ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Melanjutkan artikel-artikel ihwal teori penelitian, kali ini blog Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran akan menyuguhkan pemikiran Wina Sanjaya yang merupakan guru besar dalam bidang kurikulum dan pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia ihwal tema atau area penelitian ilmiah di bidang pendidikan. Yuk disimak.Tema atau Area Penelitian Di Bidang Pendidikan
Menurut Wina Sanjaya dalam bukunya yang berjudul Penelitian Pendidikan- Jenis, Metode dan Prosedur yang diterbitkan oleh Kencana Prenada Media Group tahun 2013, tema atau area yang sanggup digarap pada penelitian pendidikan sanggup dilihat dari banyak sekali aspek yaitu: (1) sistem pendidikan; (2) input; (3) proses; (4) output; (5) tri sentra pendidikan; (6) bidang pendidikan; dan (7) mata pelajaran/bidang studi.Sistem Pendidikan
Bila dilihat dari aspek yang pertama yakni sistem pendidikan, maka kita sanggup melihat bahwa pendidikan terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Komponen-komponen sistem pendidikan tersebut mencakup input, proses, dan output. Sistem pendidikan sendiri digambarkan sebagai sketsa berikut:Skema sistem pendidikan |
Input
Jika diurai menyerupai sketsa sistem pendidikan, maka tema atau area penelitian dari komponen input sendiri sanggup dibedakan menjadi: (1) siswa / mahasiswa / penerima didik; (2) guru / dosen / pengajar; (3) kurikulum yang dipakai; (4) sarana / prasarana / akomodasi pendidikan; (5) lingkungan belajar; (6) dsb.Proses
Penelitian pendidikan pada area proses sanggup dibedakan menjadi tema / area: (1) macam-macam taktik pembelajaran; (2) macam-macam model pembelajaran; (3) macam-macam media pembelajaran; (4) performa guru atau siswa / mahasiswa / penerima didik dalam acara berguru mengajar; (5) penerapan teori-teori pembelajaran; (6) administrasi dan pengelolaan kelas; (7) dsb.Output
Adapun penelitian pendidikan pada area output (keluaran) sanggup lagi dikelompokkan menjadi penelitian pendidian dalam hal : (1) performa lulusan suatu forum pendidikan / sekolah / universitas; (2) kinerja lulusan; (3) kesesuaian kemampuan lulusan dengan kompetensi yang diperlukan dikuasai oleh lulusan; (4) sistem penilaian yang digunakan; (5) majemuk alat / instrumen evaluasi; (6) dsb.Tri Pusat Pendidikan
Secara sudut pandang penyelenggaraan pendidikan, maka penelitian pendidikan sanggup dilakukan pada area atau tema: (1) pendidikan informal yakni pendidikan yang dilakukan di dalam keluarga; (2) pendidikan nonformal, yakni pendidikan yang penyelenggaraannya dilakukan oleh masyarakat; dan (3) pendidikan formal, yakni pendidikan persekolahan yang diselenggarakan oleh pemerintah.Bidang Pendidikan
Apabila kita meninjau penelitian pendidikan menurut bidang-bidang pendidikan itu sendiri, maka kita akan mendapati tema-tema atau area seperti: (1) kurikulum dan pembelajaran; (2) administrasi pendidikan; (3) psikologi pendidikan dan bimbingan konseling; (4) pendidikan luar sekolah; (5) pendidikan khusus; dan (6) pendidikan dasar dan pendidikan lanjutan.Mata Pelajaran/Bidang Studi
Penelitian pendidikan yang dilakukan bisa pula ditinjau menurut mata pelajaran / bidang studi, misalnya: (1) pendidikan budpekerti dan humaniora; (2) pendidikan IPS dan banyak sekali turunan / variasinya; (3) pendidikan MIPA dengan banyak sekali turunan dan variasinya; (4) pendidikan bahasa dengan banyak sekali variasi dan turunannya; (5) pendidikan olahraga dan kesehatan beserta variasi dan turunannya.Demikian posting blog Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran ihwal tema atau area penelitian ilmiah di bidang pendidikan. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Tema Atau Area Penelitian Di Bidang Pendidikan"
Posting Komentar