Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Bermakna

ADSENSE 336 x 280
Pengambilan keputusan ihwal pengelompokan siswa dan scaffolding (perancahan) yang akan diberikan ketika pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa sehingga kegiatan siswa ketika pembelajaran yang dilakukan oleh mereka bermakna. Beberapa aktivitas-aktivitas yang bermakna (meaningful activities) bagi siswa yang sanggup diberikan oleh guru haruslah bersifat:
  • Dirancang secara tepat
  • Merangsang dan memacu berguru siswa.
  • Otentik
  • Menghubungkan bahan pelajaran/aktivitas pembelajaran dengan pengalaman mereka di kehidupan nyata.
  • Adil dan menghargai semua siswa.
ADSENSE Link Ads 200 x 90
Aktivitas-aktivitas pembelajaran yang bermakna (meaningful activities) dibangun oleh pemahaman baik dari siswa-siswa itu sendiri maupun dari guru-guru yang memiliki teknik pembelajaran yang baik. Aktivitas-aktivitas pembelajaran seharusnya menggugah siswa sehingga mereka mengeksplorasi, bertanya, menerapkan, dan merefleksikan kembali konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan yang telah mereka peroleh. Untuk ini, siswa-siswa harus menerima kesempatan untuk:
  • Mengidentifikasi persamaan-persamaan dan perbedaan dua hal (kategori)
  • Mengajukan dan menguji hipotesis
  • Menggunakan isyarat, pertanyaan, dan advance organizer dalam belajar
  • Menggunakan dan menciptakan representasi visual
  • Meringkas dan menciptakan catatan

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

Related Posts :

0 Response to "Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Bermakna"

Posting Komentar