ADSENSE 336 x 280
Dalam menulis soal, penulis soal umumnya mempunyai kecenderungan untuk menulis soal-soal yang menuntut sikap ingatan alasannya gampang dalam penulisan soalnya dan bahan yang hendak ditanyakan juga gampang diperoleh secara pribadi dari buku pelajaran. Soal-soal yang mengukur ingatan kurang memberi dorongan kepada akseptor didik untuk berguru lebih ulet dalam mempersiapkan dirinya menjadi anggota masyarakat yang kreatif di masa depan. Oleh alasannya itu, akseptor didik perlu diberi soal-soal yang menuntut proses berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill ) sering juga disebut soal HOTS.
Dalam menyusun soal yang mengukur proses berpikir tingkat tinggi disajikan banyak sekali informasi, biasanya dalam stimulus. Stimulus sanggup berupa teks, gambar, grafik, tabel, dan lain sebagainya yang berisi informasi-informasi dari kehidupan nyata. Stimulus yang dipakai hendaknya menarik, artinya mendorong akseptor didik untuk membaca.
Berdasarkan informasi-informasi tersebut, akseptor didik diminta untuk:
● mentransfer isu tersebut dari satu konteks ke konteks lainnya● memproses dan menerapkan informasi
● melihat keterkaitan antara isu yang berbeda-beda
● memakai isu untuk menuntaskan masalah
● secara kritis mengkaji/menelaah wangsit atau gagasan dan informasi
Pada proses berpikir tingkat tinggi akseptor didik mengatakan pemahaman akan isu dan bernalar, bukan sekedar mengingat kembali atau recall. Pokok soal perlu memberi isu yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan tersebut dan akseptor didik mengatakan pemahaman terhadap wangsit dan isu dan/atau memanipulasi atau
memakai isu tersebut. Pertanyaan yang sifatnya higher order thinking tidak selalu harus lebih sulit, contohnya memilih arti dari kata yang sangat jarang dipakai belum termasuk HOT. Soal sulit bukan berarti higher order thinking, kecuali melibatkan logika untuk mencari arti kata dari suatu konteks atau stimulus. Pada prinsipnya higher order thinking yakni cara berpikir logis atau proses penalaran.
Dalam penilaian yang difokuskan pada higher order thinking meliputi:
● pertanyaan dan jawaban;● eksplorasi dan analisis;
● bernalar saat memperoleh informasi, bukan mengingatnya kembali;
● memecahkan, menilai, mengkritik dan menerjemahkan;
● proses kognitif yang diukur, antara lain analisis, sintesis, dan evaluasi;
● pada standar level kemampuan terdapat pada level 3 (reasoning).
Untuk menulis soal penalaran, penulis soal dituntut untuk sanggup memilih sikap yang hendak diukur dan uraian bahan yang akan dirumuskan menjadi stimulus dalam konteks tertentu sesuai dengan sikap yang diharapkan. Stimulus ini akan dijadikan dasar dalam menciptakan pertanyaan. Uraian bahan yang akan ditanyakan (yang sesuai untuk soal penalaran) tidak selalu tersedia di dalam buku pelajaran. Oleh alasannya itu, dalam penulisan soal penalaran, dibutuhkan penguasaan bahan dan kreativitas dalam penulisan soal. Karena soal ditulis mengacu pada indikator yang terdapat dalam kisi-kisi, rumusan indikator juga harus mengarah ke soal yang menuntut penalaran.
CONTOH SOAL HOTS
➢ Bahasa Indonesia
Cermati kutipan diskusi berikut!Handphone dan Anak-Anak
Handphone yakni salah satu alat teknologi yang bisa memudahkan insan dalam komunikasi. Hampir semua insan di dunia ini memakai Handphone termasuk anak–anak. Namun pertolongan handphone kepada anak–anak menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat.
Pihak yang kontra sangat menyayangkan pertolongan handphone kepada anak–anak, khususnya anak yang belum cukup umur. Mereka beropini bahwa handphone tersebut akan merusak masa kanak–kanak mereka yang seharusnya diisi dengan permaianan dan interaksi dengan sesama. Dengan hadirnya handphone, mereka akan semakin menjauh dari dunia mereka. Anak–anak akan menjadi pasif dan gampang terkena penyakit.
