15 Tips Menjaga Biar Siswa Tetap Fokus Pada Pembelajaran

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Tips Menjaga Agar Siswa Tetap Memperhatikan Pembelajaran 15 Tips Menjaga Agar Siswa Tetap Fokus Pada Pembelajaran

Tips Menjaga Agar Siswa Tetap Fokus Pada Pembelajaran


Pernahkah siswa anda ribut dan sama sekali tidak memperhatikan pembelajaran di kelas anda? Kalau pernah mengalaminya, anda niscaya merasa kesal sekali bukan? Berikut ini blog perhatian siswa pada pembelajaran, tetapi dikaitkan dengan aspek perencanaan. Nah kali ini, tips yang diberikan lebih berkaitan dengan aspek pelaksanaan pembelajaran di kelas. Mari kita simak bersama-sama.

15 Tips Menjaga Agar Siswa Tetap Fokus Pada Pembelajaran

Berikut ini akan dibeberkan 15 buah tips yang sanggup anda coba gunakan ketika mengajar di kelas anda, sehingga siswa tetap berfokus dan memperhatikan pembelajaran yang sedang anda lakukan.

Tips 1. Pancing ketertarikan siswa dengan kisah singkat

Siapa yang tidak suka mendengar cerita? Siswa anda niscaya suka. Itu yakni human nature. Sudah dari sononya. Nah, apabila anda mengajar, selipkan kisah singkat yang bekerjasama dengan pembelajaran anda. Cerita yang diberikan tentu bukan asal cerita, melainkan kisah yang ada kaitannya dengan pembelajaran anda. Cerita ini sanggup dipakai sebagai salah satu bentuk menawarkan jeda (berhubungan dengan tips nomor 13 di bawah). Cerita disajikan secara menarik sehingga perhatian siswa yang mulai kendur terhadap anda dan pembelajaran anda sanggup dikembalikan menyerupai semula.

Tips 2. Ajukan pertanyaan yang bersifat open ended

Pertanyaan sanggup membantu bawah umur atau siswa berpikir. Agar semua siswa sanggup berpikir dan menjawabnya, berikanlah pertanyaan yang bersifat open ended (terbuka). Pertanyaan semacam ini akan sanggup melibatkan semua siswa untuk menjawabnya, alasannya siswa akan memakai pemikiran dan beropini perihal hal ikhwal yang dipertanyakan melalui pertanyaan open ended tersebut.

Tips 3. Berikan hanya satu macam kiprah pada suatu sesi pembelajaran

Beberapa siswa mungkin sanggup menghandel beberapa kiprah sekaligus dan memanajemennya dengan baik selama aktivitas pembelajaran dilaksanakan. Akan tetapi sebagian besar siswa bergotong-royong kesulitan melaksanakan kiprah yang lebih dari satu. Jika semua kiprah (lebih dari satu) yakni sasaran yang memang harus dipenuhi dalam pembelajaran anda hari itu, buatlah kiprah itu sedemikian rupa sehingga sanggup dibagi-bagi menjadi sub-sub kiprah yang sanggup dikerjakan pada beberapa sekuen (sesi) pembelajaran pada hari itu dan mereka akan sanggup menyelsaikannya satu per satu.

Tips 4. Berikan aba-aba yang terang untuk mengerjakan tugas

Beberapa guru seringkali menganggap suatu kiprah gampang dikerjakan walaupun hanya dengan petunjuk singkat pada lembar kerja.pada kenyataannya, siswa seringkali tidak mengerti apa maksus dari petunjuk yang diberikan pada kiprah tersebut. Karena itu, mengkonfirmasi apakah mereka memahami dengan terang apa yang ditugaskan kepada mereka sangat penting. Dan, yang jauh lebih penting lagi, siswa seringkali membutuhkan klarifikasi dan aba-aba pelengkap perihal kiprah yang dikerjakan. Lakukan ini sebaik-baiknya biar jangan hingga waktu siswa untuk mengerjakan kiprah terbuang sia-sia atau menciptakan mereka berada dalam kebingungan untuk beberapa waktu.

Tips 5. Lakukan kontak pandang

Saat siswa-siswa mulai mengendur perhatian terhadap pembelajaran. Gunakan kontak pandang kepada setiap siswa anda. Terutama ketika anda berbicara kepada mereka secara terarah (individual, siswa tertentu)ataupun ketika anda berbicara kepada seluruh kelas. Sapukan pandangan mata anda secara bergantian dan berputar ke seluruh bab kelas, ke seluruh siswa anda sedemikian rupa sehingga mereka merasa diajak berbicara. Bila mereka merasa sedang diajak berbicara, maka mereka akan mendengarkan anda.

Tips 6. Berkelilinglah ke seluruh bab kelas

Beberapa guru mempunyai tipe kurang dinamis dalam pergerakan di dalam kelasnya. Guru-guru model ini cenderung lebih banyak bangkit di depan atau duduk di kursinya sambil mengajar. Ini bukan guru yang baik apabila ingin dengan gampang menjaga perhatian siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung. Cara yang terbaik adalah, guru harus berkeliling ke seluruh bab kelas. Apabila mereka sedang mengerjakan tugas, guru lebih-lebih lagi harus berkeliling. Ia harus mengecek bagaimana siswa mengerjakan kiprah itu. Mereka mungkin saja memerlukan bantuan, memerlukan tanggapan, atau memerlukan konfirmasi dari anda.

