ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Contoh Lembar Observasi Frekuensi, Penyebaran, dan Kualitas Pertanyaan Siswa untuk PTK
Saat aktivitas MGMP di daerah aku beberapa hari yang lalu, ada seorang guru yang punya wangsit untuk meneliti melalui penelitian tindakan kelas (PTK) berkaitan dengan pertanyaan siswa. Penelitiannya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan salah satu indikatornya yakni adanya peningkatan frekuensi, penyebaran, dan kualitas pertanyaan yang diajukan oleh siswa.Ketika hingga ke rumah dan ada waktu senggang, aku kepikiran bahwa wangsit penelitian tindakan kelas ia itu cantik juga. Suatu pembelajaran yang berkualitas sanggup dilihat salah satunya dari aspek pertanyaan yang dilontarkan siswa selama pembelajaran. Makin banyak siswa bertanya sanggup diasumsikan makin aktif pembelajaran itu, pun jika siswa yang bertanya menyebar (tidak siswa yang itu-itu saja yang bertanya), juga kualitas pertanyaan itu sendiri apakah berada pada level c1 saja, ataukah pada level yang lebih tinggi.
Seandainya aku akan menggali data, sebagaimana yang mitra guru di MGMP tadi inginkan, maka aku akan memakai lembar observasi yang kira-kira sanggup efektif menjaring semua data yang diharapkan tersebut. Setelah dirancang-rancang, kesannya aku menemukan format ibarat di bawah ini. Sebagai catatan, lembar observasi/pengamatan frekuensi, penyebaran, dan kualitas pertanyaan yang aku buat ini hanya pola saja. Mungkin anda sanggup merancang lembar observasi pertanyaan siswa yang lebih baik.
hal 1 |
hal 2 |
0 Response to "Contoh Lembar Observasi Frekuensi, Penyebaran, Dan Kualitas Pertanyaan Siswa Dalam Pembelajaran"
Posting Komentar