Pendekatan Scientific Dalam Implementasi Kurikulum 2013

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Beberapa waktu yang kemudian di blog apa dan bagaimana training implementasi kurikulum 2013. Kali ini isu terkait kurikulum 2013 kita lanjutkan dengan salah satu bahan penting dalam training tersebut wacana salah satu pendekatan pembelajaran yang harus dipakai dalam implementasi kurikulum 2013, yaitu pendekatan scientific (pendekatan ilmiah), mari kita simak.

Konsep Pendekatan Scientific dalam Kurikulum 2013


Pada penerapan (implementasi Kurikulum 2013) di lapangan (baca: sekolah), guru salah satunya harus memakai pendekatan ilmiah (scientific), sebab pendekatan ini lebih efektif hasilnya dibandingkan pendekatan tradisional.

Kriteria Pendekatan Scientific (Pendekatan Ilmiah)

Lalu bagaimanakah kriteria sebuah pendekatan pembelajaran sehingga sanggup dikatakan sebagai pendekatan ilmiah atau pendekatan scientific? Berikut ini tujuah (7) kriteria sebuah pendekatan pembelajaran sanggup dikatakan sebagai pembelajaran scientific, yaitu:
  1. Materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang sanggup dijelaskan dengan logika atau daypikir tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau cerita semata.
  2. Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau daypikir yang menyimpang dari alur berpikir logis.
  3. Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan sempurna dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan bahan pembelajaran.
  4. Mendorong dan menginspirasi siswa bisa berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari bahan pembelajaran.
  5. Mendorong dan menginspirasi siswa bisa memahami, menerapkan, dan membuatkan teladan berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon bahan pembelajaran.
  6. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang sanggup dipertanggungjawabkan.
  7. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya.

Langkah-Langkah Pembelajaran pada Pendekatan Scientific (Pendekatan Ilmiah)

apa dan bagaimana training implementasi kurikulum  Pendekatan Scientific dalam Implementasi Kurikulum 2013
pendekatan scientific dan 3 ranah yang disentuh
Proses pembelajaran yanag mengimplementasikan pendekatan scientific akan menyentuh tiga ranah, yaitu: perilaku (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor). Dengan proses pembelajaran yang demikian maka dibutuhkan hasil berguru melahirkan penerima didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Perhatikan diagram berikut.
Adapun klarifikasi dari diagram pendekatan pembelajaran scientific (pendekatan ilmiah) dengan menyentuh ketiga ranah tersebut sanggup dijelaskan sebagai berikut:
  • Ranah perilaku menggamit transformasi substansi atau bahan asuh biar penerima didik “tahu mengapa.”
  • Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau bahan asuh biar penerima didik “tahu bagaimana”.
  • Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau bahan asuh biar penerima didik “tahu apa.”
  • Hasil jadinya ialah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi insan yang baik  (soft skills) dan insan yang mempunyai kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari penerima didik yang mencakup aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu memakai pendekatan ilmiah.
  • Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud  mencakup mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran.
Langkah-langkah pembelajaran scientific meliputi:
apa dan bagaimana training implementasi kurikulum  Pendekatan Scientific dalam Implementasi Kurikulum 2013
Langkah-langkah pendekatan scientific

Pada goresan pena berikutnya, kita akan lebih dalam mengupas pendekatan scientific ini, jadi silakan tunggu artikel selanjutnya.
Download Presentasi Power Point mengenai Pendekatan Scientific dalam Implementasi Kurikulum 2013
Informasi lainnya wacana implementasi kurikulum 2013 yang sanggup anda baca, yaitu:

Demikian isu terbaru terkait training dan implementasi kurikulum 2013 yaitu wacana pendekatan scientific dalam penerapan kurikulum 2013 dari blog penelitian tindakan kelas. Semoga bermanfaat.
 
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pendekatan Scientific Dalam Implementasi Kurikulum 2013"

Posting Komentar