Kalimat solusi untuk permasalahan pada kutipan teks tersebut yakni ...
A. Memberikan handphone pada bawah umur bukanlah hal kecil yang perlu dibesar-besarkan alasannya kemajuan zaman sudah menghendaki hal demikian.
B. Anak-anak masih diperkenankan memakai handphone dengan syarat maksimalkan aplikasi
permainan, supaya mereka tetap bisa aktif.
C. Handphone bukanlah barang
ADSENSE Link Ads 200 x 90
berbahaya bagi bawah umur selama dalam penggunaannya masih
berada dalam pengawasan orang dewasa.
D. Ajari bawah umur wacana ancaman memakai handphone terhadap kesehatan biar mereka dapat
berhenti bermain handphone atas kesadaran sendiri.
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Terdapat solusi untuk meminimalisasi kebiasaan anak yang sibuk dengan ‘dunianya’ sendiri, yakni
tugas orang dewasa.
The Statue of Liberty was built by Fredrick Bartholdi. The French gave it to America as a gift in honour of the revolutions for freedom and liberty in both countries.
The monument was built out of copper plates that were put on a steel frame. Together with the concrete which it stands on the statue rises almost 100 metres into the sky. It shows a woman in a robe, wearing a crown with 7 spikes and holding a torch in her hand. In her left hand she holds a tablet with the inscription "July 4, 1776", the date of the Declaration of Independence.
What was the reason for the French give the Statue of Liberty to America?
A. America needed it to greet millions of immigrants.
B. French presented to American people as a present for their strugle.
C. French wanted to protect a lot of immigrants in new world.
D. French intended the Statue of Liberty as the representative of Europe.
Penjelasan:
Kunci jawaban, B. French honoured American struggle for freedom. Petunjuknya yakni seperti yang tertulis di teks, The French gave it to America as a gift in honour of the revolutions for freedom and liberty in both countries., yang berarti bangsa Prancis dengan bahagia hati membagi semangat
kebebasan dan kemerdekaan kepada bangsa Amerika yang merdeka dari kolonisasi kerajaan Inggris.
Pernyataan manakah yang sanggup menjelaskan penyebab tapai pada kelompok 2 tidak berhasil?
A. Wadah yang terbuka menjadikan masuknya basil yang mematikan ragi sehingga tidak
terjadi proses fermentasi pada singkong.
B. Wadah yang terbuka menjadikan suhu udara dalam wadah tidak stabil sehingga proses
fermentasi pada singkong terganggu.
C. Ragi yang berperan dalam proses fermentasi pada singkong tidak sanggup berkembang biak
dengan baik apabila ada oksigen yang masuk.
D. Ragi tidak bekerja dengan baik alasannya tidak ada daun epilog di atas tapai sehingga proses
fermentasi pada singkong tidak terjadi.
Kunci Jawaban: C
Pertanyaan 1
Ketika menciptakan kotak, manakah persegi yang akan dilem dengan potongan B?
A. Persegi 1
B. Persegi 2
C. Persegi 3
D. Persegi 4
Kunci Jawaban: B
Pertanyaan 2
Perusahaan tersebut juga ingin menciptakan kotak yang sanggup membungkus dua bola sabun sekaligus.
Bentuk datar dari kotak yang gres akan mempunyai teladan dasar yang sama menyerupai teladan sebelumnya.
Namun, beberapa persegi harus diubah menjadi persegi panjang dengan panjangnya dua kali lebarnya
dibandingkan dengan teladan asli.
Untuk kotak gres yang sanggup membungkus dua bola sabun, manakah dari persegi 1, 2, 3, 4, 5 atau 6
pada desain orisinil yang harus diubah menjadi persegi panjang?
Jawab:
Empat potongan persegi yang harus diubah menjadi persegi panjang yakni 1, 2, 4, 6 atau 1, 3, 5, 6 atau 2, 3, 4, 5
(tidak harus berurutan).
Demikian.
Sumber https://indrabayang.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280
dan
ADSENSE Link Ads 200 x 90
berada dalam pengawasan orang dewasa.
