Media Audio Dalam Pembelajaran Di Kelas

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Media Audio dalam Pembelajaran di Kelas

Sesudah memposting artikel wacana peranan media dalam pembelajaran di kelas, beberapa waktu yang lalu, kini blog ptk dan model pembelajaran kembali menampilkan bahasan wacana media belajar, tetapi mulai dikhususkan pada media berguru berbentuk audio (suara).

Pengertian Media Audio dan Peranannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan manusia, media audio tampaknya telah mendominasi proses komunikasi yang kita lakukan sehari-hari. Hal ini bahkan merambah hingga ke dunia pengajaran (instruction), dari tingkat dasar, menegah, bahkan sekolah tinggi tinggi.

Secara pengertian (definisi), media audio dalam proses pembelajaran merupakan suatu materi atau media yang mengandung pesan bentuk auditif (pita bunyi atau cakram suara) yang sanggup merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa, sehingga terjadi proses berguru mengajar.

Penggunaan Media Audio dalam Pembelajaran

Pada kegiatan pembelajaran di kelas, media-media pembelajaran berbasis audio (suara) sangat banyak digunakan, apalagi dalam masa digital sekarang. Sangat gampang membuat, memperbanyak, dan mengaplikasikan media pembelajaran berbasis audio ini di dalam KBM di kelas. Media pembelajaran berbasis audio dipakai terutama untuk:
  1. Penggunaan media audio dalam pengajaran musik, pembacaan sajak, atau kegiatan dokumentasi lainnya tampaknya yaitu suatu keharusan.
  2. Pada pengajaran bahasa asing, pemanfaatan media audio atau audiovisual yaitu hal yang amat lumrah. Rekaman audio utamanya dipakai untuk mencontohkan bagaimana pengucapan dalam berbahasa asing.
  3. Penggunaan radio yang memang berbasiskan media audio juga sudah merupakan hal yang sangat lumrah. Banyak program-program pendidikan disampaikan kepada pebelajaran melalui radio.
  4. Penggunaan paket-paket belajar, dalam bentuk rekaman audio, seringkali dipakai untuk mempermudah siswa mengakses kembali secara berulang-ulang wacana suatu materi pembelajaran.

 Tahapan Pengembangan Media Audio untuk Pembelajaran di Kelas

Sebagaimana tahapan pengembangan media pembelajaran yang lain, tahapan pengembangan media pembelajaran berbasis audio secara umum juga terdiri dari 3 tahapan, yaitu:
  1. Perencanaan (Planning). Pada proses perencanaan ini, mencakup kegiatan-kegiatan penentuan tujuan media audio, analisis sasaran dalam hal ini siswa, penentuan materi media audio yang akan direkam, penentuan format audio, hingga penulisan skrip (naskah) yang akan direkam.
  2. Produksi (Production). Pada proses produksi, terdiri dari beberapa kegiatan yaitu kegiatan perekaman atau recording, sehingga seluruh kegiatan yang telah direncanakan sanggup direkam berdasarkan format yang telah ditentukan, kemudian proses editing, hingga proses penggandaan kalau dibutuhkan.
  3. Evaluasi (Evaluation). Kegiatan tahap simpulan ini memiliki tujuan untuk menilai suatu kegiatan atau media audio yang telah diproduksi apakah nantinya kegiatan atau media audio tersebut perlu direvisi atau disempurnakan lagi ataukah sudah cukup manis untuk dimanfaatkan dalam kegiatan berguru (KBM) di kelas.
Demikian artikel wacana Media Audio dalam Pembelajaran di Kelas dari blog PTK dan Model Pembelajaran. Semoga bermanfaat.



ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Media Audio Dalam Pembelajaran Di Kelas"

Posting Komentar