Lingkungan Mencar Ilmu Dan Pembelajaran

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Lingkungan Belajar dan Pembelajaran yang Dilakukan Guru

Apakah anda pernah memperhatikan bagaimana keadaan lingkungan di sekitar anda mengajar? Bila anda tak pernah atau kurang memperhatikannya, mungkin artikel dari blog penelitian tindakan kelas (PTK) dan model-model pembelajaran kali ini sanggup bermanfaat untuk disimak.

Banyak guru bergotong-royong telah menyadari bahwa lingkungan pembelajaran cukup mempengaruhi keberhasilan pembelajaran pada diri siswa. Sebenarnya, lingkungan pembelajaran tak hanya besar lengan berkuasa pada pembelajaran siswa tetapi juga sekaligus besar lengan berkuasa pada pengajaran guru. Modifikasi lingkungan berguru dan pembelajaran yang sederhana sekalipun sanggup membawa manfaat dalam keberhasilan proses berguru mengajar di kelas.

Lingkungan pembelajaran tentu saja dibuat dari komponen-komponen sehingga menjadi satu kesatuan. Penataan lingkungan pembelajaran yang baik harusnya memperhatikan tingkat kelas (level), kepribadian guru yang baik, materi pembelajaran, hingga tujuan yang diinginkan guru untuk sanggup dicapai siswanya. Contohnya begini, kalau anda yaitu guru kelas I SD, maka ruangan kelas akan anda tata supaya sesuai dengan hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya tadi. Tidak mungkin akan sama dengan penataan ruang kelas sobat anda yang mengajar di kelas VI SD.

Lingkungan Pembelajaran yang Menyenangkan

Bila anda ingin membuat lingkungan pembelajaran berkontribusi pada keberhasilan pembelajaran siswa dan pengajaran yang anda lakukan, maka penataan lingkungan berguru harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya. Lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dapat:
  • Mendorong tumbuhnya hubungan positif

Hubungan nyata yang dimaksud di sini yaitu hubungan nyata di antara sesama siswa, antara siswa-siswa dengan guru, bahkan antara siswa-siswa dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan, dan antara guru dengan materi pembelajaran yang akan disampaikannya. Untuk membantu siswa dan guru membentuk hubungan dengan materi pembelajaran, maka pada lingkungan berguru contohnya saja, sanggup ditambahkan beberapa media pembelajaran terpajang atau gambar-gambar/poster-poster yang berkaitan.
  • Merangsang pemikiran, kreativitas, dan keingintahuan

Apakah ruangan atau lingkungan pembelajaran anda telah sanggup merangsang pemikiran, kreativitas, dan keingintahuan siswa? Ada baiknya guru selalu memperhatikan hal ini. Lingkungan pembelajaran sanggup dibuat sedemikian, contohnya dengan menambahkan papan yang berisi informasi-informasi tertentu yang sanggup menggelitik rasa ingin tahu, pemikiran dan kreativitas siswa. Bila anda seorang guru IPA misalnya, maka anda sanggup menempelkan informasi-informasi dari guntingan koran atau bahan-bahan bacaan yang didownload dari internet untuk ini. Atau bahkan anda punya ilham tersendiri untuk tujuan ini?
  • Meningkatkan harga-diri, keyakinan, dan nilai diri siswa

Lingkungan pembelajaran di sebuah kelas hendaknya sanggup menumbuhkan harga diri, keyakinan, dan nilai diri siswa. Guru sanggup menciptakannya dengan mengajak seluruh anggota kelas untuk selalu saling menghargai perbedaan satu sama lain, memahami, dan saling berbagi. Guru sanggup meyakinkan seluruh siswa, bahwa semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perasaan dihargai, dihormati, dan tidak diremehkan sangatlah penting. Bila dalam kegiatan pembelajaran terjadi kesalahan-kesalahan oleh siswa tertentu, pastikan mereka tidak merasa dicemooh atau ditertawakan. Ajaklah seluruh siswa menyadari bahwa kesalahan yaitu cuilan dari sebuah pembelajaran.
  • Menginformasikan, memengaruhi, membujuk, menimbulkan semangat

Guruyang baik memperlihatkan imbas nyata dalam membuat suasana pembelajarannya. Ia selain menginformasikan hal-hal penting yang harus diketahui siswa, ia juga seharusnya memengaruhi dan membujuk mereka untuk terus belajar. Guru yang baik dan efektif dalam setiap waktu di pembelajarannya bisa menimbulkan semangat berguru pada diri siswanya.
  • Meningkatkan responsibilitas, rasa keadilan, perasaan nyata siswa perihal sekolah

Lingkungan pembelajaran yang baik di sebuah kelas akan membawa manfaat lain bagi sekolah. Seluruh siswa yang ada di dalamnya akan meningkat rasa tanggung jawabnya untuk berguru (responsibilitas), merasa bahwa ia selalu berada dalam situasi yang adil dan terjamin rasa keadilannya. Selanjutnya akan terbentuk perasaan nyata perihal sekolah dan pembelajaran yang digelutinya.

Pengaruh Lingkungan Pembelajaran

Pengaruh lingkungan pembelajaran kepada guru dan siswa sanggup bermacam-macam, di antaranya:
  • Stress

Lingkungan pembelajaran sanggup menimbulkan stress, tidak hanya pada siswa tetapi juga guru sekalipun apabila tidak dimanajemen dengan baik.
  • Keamanan

Keamanan memegang peranan penting. Lingkungan yang tidak kondusif akan tentu saja berdampak amat jelek pada pembelajaran. Keamanan di sini bisa dalam bentuk fisik, mental maupun emosional.
  • Akses ke isi materi pelajaran

Lingkungan pembelajaran yang membantu anak mengakses materi pembelajaran akan membantu pula pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan. Demikian pula sebaliknya.
  • Pengelompokan sosial

Jangan pernah membuat pengelompokan tertentu yang sanggup menimbulkan adanya jurang pemisah di antara siswa-siswa. Pembelajaran yang membuat lingkungan sedemikian akan berdampak sangat jelek tidak hanya pada proses dan hasil pembelajaran, tetapi juga pada aspek-aspek lainnya.
  • Level aktivitas

Tingkatan (level) acara pembelajaran yang diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan siswa menuntaskan tugas-tugas yang diberikan dengan cukup perjuangan (tidak terlalu simpel dan tidak terlalu susah) akan membuat lingkungan pembelajaran yang optimal.
  • Optimisme

Bangun dan tunjukkan optimisme anda sebagai guru, sehingga siswa-siswa akan tertular dan mencicipi energi nyata yang dimliki oleh guru. Optimisme bahwa semua sanggup berguru dengan baik perlu ditunjukkan oleh guru baik dalam bentuk-bentuk eksplisit dari kata-kata, maupun dalam bentuk implisit, contohnya bahasa badan dan mimik yang ditunjukkan guru ketika berinteraksi dengan semua siswanya.

Demikian goresan pena perihal Lingkungan Belajar dan Pembelajaran dari blog PTK dan Model Pembelajaran. Semoga bermanfaat. Salam.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Lingkungan Mencar Ilmu Dan Pembelajaran"

Posting Komentar