Media Pembelajaran Berbasis Teks Cetak (Print Out)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Media Pembelajaran Berbasis Teks Cetak (Print Out)


Contoh Media Pembelajaran Berbasis Cetak

 Media Pembelajaran Berbasis Teks Cetak  Media Pembelajaran Berbasis Teks Cetak (Print Out)
buku teks ialah salah satu bentuk umum dari media pembelajaran berbasis cetak
Media pembelajaran berbasis teks cetak (print out) ialah banyak sekali media penyampai pesan pembelajaran di mana padanya terkandung teks (bacaan) dan ilustrasi-ilustrasi pendukungnya. Berbagai bentuk media pembelajaran jenis ini contohnya: buku teks pembelajaran, majalah, buku kerja, LKS, guntingan koran; majalah, leaflet, brosur, dan sebagainya.

Penelitian dan karakteristik media pembelajaran berbasis cetak yang baik

Berbagai penelitian telah dilakukan perihal penggunaan media pembelajaran berbasis teks cetak (print out) ini mencakup penggunaannya dalam kaitan dengan desain yang material yang digunakan, tampilan fisik (warna, bentuk, dsb), sampai rancangan konten yang ada di dalamnya. Berdasarkan banyak sekali penelitian-penelitian tersebut telah ditentukan karakteristik media pembelajaran berbasis cetak (print out) yang baik meliputi:
  • Pengorganisasian, mencakup struktur dan format dengan pengurutan tertentu dan mempunyai kejelasan (clarity).
  • Isyarat dan petunjuk, mencakup struktur dan format media pembelajaran yang harus sanggup membantu pembaca (dalam hal ini siswa) untuk mengantisipasi konten yang dimuat di dalamnya sehingga dengan cepat sanggup menemukan informasi yang diperlukan.
  • Keterbacaan, di mana konten ditulis dengan cermat sehingga sesuai dengan tingkat umur, pengetahuan, dan tahapan perkembangan siswa.
  • Kecepatan/pace, yaitu jumlah konten yang dihadirkan atau dipresentasikan dalam sebuah media pembelajaran berbasis cetak/teks/print out sehingga memungkinkan siswa terfasilitasi dalam memahami dan menyerap informasi yang diberikan.
  • Ketepatan, di mana konten yang disajikan benar dan akurat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Pengembangan media berbasis cetak dan keberagaman siswa

Dalam pengembangan media pembelajaran berbasis cetak/print out dalam bentuk teks dan gambaran ini perlu diperhatikan keberagaman siswa, di mana siswa mungkin saja mempunyai perbedaan dalam kemampuan berbahasa, sehingga media pembelajaran yang dibentuk akan bersifat lebih user friendly (mudah dipakai dan dipahami siswa). Penggunaan struktur tertentu, menambahkan banyak sekali kegiatan (aktivitas belajar), ilustrasi, gambar, foto, peta konsep, kuis, permainan, atau grafik organiser, akan mengakomodasi perbedaan gaya mencar ilmu yang mungkin ada sehingga siswa lebih sanggup mengikuti pembelajaran dengan media ini secara lebih baik.

"Pegangan guru"

Untuk membantu dan mempermudah guru, seringkali media pembelajaran berbasis cetak (print out) ini dilengkapi dengan materi lain dalam bentuk “ pegangan guru” yang tentu saja bersesuaian dengan banyak sekali komponen dalam media pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Pada “pegangan guru” seringkali dilengkapi dengan alternatif kegiatan (aktivitas pembelajaran) untuk siswa, teknik-teknik bertanya dan memancing keterlibatan siswa dalam pembelajaran, contoh-contoh lain selain yang telah disediakan untuk siswa, sampai kunci tanggapan pertanyaan dari materi (media) yang diberikan kepada siswa.

Tulisan lainnya perihal media pembelajaran:

Media Gambar Dalam Pembelajaran

Prinsip-Prinsip dalam Memilih Media Pembelajaran

3 Ciri Media Pembelajaran Menurut Gerlach dan Ely

10 Fungsi Media Pembelajaran

Model Perencanaan dan penggunaan Media Pembelajaran 

Peranan Media Belajar dalam KBM Di Kelas

Media Audio dalam Pembelajaran di Kelas

Media Pembelajaran Audio – Visual

 

 

 

 

 

 

 

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Media Pembelajaran Berbasis Teks Cetak (Print Out)"

Posting Komentar