ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Active Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 2/B MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009-2010
Oleh:
MI Nurul Huda, Kapongan Situbondo
Sumber Jurnal:
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 01, Nomor 01, Juni 2010 Halaman 99 - 110. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam (JPTK-PAI) diterbitkan oleh Laboratorium Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya berafiliasi dengan Madrasah Development Center (MDC) Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Jawa Timur.Abstrak:
Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu upaya dalam menuntaskan persoalan pembelajaran di kelas. Pada PTK ini, peneliti akan melaksanakan penelitian tentang,”Upaya Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui metode active learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 2/B MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009-2010. Rumusan persoalan pada PTK ini, yakni “bagaimanakah upaya peningkatan Hasil Belajar siswa melalui metode active learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 2/B MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009-2010?”. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil berguru siswa dalam penggunaan metode active learning di MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo. Metode yang dipakai yakni observasi, interview dan dokumentasi. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencaan/rencana awal, tindakan, observasi, refleksi dan tindakan ulang. Subyek dari penelitian yakni seluruh siswa kelas IIb MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo dengan jumlah 50 anak dalam mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan sopan santun meludah. Berdasarkan hasil analisis didapat bahwa prestasi berguru siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II yaitu siklus I daya serap 78 % dan siklus II daya serap 92 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas sanggup disimpulkan bahwa pembelajaran iman sopan santun di kelas IIb di MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo hendaknya dilakukan sesuai dengan sikap sopan santun sehari-hari.Kata kunci: Hasil berguru dan Pembelajaran active learning, ptk.
Pendahuluan
Penggunaan metode pembelajaran disetiap mata pelajaran sangat penting, lantaran tidak semua metode pembelajaran sempurna untuk semua penyampaian, waktu kondisi, dan bidang studi. Salah satu penentu dalam aktivitas berguru mengajar yakni metode. Metode pengajaran yakni suatu cara untuk menyajikan pesanpembelajaran, sehingga pencapaian hasil pembelajaran sanggup optimal. Dalam setiap proses pembelajaran termasuk Akidah Akhlak. Metode mempunyai kedudukan yang penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Tanpa metode, suatu pesan pembelajaran tidak akan sanggup berproses secara efektif dalam aktivitas berguru mengajar ke arah yang dicapai (Rohmat, 1999:1).
Ketika praktikan melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak di MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo pada materi sopan santun buang angin antusias siswa dalam pembelajaran sangat kurang sekali dikarenakan (1) metode yang dipakai oleh praktikan masih bersifat monoton, (2 banyaknya siswa yang melebihi kapasitas (50 orang). Ternyata penggunaan metode ceramah untuk pembelajaran iman sopan santun masih belum efektif. Oleh lantaran itu, praktikan mencoba mencari sebuah metode yang sanggup melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi aktif dan kreatif.
Melihat fenomena di atas, praktikan mempunyai inisiatif untuk merubah metode yang sering dilakukan yakni memakai metode ceramah dirubah ke metode active learning dengan tujuan semoga ada perubahan dan peningkatan ditingkat pemahaman anak didik dalam menyerap sebuah materi pelajaran khususnya dibidang mata pelajaran Akidak Akhlak.
Penerapan metode active learning di MI Islamiyah desa Geluran Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo merupakan respon yang baik terhadap perkembangan mutakhir sistem pendidikan di Indonesia khususnya dalam pembelajaran Akidah Akhlak, yang merupakan mata pelajaran penting sekaligus pendukung bagi mata pelajaran lainnya.
Rumusan persoalan dalam penelitian ini adalah, “bagaimana upaya peningkatkan hasil berguru siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas II MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo?”. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini yakni untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil berguru siswa dalam penggunaan metode active learning di MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo.
Hasil penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi pengelolaan pembelajaran, khususnya bagi guru yang mengajar Akidah Akhlak, yaitu (1) mempunyai citra ihwal pembelajaran active learning yang efektif, (2) sanggup menidentifikasikan permasalahan yang timbul di kelas, sekaligus mencari solusi pemecahannya, (3) dipergunakan untuk menyusun jadwal evaluasi efektifitas pembelajaran model active learning pada tahap berikutnya.
Baca makalah ini sebagaimana aslinya di sini.
0 Response to "Laporan Ptk: Metode Active Learning Di Mi"
Posting Komentar