Klasifikasi Model-Model Pembelajaran Yang Didasarkan Pada Teori Pemrosesan Informasi

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Setelah libur Idul Fitri, blog sederhana http://penelitiantindakankelas.blogspot.com kembali mencoba mengangkat goresan pena wacana model-model pembelajaran. Kali ini yang coba dibahas yakni klasifikasi model-model pembelajaran / model pengajaran yang didasarkan pada Teori Pemrosesan Informasi (Information-Processing Theory).

Teori Pemrosesan Informasi (Information-Processing Theory)

Baik, sebelum kita mulai ada baiknya kita tahu dulu apa itu Teori Pemrosesan Informasi. Teori wacana pemrosesan gosip muncul dikala adanya kekurangpuasan terhadap Teori Behaviorisme / Teori Behavioristik (Teori Tingkah Laku). Para Bersama berkembangnya teori ini, muncul pula istilah psikologi pemrosesan informasi.ahli behaviorisme mendeskripsikan berguru sebagai "pengkondisian" atau "stimulus-respon". Contohnya, pertanyaan yang dilontarkan oleh guru merupakan "stimulus" dan suatu tanggapan yang diingat oleh siswa yakni "respon". Ketidakpuasan terhadap Teori Behaviorisme muncul dikala siswa dianggap pasif secara mental, padahal pada kenyataannya mereka harus merestrukturisasi (merekonstruksi) gosip yang mereka peroleh supaya sanggup bertahan di memori mereka. Karena itu, para jago psikologi ini lalu beranggapan bahwa yang paling penting bukanlah "stimulus" dan, atau "respon" itu, melainkan justru proses yang terjadi secara mental untuk menciptakan gosip itu menempel di dalam sistem memori. Nah, inilah yang menjadi cikal bakal Teori Pemrosesan Informasi (Information-Processing Theory).

Klasifikasi Model Pembelajaran

Oke, kembali ke judul, bahwa kali ini kami akan menuliskan wacana klasifikasi model-model pembelajaran/ model pengajaran yang didasarkan pada Teori Pemrosesan Informasi. Klasifikasi tersebut yakni sebagai berikut, sebagaima yang ditulis Eggen dan Kauchak, 1996 dalam bukunya Strategies for Teachers:
Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi:
1. Inductive Models (Model-Model Pembelajaran /Model-Model Pengajaran Induktif), misalnya:
  • Model Pembelajaran Induktif (The Inductive Model)
  • Model Penguasaan Konsep (The Concept Attainment Model)
  • Model Pembelajaran Integratif (The Integrative Model)
2. Deductive Models (Model-Model Pembelajaran /Model-Model Pengajaran Deduktif), misalnya:
  • Model Pengajaran Langsung untuk Mengajarkan Keterampilan Prosedural (Direct Instruction Procedural Skills Model)
  • Model Pengajaran Langsung bentuk Ceramah atau Diskusi (Direct Instruction Lecture Discussion Model)
 kembali mencoba mengangkat goresan pena wacana model Klasifikasi Model-Model Pembelajaran yang Didasarkan pada Teori Pemrosesan Informasi
Teori Pemrosesan Informasi

3. Inquiry Models (Model-Model Pembelajaran /Model-Model Pengajaran Inkuiri), misalnya:
  • Model Pembelajaran Inkuiri-Umum (The General Inquiry Model)
  • Model Pembelajaran Inkuiri-Suchman (The Suchman Inquiry Model)
4. Cooperative Models (Model-Model Pembelajaran Kooperatif), misalnya:
  • STAD (Student Teams Achievement Divisions)
  • Jigsaw II
Demikian pembagian terstruktur mengenai model-model pembelajaran berbasis Teori Pemrosesan Informasi berdasarkan Kauchak dan Eggen (1996), di mana model-model pembelajaran tersebut kesemuanya dirancang untuk membantu siswa mempelajari bahan bimbing sekaligus melatihkan keterampilan-keterampilan berpikir (thinking skills), khususnya keterampilan berpikir pada tingkat tinggi (higher order thinking skills), dibawah instruksi dan pertolongan guru.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Klasifikasi Model-Model Pembelajaran Yang Didasarkan Pada Teori Pemrosesan Informasi"

Posting Komentar