ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Ciri-Ciri dan Keuntungan Penerapan Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang dilakukan melalui penggunaan “tema” sebagai pemersatu, sebagai sentra perhatian yang dipergunakan untuk memahami tanda-tanda dan konsep. Pembelajaran Tematik dilaksanakan dengan memakai prinsip pembelajaran terpadu dari beberapa mata pelajaran melalui tema sebagai pemersatu. Dengan demikian, maka pembelajaran terpadu berorientasi pada praktek berguru yang melibatkan beberapa mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan anak (peserta didik). Melalui pembelajaran tematik terpadu maka akan terjadi perakitan dan penggabungan beberapa mata pelajaran yang berbeda dengan cita-cita anak akan berguru lebih baik dan bermakna.
Ciri khas pembelajaran tematik
Adapun beberapa ciri khas pembelajaran tematik jikalau ditinjau dari aspek siswa (peserta didik), yaitu:Pengalaman dan acara berguru sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia sekolah dasar (SD).
- Kegiatan-kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
- Kegiatan berguru akan lebih bermakna dan berkesan bagi siswa sehingga hasil berguru sanggup bertahan lebih lama.
- Membantu berbagi keterampilan berpikir siswa.
- Mengembangkan keterampilan sosial siswa, menyerupai kerjasama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
- Berpusat pada anak (siswa).
- Memberikan pengalaman pribadi kepada anak (peserta didik).
- Pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak.
- Menyajikan konsep dari beberapa mata pelajaran dalam satu PBM.
- Bersifat luwes sehingga memungkinkan kreativitas anak dan guru berkembang.
- Hasil pembelajaran sanggup berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan penerima didik.
Keuntungan Menerapkan Pembelajaran Tematik Di SD
Ada beberapa laba yang sanggup diperoleh dengan pengimplementasian pembelajaran tematik di SD (sekolah dasar) bila kita tinjau dari aspek siswa dan guru, yaitu:- Siswa gampang memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu.
- Siswa bisa mempelajari pengetahuan dan berbagi banyak sekali
- Kompetensi dasar antar matapelajaran yang dipelajari siswa berada dalam tema yang sama.
- Pemahaman siswa terhadap bahan pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
- Kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa sanggup dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa.
- Siswa bisa lebih mencicipi manfaat dan makna berguru lantaran bahan disajikan dalam konteks tema yang jelas.
- Siswa lebih garang berguru lantaran sanggup berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk berbagi suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari mata pelajaran lain.
- Guru sanggup menghemat waktu lantaran mata pelajaran yang disajikan sanggup dipersiapkaan sekaligus. Dengan menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi mata pelajaran akan terjadi penghematan, lantaran tumpang tindih bahan sanggup dikurangi bahkan dihilangkan.
- Siswa bisa melihat hubungan-hubungan yang bermakna lantaran isi/materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan tujuan akhir.
- Pembelajaran menjadi utuh sehingga siswa akan menerima pengertian mengenai proses dan bahan yang tidak terpecah-pecah.
- Dengan adanya pemaduan antar mata pelajaran maka sanggup diperlukan penguasaan konsep oleh siswa akan semakin baik dan meningkat.
- Memberikan pengalaman dan KBM yg relevan dg tingkat perkembangan dan kebutuhan anak
- Menyenangkan, lantaran bertolak dari minat dan kebutuhan anak
- Hasil berguru sanggup bertahan usang lantaran lebih berkesan dan bermakna
- Mengembangkan keterampilan berpikir anak sesuai dengan permasalahan yg dihadapi
- Menumbuhkan keterampilan sosial dalam bekerjasama
- Memiliki perilaku toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain
- Menyajikan acara yang bersifat pragmatis sesuai dg permasalahan yg ditemui
0 Response to "Ciri-Ciri Dan Laba Pembelajaran Tematik"
Posting Komentar