ADSENSE 336 x 280
Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ajar Operasi Hitung Campuran Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Sdn Babat Jerawat I Surabaya
Zuhrotul Komariyah dan, Soeparno
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Kampus Lidah Wetan
Sumber Jurnal:
Jurnal Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya Volume 10 No. 1 April 2010, halaman 63 - 73.Abstrak:
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap aneh dan imajinatif, sehingga dalam proses pembelajarannya guru dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran. Pada studi pendahuluan ditemukan permasalahan bahwa guru dalam mengajar hanya memakai buku teks, sehingga siswa mengalami kejenuhan dalam berguru matematika. Kondisi yang demikian berdampak pada hasil berguru siswa yang menurun, sehingga peneliti mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan media permainan kartu hitung .Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan media permainan kartu hitung dan untuk mengetahui adakah imbas yang signifikan antara pemanfaatan media permainan kartu hitung dengan peningkatan hasil berguru siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Babat Jerawat I Surabaya.Hasil dari analisis observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa proses pemanfaatan media permainan kartu hitung dengan sumber data guru diperoleh hasil sebesar 84%, kalau hasil tersebut dikonsultasikan dengan kriteria maka tergolong baik sekali. Untuk data hasil observasi proses pemanfaatan media permainan kartu hitung dengan sumber data siswa diperoleh hasil sebesar 82, 5 %, kalau hasil tersebut dikonsultasikan
ADSENSE Link Ads 200 x 90
dengan kriteria maka tergolong baik sekali. Sedangkan uji hasil tes diperoleh t hitung 14, 53 dengan db = 40 – 1 = 39 dan taraf signifikan 5 % maka diperoleh t tabel 2, 021. Dari perhitungan tersebut diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 14, 53 > 2, 021. Maka data ini mengatakan bahwa pemanfaatan media permainan kartu hitung sanggup meningkatkan hasil berguru siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi hitung gabungan kelas III SDN Babat Jerawat I Surabaya.
Terima kasih telah membaca blog model pembelajaran dan ptk ini. Salam.
ADSENSE 336 x 280
dan
ADSENSE Link Ads 200 x 90
Kata Kunci: Pemanfaatan media permainan kartu hitung, hasil belajar
1. Pendahuluan
Matematika merupakan pelajaran yang sangat sulit, meskipun ada yang menyenangi pelajaran itu. Segala cara dan perjuangan dilakukan untuk sanggup mewujudkan adanya pemahaman berguru yang baik pada mata pelajaran matematika. Banyak perjuangan yang dilakukan oleh orang bau tanah untuk membantu putra-putrinya semoga bisa menguasai operasi berhitung. Misalnya, mengikut sertakan putra-putrinya mengikuti bimbingan berguru di sekolah, mendatangkan guru privat di rumah, dan mengikutkan bimbingan di kawasan kursus. Agar siswa sanggup mendapatkan dan memahami operasi berhitung dengan baik, maka diharapkan perjuangan untuk menarik perhatian siswa, salah satunya yaitu dengan cara memanipulasi suasana pembelajaran dan media pembelajaran. Dengan menerapkan pembelajaran yang menarik maka siswa akan ulet dalam belajar, sehingga aktivitas berguru yang diharapkan akan muncul dan mencapai hasil yang baik pula.....................Baca selengkapnya makalah ini sebagaimana aslinya di sini.Terima kasih telah membaca blog model pembelajaran dan ptk ini. Salam.
0 Response to "Penelitian Pre Ekperimental Ihwal Pemanfaatan Media Kartu Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd"
Posting Komentar