ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengelolaan Kelas |
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengelolaan Kelas
Saat melaksanakan administrasi kelas (pengelolaan kelas), guru harus memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh. Kedua faktor ini amat memilih keberhasilan guru dalam melaksanakan administrasi kelas. Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi proses administrasi kelas (pengelolaan kelas) yang dilakukan guru sanggup dibedakan ke dalam 2 golongan yaitu:
- Faktor internal siswa
- Faktor eksternal siswa
Faktor internal siswa
Faktor internal siswa ialah faktor-faktor yang berafiliasi dengan duduk perkara emosi, pikiran, dan sikap yang ada di dalam diri masing-masing siswa yang ada di kelas yang bersangkutan.- Setiap siswa memiliki keadaan emosi yang berbeda-beda, bahkan pada setiap diri siswa pada waktu-waktu yang berbeda. Berbagai faktor lain sanggup mempengaruhi bagaimana emosi siswa ketika pembelajaran berlangsung. Penting sekali untuk memelihara emosi nyata setiap siswa ketika pembelajaran berlangsung.
- Pikiran setiap siswa pun demikian. Pada suatu waktu mereka bisa saja sangat terkonsentrasi untuk belajar, sedangkan pada waktu lain mereka sulit sekali berkonsentrasi. Pikiran siswa bisa saja pergi ke daerah lain atau ke hal-hal lain di luar proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk menciptakan pikiran siswa aman untuk berguru sangatlah penting. Beragam taktik dan metode pembelajaran yang bervariasi sanggup membantu siswa mengarahkan pikirannya untuk berguru secara optimal.
- Perilaku dan kepribadian siswa dengan ciri-ciri khasnya masing-masing menimbulkan siswa berbeda dari siswa lainnya sacara individual. Kita tahu, tidak akan ada siswa yang memiliki karakteristik atau kepribadian yang sama. Perbedaan sacara individual ini dilihat dari segi aspek yaitu perbedaan biologis, intelektual, dan psikologis.
Faktor Eksternal Siswa
Faktor eksternal siswa ialah faktor-faktor yang berafiliasi dengan duduk perkara di luar diri masing-masing siswa. Beberapa faktor yang tergolong ke dalam faktor eksternal antara lain suasana lingkungan belajar, penempatan siswa, pengelompokan siswa, jumlah siswa, dan sebagainya.- Suasana lingkungan berguru (ruang kelas atau daerah lainnya yang dipakai untuk belajar) haruslah aman sehingga mendukung berlangsungnya proses pembelajaran secara efektif. Ventilasi udara di ruang kelas memungkinkan pertukaran udara dan tidak menciptakan kelas menjadi gerah. Keributan di sekitar daerah berguru juga sanggup mengganggu konsentrasi mereka dalam belajar.
- Selain itu, setiap siswa perlu diatur penempatannya (terutama untuk siswa kelas rendah atau sekolah dasar), di mana siswa yang secara fisik lebih kecil mungkin sebaiknya duduk di dingklik depan, demikian juga untuk siswa yang memiliki kendala dalam hal indera pendengaran atau penglihatan. Ini dimaksudkan untuk membantu siswa-siswa tersebut untuk lebih gampang mendapatkan info atau mendengarkan dan melihat apa yang dilakukan di depan kelas baik oleh siswa maupun guru. Jangan hingga pandangan atau indera pendengaran mereka terbatasi oleh daerah duduk yang letaknya tidak diadaptasi dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
- Selanjutnya, di dalam kelas seringkali juga dilakukan pembelajaran dengan setting kelompok. Guru memfasilitasi pembentukan kelompok-kelompok berguru secara sedemikian rupa sehingga masing-masing siswa mendapatkan pilihan terbaik untuk pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pengelompokkan siswa yang kurang sempurna sanggup menimbulkan duduk perkara sehingga sanggup mengganggu atau menyulitkan administrasi (pengelolaan) kelas.
- Masalah jumlah siswa di kelas akan mewarnai dinamika kelas. Semakin banyak jumlah siswa di kelas, contohnya dua puluh orang ke atas akan cenderung lebih gampang terjadi konflik. Sebaliknya semakin sedikit jumlah siswa di kelas cenderung lebih kecil terjadi konflik.
0 Response to "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengelolaan Kelas"
Posting Komentar