Media Pembelajaran Audio – Visual

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Media Pembelajaran Audio – Visual

Media pembelajaran audio visual merujuk kepada media pembelajaran yang padanya mengandung komponen (unsur) berupa visual (pemandangan/gambar/dilihat) dan audio (suara/didengar). Makara media pembelajaran audio visual ialah mediator atau penyampai pesan pembelajaran yang mengandung komponen visual dan suara. Karena memakai lebih dari satu indera dalam pemanfaatannya, maka media audiovisual seringkali juga dimasukkan ke dalam kelompok multimedia.

Media pembelajaran audio visual terdiri dari bermacam-macam bentuk. Jika kita menengok ke beberapa dekade yang kemudian maka kitapun sudah mengenal media pembelajaran audio visual tradisional seperti:
  • Media pembelajaran audio visual jenis taktil (sentuh) menyerupai globe (bola bumi), bermacam-macam bentuk peta dan relief, serta banyak sekali bentuk media pembelajaran manipulatif lainnya.
  • Media pembelajaran visual menyerupai slide, foto-foto, film, dan rekaman video.
  • Media pembelajaran audio menyerupai rekaman pita kaset, CD (Compact Disc), dan sebagainya.

Perkembangan Jaman dan Media Pembelajaran Audio Visual

Perkembangan jaman telah membawa revolusi besar dalam pengembangan media pembelajaran yang dipakai di kelas-kelas. Beragam produk digital telah memperkaya dan memfungsikan media pembelajaran lebih dari sebelumnya. Sekarang ini sangat gampang kita temui dan bahkan dibentuk eksklusif oleh guru, bermacam-macam media pembelajaran audio visual modern untuk dipakai gotong royong alat elektronik dan gadget menyerupai CD ROM, DVD (digital video disc), audio book, video klip, dan CD musikal. Media-media pembelajaran berbasis web dan software-software (perangkat lunat) pun merambah masuk ke kelas-kelas untuk memaksimalkan pembelajaran. Para penerbit (dalam skala industri) bahkan bersaing untuk memperoleh laba dari perkembangan media digital berbasis audio visual ini dengan meluncurkan bermacam-macam produk. Para penerbit dan produsen ini merancang media-media audio visual dengan sangat menariknya.

Produk Media Audio Visual dan Kebutuhan Pembelajaran

Karena itulah, perlu seleksi yang ketat apabila guru dan sekolah memakai produk-produk yang dihasilkan oleh para produsen media pembelajaran ini, sebab seringkali mengacu pada penggunaan dana yang cukup besar ditambah begitu cepatnya perkembangan kemajuan dan penemuan yang ditawarkan. Apabila direncanakan untuk membeli produk-produk media pembelajaran audio visual yang ditawarkan tentu sebaiknya direview terlebih dahulu seberapa cocokkah konten yang dihadirkan dan seberapa efektif dan efisienkan produk media pembelajaran audio visual itu bila dipakai dalam pembelajaran. Pembelian produk-produk ini sanggup dilakukan kalau guru belum memiliki kemampuan dalam merndesain dan memproduksi sendiri media audio visual sejenis. Alangkah lebih bagusnya apabila guru sendiri bisa merancang dan menciptakan media pembelajaran berbasis audio visual modern untuk dipakai di kelas yang diampunya sehingga bersesuaian dengan kebutuhannya sendiri. Guru sangat penting untuk bisa menciptakan media pembelajaran audio visual sendiri, sebab pada masa kini bermacam-macam konten yang bersifat gratis dan terbuka untuk dipakai secara bebas tersedia dengan melimpah di banyak sekali website (internet). Guru tinggal memadukan, memodifikasi, atau mengadaptasi sesuai keperluannya dalam pembelajaran. Guru sanggup memadukan bermacam-macam gambar, video klip, suara, musik, dan teks dalam format power point atau flash. Guru bahkan sanggup menciptakan media pembelajaran berbasis audio visual yang bersifat interaktif sehingga sanggup meningkatkan bermacam-macam kegiatan berguru siswa.

Aspek yang Perlu Diperhatikan

Bila guru ingin menyebarkan dan menciptakan sendiri media pembelajaran audio visualnya, maka tentunya ia harus memperhatikan beberapa aspek menyerupai kejelasan informasi dan konten yangtersaji di dalam media pembelajaran tersebut, tidak memicu terjadinya miskonsepsi (kesalahan konsep), serta gampang dipakai oleh guru dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukannya di kelas maupun oleh siswa siswa ia harus memakai media pembelajaran itu secara mandiri, contohnya dikala mengulang pembelajaran itu di rumah.

Beberapa Tulisan Lainnya ihwal Media Pembelajaran

Pengembangan Materi Pembelajaran dari Internet

Media Audio dalam Pembelajaran di Kelas

Peranan Media Belajar dalam KBM Di Kelas

Model Perencanaan dan penggunaan Media Pembelajaran 

10 Fungsi Media Pembelajaran

3 Ciri Media Pembelajaran Menurut Gerlach dan Ely

Mind Map, Cara Praktis Mengorganisasi Materi Pembelajaran

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Media Pembelajaran Audio – Visual"

Posting Komentar