ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Langkah-Langkah Pembelajaran Resiprokal
Tinjauan Umum Pembelajaran Resiprokal (Timbal Balik)
Kontruktivisme pada pelajaran membaca sanggup dilakukan dengan pembelajaran resiprokal (timbal balik). Apakah metode pembelajaran timbal balik (resiprokal) itu? Metode pembelajaran timbal balik (resiprokal) yaitu sebuah metode pembelajaran pada kelompok-kelompok kecil yang didasarkan pada perumusan pertanyaan; melalui pengajaran dan proteksi contoh, guru berbagi kemampuan metakognitif siswa utamanya untuk memperbaiki kinerja membaca siswa dengan pemahaman yang buruk. Nah, jadi pengajaran resiprokal ini cocok dipakai untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bacaan.
Palinscar dan Brown (1984) merancang pembelajaran timbal balik (resiprokal) untuk siswa sekolah dasar dan Sekolah Menengah Pertama semoga pemahaman mereka terhadap bacaan menjadi lebih baik. Pembelajaran resiprokal dilakukan dengan siswa-siswa pada kelompok kecil.
Langkah-Langkah Pembelajaran Timbal Balik (Resiprokal)
Adapun langkah-langkah pembelajaran resiprokal untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi bacaan yaitu sebagai berikut:- Memilih materi bacaan yang akan dipakai dalam acara belajar.
- Setelah siswa siap dalam sebuah kelompok kecil, guru memberi sedikit ulasan perihal materi bacaan berupa garis besar saja.
- Guru menyebutkan bahwa ia akan mencoba menebak atau merumuskan pertanyaan terkait judul materi bacaan. Cukup satu buah pertanyaan saja, sebagai referensi bahwa pertanyaan bisa dirumuskan dari materi bacaan, bahkan hanya dengan melihat judulnya saja.
- Guru meminta seorang siswa untuk menjawab pertanyaan yang gres saja dilontarkannya terkait judul.
- Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab atau menanggapi pertanyaan tersebut, tapi dengan menebak saja, tanpa membaca terlebih dahulu.
- Guru meminta mungkin dari siswa ada yang ingin mengajukan pertanyaan lain mengenai materi bacaan itu, alinea per alinea kemudian mencari tahu dengan membaca apakah tebakan mereka perihal tanggapan pertanyaan-pertanyaan yang telah dilontarkan tersebut sempurna atau salah. Demikian seterusnya sampai disepanjang acara membaca, pemikiran siswa selalu bekerja merumuskan pertanyaan kemudian mencari jawabannya.
Pada prinsipnya, guru mencontohkan / memodelkan bagaimana ia memahami suatu materi bacaan, dan cara terbaik untuk memahami suatu materi bacaan yaitu dengan cara merumuskan pertanyaan-pertanyaan secara mandiri, kemudian mencoba menebak jawaban-jawabannya, dan mengecek ketepatan tebakan (salah atau tepat), sehingga selama membaca, fokus pikiran siswa ada pada bacaan dan ada upaya memahaminya.
Perlu diperhatikan bahwa selama pembelajaran resiprokal berjalan, guru sebaiknya menggeser kedudukannya dari seorang yang mencoba memodelkan, kemudian menjadi seorang yang memfasilitasi diskusi arah pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban. Selama pembelajaran berlangsung guru harus selalu memperlihatkan penguatan-penguatan terhadap sikap berguru yang faktual yang ditunjukkan siswa, misal dengan memperlihatkan pujian-pujian. Juga, guru harus selalu memotivasi dan menjaga semoga minat siswa terhadp materi bacaan tetap terjaga.
Pada tahap perkenalan kepada siswa (mengenalkan pembelajaran resiprokal/timbal balik ini) guru sanggup menyampaikan kepada mereka bahwa guru mencoba memperkenalkan hal-hal yang sebaiknya dilakukan seorang pembaca untuk memahami bacaan, yaitu dengan:
- Memikirkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sanggup dilontarkan perihal apa yang sedang dibaca, kemudian memastikan bahwa sesudah bertanya, mereka sanggup menjawabnya.
- Meringkas gosip penting yang gres saja dibaca.
- Menduga-duga apa saja sekiranya yang mungkin akan dibahas oleh si penulis materi bacaan pada alinea berikutnya.
- Menunjukkan bahwa kadang kala ada sesuatu yang tidak / kurang terang dalam suatu materi bacaan, kemudian menyidik apakah kita sanggup memahaminya sesudah mengusahakannya dengan membaca berulang-ualang dan mendalam.
Tulisan sebelumnya perihal Pembelajaran Resiprokal (Pembelajaran Timbal Balik) :
Prosedur Harian Pembelajaran Resiprokal (Pembelajaran Timbal Balik)Pembelajaran Resiprokal (Pembelajaran Timbal Balik)
0 Response to "Langkah-Langkah Pembelajaran Resiprokal"
Posting Komentar