Laporan Penelitian Kualitatif: Pembelajaran Pendekatan Aktif Learning

ADSENSE 336 x 280
Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan akomodasi para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com, silakan menghubungi aku di sini, maka dengan bahagia hati aku akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

Sumber:
Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 6 Nomor 2, November 2009

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN AKTIF LEARNING DALAM PELAJARAN EKONOMI PADA SMU NEGERI DI YOGYAKARTA

Oleh: Tejo Nurseto
(Staf Pengajar FISE Universitas Negeri Yogyakarta)

Sebagian isi jurnal/makalah:
...........Pembelajaran aktif yakni segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri baik dalam bentuk interaksi antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan pengajar dalam proses pembelajaran tersebut.

Menurut Bonwell (1995), pembelajaran aktif mempunyai karakteristik-karakteristik sebagai berikut:
1. Penekanan proses pembelajaran bukan pada penyampaian gosip oleh pengajar melainkan pada pengembangan ketrampilan pemikiran analitis dan kritis terhadap topik atau
ADSENSE Link Ads 200 x 90
permasalahan yang dibahas,
2. Mahasiswa tidak hanya mendengarkan kuliah secara pasif tetapi mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan bahan kuliah,
3. Penekanan pada eksplorasi nilai-nilai dan sikap-sikap berkenaan dengan bahan kuliah, 4. Mahasiswa lebih banyak dituntut untuk berpikir kritis, menganalisa dan melaksanakan evaluasi,
5. Umpan-balik yang lebih cepat akan terjadi pada proses pembelajaran.

Di samping karakteristik tersebut di atas, secara umum suatu proses pembelajaran aktif memungkinkan diperolehnya beberapa hal. Pertama, interaksi yang timbul selama proses pembelajaran akan menjadikan positive interdependence dimana konsolidasi pengetahuan yang dipelajari hanya sanggup diperoleh secara bahu-membahu melalui eksplorasi aktif dalam belajar. Kedua, setiap individu harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan pengajar harus sanggup mendapat penilaian untuk setiap mahasiswa sehingga terdapat individual accountability. Ketiga, proses pembelajaran aktif ini semoga sanggup berjalan dengan efektif diharapkan tingkat kerjasama yang tinggi sehingga akan memupuk social skills.

Dalam pembelajaran aktif learning sanggup digambarkan menyerupai dibawah ini: ............baca selengkapnya PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN AKTIF LEARNING DALAM PELAJARAN EKONOMI PADA SMU NEGERI DI YOGYAKARTA pribadi dari sumber aslinya di sini. Untuk sanggup membaca.mendownload halaman tersebut, terlebih dahulu anda harus register di sini.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

Related Posts :

0 Response to "Laporan Penelitian Kualitatif: Pembelajaran Pendekatan Aktif Learning"

Posting Komentar