Pembagian Ranah (Domain) Kognitif Berdasarkan Bloom

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Blog PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Model-Model Pembelajaran kali ini akan mengangkat bahasan yang mungkin sudah sangat dipahami oleh para pembaca yang budiman, yaitu perihal taksonomi Bloom pada ranah (domain) kognitif. Walaupun pembagian ranah tujuan pembelajaran dari aspek kognitif (intelektual) ini sudah dikenal umum,pada kenyataannya guru atau calon guru masih sering mengalami kesulitan dalam menuliskan tujuan pembelajaran dengan aneka macam variasi level (tingkatan).

Ranah (Domain) Kognitif Menurut Bloom (1956)

 kali ini akan mengangkat bahasan yang mungkin sudah sangat dipahami oleh para pembaca yan Pembagian Ranah (Domain) Kognitif Menurut Bloom
tingkatan (level) taksonomi Bloom pada ranah kognitif
Bloom pada tahun 1956, dalam bukunya yang berjudul Taxonomy of Educational Objectives. Handbook I : Cognitive Domain yang diterbitkan oleh McKey New York telah membagi ranah (domain) kognitif menjadi beberapa bagian. Berikut yakni penjelasannya.

Tujuan pembelajaran dalan ranah (domain) kognitif atau intelektual dibagi menjadi 6 tingkatan, dilambangkan dengan karakter C (cognitive). Secara umum, makin tinggi tingkatannya semakin rumit tujuan pembelajaran itu yaitu:

1. Tingkat (Level) Pengetahuan – C1

Pada level atau tingkatan terendah ini dimaksudkan sebagai kemampuan mengingat kembali bahan yang telah dipelajari, misalnya: (a) pengetahuan perihal istilah; (b) pengetahuan perihal fakta khusus; (c) pengetahuan perihal konvensi; (d) pengetahuan perihal kecendrungan dan urutan; (e) pengetahuan tentangklasifikasi dan kategori; (f) pengetahuan perihal kriteria; dan (g) pengetahuan perihal metodologi.

Kata Kerja Operasional Level C1

Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C1 (Cognitive 1 – Pengetahuan) antara lain:
  • mengutip
  • menyebutkan
  • menjelaskan
  • menggambar
  • membilang
  • mengidentifikasi
  • mendaftar
  • menunjukkan
  • memberi label
  • memberi indeks
  • memasangkan
  • menamai
  • menandai
  • membaca
  • menyadari
  • menghafal
  • meniru
  • mencatat
  • mengulang
  • mereproduksi
  • meninjau
  • memilih
  • menyatakan
  • mempelajari
  • mentabulasi
  • memberi kode
  • menelusuri
  • menulis
  • merespon

2. Tingkat (Level) Pemahaman – C2

Pada level atau tingkatan kedua ini, pemahaman diartikan sebagai kemampuan memahami bahan tertentu, sanggup dalam bentuk: (a) translasi (mengubah dari satu bentuk ke bentuk lain); (b) interpretasi (menjelaskan atau merangkum materi);(c) ekstrapolasi (memperpanjang/memperluas arti/memaknai data).

Kata Kerja Operasional Level C2

Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C2 (Cognitive 2 – Pemahaman) antara lain:
  • memperkirakan
  • menjelaskan
  • mengkategorikan
  • mencirikan
  • merinci
  • mengasosiasikan
  • membandingkan
  • menghitung
  • mengkontraskan
  • mengubah
  • mempertahankan
  • menguraikan
  • menjalin
  • membedakan
  • mendiskusikan
  • menggali
  • mencontohkan
  • menerangkan
  • mengemukakan
  • mempolakan
  • memperluas
  • menyimpulkan
  • meramalkan
  • merangkum
  • menjabarkan

3. Tingkat (Level) Aplikasi – C3

Pada level atau tingkatan ketiga ini, aplikasi dimaksudkan sebagai kemampuan untuk menerapkan info dalam situasi nyata.

