ADSENSE 336 x 280
Pengambilan keputusan ihwal pengelompokan siswa dan scaffolding (perancahan) yang akan diberikan ketika pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa sehingga kegiatan siswa ketika pembelajaran yang dilakukan oleh mereka bermakna. Beberapa aktivitas-aktivitas yang bermakna (meaningful activities) bagi siswa yang sanggup diberikan oleh guru haruslah bersifat:
- Dirancang secara tepat
- Merangsang dan memacu berguru siswa.
- Otentik
- Menghubungkan bahan pelajaran/aktivitas pembelajaran dengan pengalaman mereka di kehidupan nyata.
- Adil dan menghargai semua siswa.
ADSENSE Link Ads 200 x 90
Aktivitas-aktivitas pembelajaran yang bermakna (meaningful activities) dibangun oleh pemahaman baik dari siswa-siswa itu sendiri maupun dari guru-guru yang memiliki teknik pembelajaran yang baik. Aktivitas-aktivitas pembelajaran seharusnya menggugah siswa sehingga mereka mengeksplorasi, bertanya, menerapkan, dan merefleksikan kembali konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan yang telah mereka peroleh. Untuk ini, siswa-siswa harus menerima kesempatan untuk:
ADSENSE 336 x 280
dan
ADSENSE Link Ads 200 x 90
- Mengidentifikasi persamaan-persamaan dan perbedaan dua hal (kategori)
- Mengajukan dan menguji hipotesis
- Menggunakan isyarat, pertanyaan, dan advance organizer dalam belajar
- Menggunakan dan menciptakan representasi visual
- Meringkas dan menciptakan catatan
0 Response to "Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Bermakna"
Posting Komentar