sanggup dengan gampang dilaksanakan, tetapi pada sekolah tertentu yang sama sekali tidak pernah melaksanakan acara di laboratorium dan berlatih keterampilan proses sains, maka metode inkuiri dan inovasi terbimbing mungkin akan sulit dilaksanakan.

  • Gaya mencar ilmu siswa.

Setiap siswa memiliki gaya mencar ilmu masing-masing yang mungkin berbeda satu sama lain. Oleh alasannya yakni itu guru harus mempertimbangkan hal ini semoga pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang dipilihnya sanggup mengakomodasi semua siswa dengan gaya mencar ilmu yang berbeda-beda.

  • Ketersediaan waktu.

Kadangkala waktu yakni faktor pembatas yang sangat penting dalam pemilihan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang akan digunakan. Beberapa pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran kadangkala dalam penerapannya memerlukan waktu yang banyak, sementara pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang lain hanya membutuhkan sedikit waktu.

  • Jaminan adanya variasi.

Guru juga harus mempertimbangan bahwa ada jaminan variasi dalam penggunaan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Hal ini dimaksudkan semoga siswa tidak bosan dan mengakomodasi banyak sekali gaya mencar ilmu dan jenis kecerdasan yang dimiliki siswa.

  • Jaminan adanya interaksi antara guru-siswa, siswa-guru, dan siswa-siswa.

Interaksi antar anggota kelas, dalam hal ini antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, dan interaksi sesama siswa dalam pembelajaran sangat mensugesti kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Semakin banyak interaksi yang terjadi, dan berlangsung dari banyak sekali arah, maka akan semakin besar proses pembelajaran yang terjadi pada siswa. Guru hendaknya mempertimbangkan aspek ini ketika menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang akan digunakannya.


Selain itu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menentukan dan menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran yang dilaksanakannya, ada baiknya guru rajin untuk membaca banyak sekali literatur terkait banyak sekali pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sedang berkembang dan banyak dipakai cukup umur ini.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Menentukan Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran"

Posting Komentar