Tips 7. Sesekali berbicaralah dari arah pojok bab belakang kelas

Sebenarnya masih terkait dengan tips nomor 6 di atas, guru selama berkeliling ke seluruh bab kelas sanggup berbicara kepada seluruh anggota kelas secara kelas dari bab kelas manapun. Tidak harus selalu berbicara dari arah depan kelas. Justru dengan cara ini beberapa siswa yang mungkin terfokus untuk selalu memandang ke arah depan kelas akan sanggup berganti posisi dan menciptakan mereka sedikit rileks dan tidak cepat lelah.

Tips 8. Gunakan teknik pemusatan

Saat suasana kelas sedang ribut atau ketika mereka asyik mengerjakan kiprah tertentu, tetapi anda perlu untuk mengutarakan sesuatu kepada semuanya, maka anda sanggup memakai teknik pemusatan. Bagaimana teknik ini digunakan? Praktis sekali. Anda sanggup bertepuk tangan 3 kali keras-keras, mengetukkan benda keras ke papan tulis hingga suaranya cukup keras untuk mengejutkan mereka, atau cara-cara lain yang serupa sehingga mereka menghentikan aktivitas mereka (keributan atau mengerjakan tugas) secara bersamaan dan segera perhatian mereka terpusat kepada anda dan pembelajaran anda.

Tips 9. Tuliskan kata-kata kunci pembelajaran anda di papan tulis

Saat anda mempresentasikan suatu bahan pembelajaran, siswa harus fokus pada kata-kata kunci penting dalam bahan pembelajarana itu. Untuk memudahkan mereka mengenali dan memperhatikan apa saja warta terkait kata-kata kunci itu, maka anda sanggup menuliskannya di papan tulis dalam ukuran yang cukup besar bila dibandingkan goresan pena anda lainnya.

Tips 10. Variasikan intonasi, volume, mimik, dan gesture anda ketika berbicara

Saat berbicara atau bercerita, gunakanlah keterampilan berkomunikasi anda sebagai guru. Gunakan intonasi, volume suara, mimik, dan gesture yang sesuai sehingga  penampilan anda menjadi lebih menarik.

Tips 11. Gunakan warna pada goresan pena anda di papan tulis

Saat menuliskan sesuatu di papan tulis, gunakan spidol berwarna-warni. Tetapi ingat, warna-warna yang dipakai harus tetap cukup terang untuk dilihat oleh seluruh siswa di kelas anda, di bab manapun ia duduk. Gunakan warna-warna tertentu untuk pemfokusan bagian-bagian penting atau untuk memperlihatkan alur proses-proses berpikir atau cara menuntaskan soal (tugas) yang digunakan.

Tips 12. Hapus tulisan-tulisan sesi pembelajaran anda sebelumnya

Jangan biarkan papan tulis anda penuh. Beberapa guru seringkali terkesan malas menghapus papan tulis dan rela menuliskan hal-hal penting pada bagian-bagian menyerupai di pinggir atau pojok bawah papan tulis. Sungguh, papan tulis sesekali perlu dihapus. Bahkan jeda anda ketika menghapus papan tulis sanggup memfokuskan perhatian siswa anda. Papan tulis yang terlalu penuh akan menyulitkan anda meletakkan tulisan-tulisan penting. Bisa juga, tulisan-tulisan yang ada sebelumnya dari sekuens pembelajaran anda akan mengganggu dan membuyarkan perhatian siswa anda akan apa yang akan atau gres saja anda tulis di papan tulis.

Tips 13. Jika anda memakai power point, beri jeda presentasi anda dengan teknik lain

Saat ini penggunaan power point dengan slide-slidenya sudah lumrah dalam pembelajaran-pembelajaran di sekolah kita. Ada guru yang bahkan setiap hari memakai power point untuk pembelajaran. Ini kadang menjadi ironi ketika guru melupakan bahwa di kelas terdapat papan tulis, atau sesekali ia perlu mematikan koneksi antara laptopnya dengan in focus biar siswa sanggup memperoleh jeda dan variasi. Siswa tidak akan selama 2 x 40 menit memelototi layar dan power point anda. Sebagus apapun slide-slide yang anda punya. Kaprikornus berilah jeda. Anda sanggup berkeliling kelas, memutuskan koneksi laptop sehingga layar menjadi blank, atau bercerita, untuk menawarkan jeda.

Tips 14. Berikan penghargaan kepada siswa-siswa dan seluruh siswa di dalam kelas anda

Berikan tepuk tangan atau kata-kata yang membesarkan hati mereka ketika siswa melaksanakan tugasnya dan mengikuti pembelajaran anda dengan baik. Ini penting untuk memperlihatkan bahwa anda bahagia sekali alasannya mereka telah berperilaku demikian. Selanjutnya, percayalah mereka akan selalu mengikuti presentasi anda dan mengerjakan tugas-tugas berikutnya dengan riang.

Tips 15. Tunjukkan kesabaran dan ketulusan anda

Siswa yakni bawah umur atau remaja. Sifat dasar mereka yakni bermain-main. Dan, bila dalam pembelajaran anda mereka terkesan bosan, tidak memperhatikan, maka anda harus bersabar. Tunjukkan bahwa anda nrimo ingin biar mereka mengikuti pembelajaran dengan baik untuk kepentingan mereka sendiri. Bukan untuk orang lain. Kesabaran anda yang nrimo akan membukakan mata hati mereka (siswa-siswa anda) bahwa mereka harus fokus pada pembelajaran yang anda sajikan, bahkan sejelek dan semembosankan apapun penyajian pembelajaran anda.

Demikian tips Menjaga Agar Siswa Tetap Fokus Pada Pembelajaran dari blog penelitian tindakan kelas dan model-model pembelajaran kali ini. Semoga bermanfaat.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "15 Tips Menjaga Biar Siswa Tetap Fokus Pada Pembelajaran"

Posting Komentar