Ciri-Ciri Kelas Dengan Suasana Nyata Yang Mendukung Pembelajaran

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Tinjauan Umum Ciri-Ciri Kelas dengan Suasana Positif Yang Mendukung Pembelajaran

Pada goresan pena sebelumnya, blog cara untuk membuat suasana positif dalam kelas. Sebagaimana semua guru telah ketahui dan maklumi, kelas dengan suasana positif sangat penting bagi pembelajaran. Kelas semacam ini akan menawarkan perasaan yang nyaman bagi siapapun yang berada di dalamnya: semua siswa yang sedang berguru dan guru yang sedang mengajar. Kelas dengan suasana positif ini memiliki ciri-ciri khusus, yang sekilas saja kita bisa merasakannya. Ciri-ciri khusus ini bukan menyerupai ruangan sejuk ber-AC, meja guru dan siswa yang bening  dan licin, atau lantai ubin yang mengilap .

Ciri-ciri kelas dengan suasana positif

Lalu, apa saja ciri-ciri kelas dengan suasana positif yang mendukung untuk pembelajaran ini? Berikut beberapa di antaranya:

Senyum dan jabat tangan.

Mungkin anda tersenyum ketika membacanya: Senyum dan jabat tangan. Seberapa pentingkah ini? Tentu saja sangat penting. Adanya senyum dan keramahtamahan serta jabat tangan memperlihatkan bahwa kelas tersebut secara emosional berada dalam kondisi baik. Pembelajaran akan sangat membutuhkan suasana emosional yang baik, sehingga sanggup berjalan menuju tujuan yang ingin dicapai.

Hubungan positif. 

Aspek penting lain yang memperlihatkan bahwa sebuah kelas memiliki suasana positif ialah adanya hubungan positif antar komponen atau anggota kelas, termasuk guru. Siswa akan merasa sangat nyaman apabila guru memperlihatkan bahwa beliau yakin siswa bisa berguru sesuai harapannya. Demikian pula guru, akan menjadi lebih merasa nyaman, apabila siswa tampak antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Fokus terhadap pembelajaran. 

Suasana kelas yang baik juga sanggup dilihat dari bagaimana siswa memfokuskan diri pada acara pembelajaran. Apabila seluruh komponen kelas bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran, maka pencapaian tujuan pembelajaran ialah hal yang amat gampang untuk diperoleh.

Kesalahan dalam berguru ialah hal lumrah. 

Berapa banyak siswa yang menyoraki siswa lain apabila beliau melaksanakan kesalahan dalam berguru di kelas Anda? Perlu dicatat, kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam berguru ialah hal yang amat lumrah dan manusiawi. Apabila sebuah kelas justru mempermalukan siswa yang sedang belajar, maka sanggup dipastikan bahwa kelas tersebut bukanlah daerah yang nyaman untuk belajar.

Tertantang dan didukung untuk berbagi intelektualitas. 

Apakah siswa di dalam kelas tampak tertantang dengan kiprah yang diberikan? Apakah guru menawarkan derma untuk berbagi intelektualitas? Sebuah kelas dengansuasana positif akan memperlihatkan betapa tertantang dan bersemangatnya siswa mengerjakan tugas-tugas berguru yang diberikan.

Disiplin. 

Disiplin ialah sebuah kunci menuju keberhasilan. Jika sebuah kelas memperlihatkan terbentuknya disiplin secara konkret dalam setiap detik waktu pembelajaran, maka sanggup keberhasilan pembelajaran hanya langkah kecil yang harus dicapai.

Kolaborasi. 

Tampakkah kerja sama antara siswa di dalam kelas? Kolaborasi memungkinkan mereka secara bersama mencapai tujuan pembelajaran. Siswa yang satu saling bantu dengan siswa yang lain. Tujuan pembelajaran akan lebih dicapai, kalau kelas memperlihatkan adanya kerja sama yang nyata.

Kegembiraan. 

Belajar dengan hati duka atau keterpaksaan? Tentu bisa dibayangkan bagaimana hasilnya. Buatlah kegembiraan senantiasa hadir di dalam kelas untuk membuat suasana positif. Kelas yang di dalam penuh dengan siswa-siswa berhati riang akan lebih gampang belajar. Bukankah demikian?

    ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

    0 Response to "Ciri-Ciri Kelas Dengan Suasana Nyata Yang Mendukung Pembelajaran"

    Posting Komentar