Kata Kerja Operasional Level C3

Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C3 (Cognitive 3 – Aplikasi) antara lain:
  • menugaskan
  • mengurutkan
  • menentukan
  • menerapkan
  • menyesuaikan
  • mengkalkulasi
  • memodifikasi
  • mengklasifikasi
  • menghitung
  • membangun
  • membiasakan
  • mencegah
  • menentukan
  • menggambarkan
  • menggunakan
  • menilai
  • melatih
  • menggali
  • mengemukakan
  • mengadaptasi
  • menyelidiki
  • mengoperasikan
  • mempersoalkan
  • mengkonsepkan
  • melaksanakan
  • meramalkan
  • memproduksi
  • memproses
  • mengaitkan
  • menyusun
  • mensimulasikan
  • memecahkan
  • melakukan
  • mentabulasi

4. Tingkat (Level) Analisis – C4

Analisis yakni kategori atau tingkatan ke-4 dalam taksonomi Bloom perihal ranah (domain) kognitif. Analisis merupakan kemampuan menguraikan suatu bahan menjadi bagian-bagiannya. Kemampuan menganalisis sanggup berupa: (a) analisis elemen (mengidentifikasi bagian-bagian materi); (b) analisis hubungan (mengidentifikasi hubungan); (c) analisis pengorganisasian prinsip (mengidentifikasi pengorganisasian/organisasi).

Kata Kerja Operasional Level C4

Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C4 (Cognitive 4 – Analisis) antara lain:
  • menganalisis
  • mengaudit
  • memecahkan
  • menegaskan
  • mendeteksi
  • mendiagnosis
  • menyeleksi
  • merinci
  • menominasikan
  • mendiagramkan
  • mengkorelasikan
  • merasionalkan
  • menguji
  • mencerahkan
  • menjelajah
  • membagankan
  • menyimpulkan
  • menemukan
  • menelaah
  • memaksimalkan
  • memerintahkan
  • mengedit
  • mengaitkan
  • memilih
  • mengukur
  • melatih
  • mentransfer

5. Tingkat (Level) Sintesis – C5

Level kelima yakni sintesis yang dimaknai sebagai kemampuan untuk memproduksi. Tingkatan kognitif kelima ini sanggup berupa: (a) memproduksi komunikasi yang unik; (b) memproduksi planning atau acara yang utuh; dan (c) menghasilkan/memproduksi seperangkat hubungan abstrak.

Kata Kerja Operasional Level C5

Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C5 (Cognitive 5 – Sintesis) antara lain:
  • mengabstraksi
  • mengatur
  • menganimasi
  • mengumpulkan
  • mengkategorikan
  • mengkode
  • mengombinasikan
  • menyusun
  • mengarang
  • membangun
  • menanggulangi
  • menghubungkan
  • menciptakan
  • mengkreasikan
  • mkengoreksi
  • merancang
  • merencanakan
  • mendikte
  • meningkatkan
  • memperjelas
  • memfasilitasi
  • membentuk
  • merumuskan
  • menggeneralisasi
  • menggabungkan
  • memadukan
  • membatas
  • merefarasi
  • menampilkan
  • menyiapkan
  • memproduksi
  • merangkum
  • merekonstruksi

6. Tingkat (Level) Evaluasi – C6

Level ke-6 dari taksonomi Bloom pada ranah kognitif yakni evaluasi. Kemampuan melaksanakan penilaian diartikan sebagai kemampuan menilai ‘manfaat’ suatu benda/hal untuk tujuan tertentu berdasarkan kriteria yang jelas. Paling tidak ada dua bentuk tingkat (level) penilaian berdasarkan Bloom, yaitu: (a) penilaian atau penilaian berdasarkan bukti internal; dan (2) penilaian berdasarkan bukti eksternal.

Kata Kerja Operasional Level C6

Contoh-contoh kata kerja operasional untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada level C6 (Cognitive 6 – Evaluasi) antara lain:
  • membandingkan
  • menyimpulkan
  • menilai
  • mengarahkan
  • mengkritik
  • menimbang
  • memutuskan
  • memisahkan
  • memprediksi
  • memperjelas
  • menugaskan
  • menafsirkan
  • mempertahankan
  • memerinci
  • mengukur
  • merangkum
  • membuktikan
  • memvalidasi
  • mengetes
  • mendukung
  • memilih
  • memproyeksikan

Demikian artikel perihal Pembagian Ranah (Domain) Kognitif Menurut Bloom dari blog PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Model-Model Pembelajaran, biar bermanfaat. Salam.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pembagian Ranah (Domain) Kognitif Berdasarkan Bloom"

Posting Komentar