Mencermati Kelemahan Yang Sering Ditemukan Dalam Laporan Ptk

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Kebingungan Seringkali Menyebabkan Munculnya Kelemahan Pada Laporan PTK yang ditulis Mencermati Kelemahan Yang Sering Ditemukan Dalam Laporan PTK
Kebingungan Seringkali Menyebabkan Munculnya Kelemahan Pada Laporan PTK yang ditulis

Mencermati Kelemahan Yang Sering Ditemukan Dalam Laporan PTK 

Artikel kita di blog penelitian tindakan kelas (ptk) kali ini membahas perihal cara mencermati kelemahan yang sering ditemukan dalam laporan PTK (penelitian tindakan kelas), sehabis beberapa waktu yang kemudian membahas perihal Kiat Memperlancar Menulis PTK, Langkah-Langkah Menulis PTK, dan Cara Menulis Rumusan Masalah. Kelemahan-kelemahan inilah yang sering menciptakan laporan ptk yang ditulis kurang mempunyai kualitas sebagaimana yang diharapkan.

Faktor Penyebab


1. Guru/mahasiswa calon guru belum mempunyai pengalaman menulis laporan ptk, sehingga ia tidak tau atau resah harus menulis apa.

Mereka, dengan keterbatasan pengalaman (katakanlah gres menulis untuk pertama kali), tentu belum mempunyai rasa percaya diri. Apalagi bila mereka menemukan bahwa format dan sistematika laporan ptk seringkali memilikiperbedaan-perbedaan (selingkung). Kepada mereka yang berada dalam situasi ini, seyogyanya sanggup diberikan motivasi untuk membantu membangun rasa percaya diri pada diri mereka.

Selain itu mereka juga perlu diyakinkan bahwa perbedaan-perbedaan format atau sistematika itu hanyalah bentuk-bentuk variasi saja dari sebuah laporan ptk. Jadi, merekapun sebetulnya bisa menulis laporan ptk sesuai gaya mereka sendiri, yang penting tidak melenceng darikaidah-kaidah penulisan laporan yang baik.
Ketidakberpengalaman guru atau mahasiswa calon guru dalam menulis ptk seringkali tampak dengan terperinci pada alur penulisan yang tidak lurus, melenceng, keluar dari jalur, sehingga laporan ptk bahkan jika dibaca justru membingungkan pembaca. Atau dengan kata singkat: laporan ptk mereka tidak mempunyai benang merah. Biasanya laporan demikian ditulis dengan cara mencomot bagian-bagian tertentu dari beberapa laporan milik orang lain, atau paling tidak mengadaptasi bagian-bagian laporan ptk orang lain tanpa memperhatikan dan mempertimbangkan apakah kepingan itu perlu dan cocok dimasukkan (diadaptasi) untuk laporan ptknya. Untuk mengatasi hal ini, guru atau mahasiswa calon guru tersebut seharusnya mencoba memahami kembali bagaimana struktur sebuah laporan ptk yang baik.

2. Guru/mahasiswa calon guru tidak mempunyai kemampuan menuangkan ide-ide yang ada di pikirannya ke dalam bahasa tulisan.

Beberapa guru/ mahasiswa calon guru yang lain sebetulnya sudah memahami apa-apa yang harus dimasukkan sebagai kepingan dari laporan ptk mereka, akan tetapi ketidakmampuan mereka dalam menuliskan pandangan gres yang ada di aliran merekalah yang menjadi penyebab rendahnya mutu laporan ptk yang ditulisnya. Untuk mengatasi hal ini, maka guru atau mahasiswa calon guru yang bersangkutan harus lebih banyak berlatih menulis. Ingat, menulis ialah suatu keterampilan (skill), dan keterampilan apapun termasuk menulis hanya sanggup dikuasai dengan baik apabila sering dilatih.

Pertanyaan Untuk Dicermati

Saat menulis sebuah laporan ptk, sebaiknya seorang peneliti kembali mencermati laporannya. Banyak hal yang harus diperhatikan semoga laporan ptk yang dihasilkan mempunyai nilai dan kualitas yang bagus. Nah, Pertanyaan-pertanyaan berikut sanggup dijadikan panduan untuk mencermati laporan ptk yang telah ditulis untuk melihat adakah kelemahan padanya:
  • Apakah penelitian dilakukan menurut problem kasatmata yang terjadi di dalam kelas?
  • Apakah problem yang diidentifikasidisertai bukti-bukti (data awal) yang terperinci atau hanya perkiraan saja?
  • Apakah penelitian dilakukan di kelas guru itu sendiri?
  • Apakah tindakan yang dilakukan logis untuk menuntaskan masalah?
  • Apakah rumusan problem relevan dengan tujuan penelitian?
  • Apakah kajian teoritis (kajian pustaka) yang dicantumkan relevan dengan penelitian yang diangkat?
  • Apakah data yang diambil sesuai dengan tujuan penelitian?
  • Apakah alat pengambil data (instrumen) telah sesuai dan menjamin kecukupan data yang diperlukan?
  • Apakah indikator keberhasilan penelitian sesuai dengan tujuan yang diharapkan?
  • Apakah langkah-langkah (tindakan) perbaikan dicantumkan dengan jelas?
  • Apakah ada penyempurnaan tindakan dari siklus sebelumnya ketika melakukan siklus-siklus berikutnya?
  • Apakah setiap data telah dianalisis dan dibahas dengan baik?
  • Apakah selesai sesuai dengan tujuan penelitian?
  • Apakah selesai terlalu overgeneralized?

Demikian sederet daftar pertanyaan yang sanggup diajukan oleh seorang guru atau mahasiswa calon guru ketika menulis laporan ptk (penelitian tindakan kelas). Semoga bermanfaat.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Mencermati Kelemahan Yang Sering Ditemukan Dalam Laporan Ptk"

Posting Komentar