Tujuan Administrasi Kelas (Pengelolaan Kelas)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
 Sebelumnyadi blog kesayangan kita ini telah dibahas wacana pengertian administrasi kelas da Tujuan Manajemen Kelas (Pengelolaan Kelas)
Tujuan Manajemen Kelas

Tujuan Manajemen Kelas

Sebelumnyadi blog kesayangan kita ini telah dibahas wacana pengertian administrasi kelas dan juga administrasi kelas dalam kaitannya dengan guru. Masih melanjutkan seri wacana administrasi kelas ini, kali ini akan diuraikan mengenai apa saja tujuan-tujuan administrasi kelas yang dilakukan oleh seorang guru.

Setiap guru yang melaksanakan fungsi administrasi di dalam kelasnya tentu mempunyai tujuan-tujuan khusus yang bermuara pada terciptanya kondisi berguru yang ideal selama proses pembelajaran berlangsung. Secara khusus tujuan-tujuan administrasi kelas antara lain:

  • Membuat siswa berguru semaksimal mungkin sesuai potensi yang dipunyainya

Setiap guru harus menyadari bahwa semua siswa mempunyai potensi berguru yang berbeda-beda. Tugas guru yakni mengoptimalkan potensi yang mereka miliki sehingga dengan pembelajaran yang siswa lakukan, mereka sanggup berguru sebaik-baiknya. Manajemen kelas yang baik dan efektif memungkin proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan memungkinkan siswa memakai semaksimal mungkin potensi yang mereka miliki. Adalah sebuah kerugian yang besar bila dalam pelaksanaan pengajaran, siswa tidak berguru secara maksimal lantaran adanya hambatan-hambatan berguru yang diakibatkan lantaran lemahnya administrasi kelas yang dilakukan oleh guru.
  • Menghilangkan atau mereduksi hambatan-hambatan pembelajaran

Manajemen kelas yang baik akan sanggup menghilangkan atau paling tidak mereduksi (mengurangi) hambatan-hambatan berguru yang selalu akan muncul selama proses pembelajaran berlangsung. Proses pembelajaran sanggup terhambat oleh bermacam-macam sebab. Di dalam sebuah kelas misalnya, kendala bisa saja muncul dari salah satu siswa
yang mungkin menciptakan keributan sehingga mengganggu proses pembelajaran seluruh siswa di kelas itu. Guru yang handal akan sanggup memanajemen hal ini sehingga kendala yang muncul lantaran keributan atau gangguan tersebut tidak berlangsung hingga parah, atau bahkan sanggup dihindarkan muncul ketika semua siswa aktif belajar.

  • Pengaturan lingkungan fisik, sosial dan emosional sehingga siswa sanggup mendukung berguru siswa

Dalam melaksanakan administrasi kelas, seorang guru harus sanggup mengelola banyak hal. Salah satu hal penting yang berkaitan dan kuat dalam administrasi kelas yakni lingkungan berguru siswa. Lingkungan berguru siswa pada suatu kelas sanggup berupa lingkungan fisik menyerupai bagaimana susunan meja dan kursi, letak papan tulis, letak alat dan bahan, hingga sumber pembelajaran. Selain itu lingkungan sosial dan emosional juga merupakan hal yang amat penting dalam memanajemen kelas. Bagaimana tingkah laris guru di kelasnya akan membentuk atmosfer yang khas. Seharusnya atmosfer yang tercipta yakni atmosfer yang mendukung proses pembelajaran berlangsung efektif. Guru yang ramah, terbuka, dan tanggap terhadap kebutuhan siswanya dan segera memfasilitasi hal-hal pada tempatnya akan sanggup membentuk lingkungan sosial emosional yang aman untuk pengajarannya dan proses pembelajaran anak.
  • Membimbing siswa menurut karakteristik dan kebutuhan mereka masing-masing

Siswa tiba dari bermacam-macam jenis keluarga. Mereka tinggal di lingkungan yang berbeda. Mereka terlahir dari ayah dan ibu yang berbeda, sehingga semua perbedaan itu membentuk karakteristik yang unik pada diri setiap siswa. Ini berarti bahwa tidak ada siswa yang identik. Semuanya berbeda-beda, dan guru harus bisa memenuhi kebutuhan mereka semua dalam kaitan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Menyelami karakteristik setiap siswa akan sanggup membawa guru untuk mengerti apa sebenarnya kebutuhan berguru mereka masing-masing. Manajemen kelas yang dilakukan guru seharusnya akan membantu guru untuk tujuan pemenuhan kebutuhan masing-masing siswa yang berkarakteristik unik ini.

Demikian goresan pena tentang  tujuan administrasi kelas yang dilakukan oleh seorang guru dari blog penelitian tindakan kelas dan model-model pembelajaran. Pada goresan pena berikutnya, mudah-mudahan kita masih diluangkan waktu dan kesempatan untuk melanjutkan pembahasan mengenai administrasi kelas ini.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Tujuan Administrasi Kelas (Pengelolaan Kelas)"

Posting Komentar