D. Ajari bawah umur wacana ancaman memakai handphone terhadap kesehatan biar mereka dapat
berhenti bermain handphone atas kesadaran sendiri.
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Terdapat solusi untuk meminimalisasi kebiasaan anak yang sibuk dengan ‘dunianya’ sendiri, yakni
tugas orang dewasa.
Bahasa Inggris
Every American is proud of the Statue of Liberty, a symbol of freedom. The Statue of Liberty, one of the largest ever built, stands on Liberty Island in New York Harbor and has greeted millions of American immigrants who have come from Europe to the New World.The Statue of Liberty was built by Fredrick Bartholdi. The French gave it to America as a gift in honour of the revolutions for freedom and liberty in both countries.
The monument was built out of copper plates that were put on a steel frame. Together with the concrete which it stands on the statue rises almost 100 metres into the sky. It shows a woman in a robe, wearing a crown with 7 spikes and holding a torch in her hand. In her left hand she holds a tablet with the inscription "July 4, 1776", the date of the Declaration of Independence.
What was the reason for the French give the Statue of Liberty to America?
A. America needed it to greet millions of immigrants.
B. French presented to American people as a present for their strugle.
C. French wanted to protect a lot of immigrants in new world.
D. French intended the Statue of Liberty as the representative of Europe.
Penjelasan:
Kunci jawaban, B. French honoured American struggle for freedom. Petunjuknya yakni seperti yang tertulis di teks, The French gave it to America as a gift in honour of the revolutions for freedom and liberty in both countries., yang berarti bangsa Prancis dengan bahagia hati membagi semangat
kebebasan dan kemerdekaan kepada bangsa Amerika yang merdeka dari kolonisasi kerajaan Inggris.
IPA – Biologi
Sekelompok akseptor didik kelas IX yang terbagi menjadi 2 kelompok melaksanakan percobaan pembuatan tapai singkong dengan mengikuti langkah-langkah berikut:- Mengupas singkong dan mencuci bersih
- Mengukus singkong hingga matang dan membiarkannya hingga dingin
- Menyusun singkong dalam sebuah wadah yang sudah dialasi daun pisang, menaburi dengan ragi, kemudian menutup dengan daun pisang di atasnya.
- Menutup wadah dengan rapat dan membiarkan selama 2 hari.
Pernyataan manakah yang sanggup menjelaskan penyebab tapai pada kelompok 2 tidak berhasil?
A. Wadah yang terbuka menjadikan masuknya basil yang mematikan ragi sehingga tidak
terjadi proses fermentasi pada singkong.
B. Wadah yang terbuka menjadikan suhu udara dalam wadah tidak stabil sehingga proses
fermentasi pada singkong terganggu.
C. Ragi yang berperan dalam proses fermentasi pada singkong tidak sanggup berkembang biak
dengan baik apabila ada oksigen yang masuk.
D. Ragi tidak bekerja dengan baik alasannya tidak ada daun epilog di atas tapai sehingga proses
fermentasi pada singkong tidak terjadi.
Kunci Jawaban: C
Pertanyaan 1
Ketika menciptakan kotak, manakah persegi yang akan dilem dengan potongan B?
A. Persegi 1
B. Persegi 2
C. Persegi 3
D. Persegi 4
Kunci Jawaban: B
Pertanyaan 2
Perusahaan tersebut juga ingin menciptakan kotak yang sanggup membungkus dua bola sabun sekaligus.
Bentuk datar dari kotak yang gres akan mempunyai teladan dasar yang sama menyerupai teladan sebelumnya.
Namun, beberapa persegi harus diubah menjadi persegi panjang dengan panjangnya dua kali lebarnya
dibandingkan dengan teladan asli.
Untuk kotak gres yang sanggup membungkus dua bola sabun, manakah dari persegi 1, 2, 3, 4, 5 atau 6
pada desain orisinil yang harus diubah menjadi persegi panjang?
Jawab:
Empat potongan persegi yang harus diubah menjadi persegi panjang yakni 1, 2, 4, 6 atau 1, 3, 5, 6 atau 2, 3, 4, 5
(tidak harus berurutan).
Demikian.
Sumber https://indrabayang.blogspot.com/
0 Response to "Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill Atau Hots)"
Posting Komentar