ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Ada banyak keterampilan esensial yang harus dimilki oleh seorang guru efektif. Beberapa diantaranya adalah: membuka pembelajaran, keterampilan bertanya (quetioning), mereviu dan menutup pembelajaran, memusatkan perhatian siswa, memperlihatkan umpan balik, dan mengorganisasi.
Blog sederhana tentang penelitian tindakan kelas ini angkat mencoba membahas salah satu keterampilan esensial yang harus dimilki oleh guru kalau ia ingin menjadi guru yang efektif dalam melakukan pembelajaran, yaitu: keterampilan mengorganisasi.
Guru yang memiliki kemampuan mengorganisasi pembelajaran akan membuat urutan yang efektif pada proses pembelajaran. Urutan yang sempurna akan berimplikasi pribadi pada waktu yang dipakai siswa untuk selalu berfokus dan terlibat aktif pada pembelajaran.Mengorganisasi di sini juga bukan berarti siswa akan duduk secara teratur dengan hening sementara guru mengajar. Urutan dan organisasi pembelajaran yang baik akan meningkatkan motivasi berguru siswa. Bukankah kita yakin, bahwa takkan ada siswa yang termotivasi berguru pada sebuah pembelajaran yang kacau balaudan tak beraturan?
1. Memulai pembelajaran sempurna waktu.
2. Materi ajar, alat dan bahan, atau sumber berguru telah dipersiapkan dengan matang.
3. Kegiatan rutin terjamin pelaksanaannya, misalnya, siswa segera menulis hal-hal penting yang mereka temukan/disampaikan guru tanpa harus diminta atau disuruh.
4. Mengakhiri pembelajaran sempurna waktu.
Demikian bahasan mengenai keterampilan esensial guru efektif ihwal mengorganisasikan pembelajaran dari blog penelitian tindakan kelas (ptk) dan model-model pembelajaran.Semoga bermanfaat.
Blog sederhana tentang penelitian tindakan kelas ini angkat mencoba membahas salah satu keterampilan esensial yang harus dimilki oleh guru kalau ia ingin menjadi guru yang efektif dalam melakukan pembelajaran, yaitu: keterampilan mengorganisasi.
Keterampilan Mengorganisasi Kelas dan Hubungannya dengan Pembelajaran
Banyak penelitian di dalam dunia pendidikan telah memperlihatkan bahwa kemampuan guru untuk mengorganisasikan pembelajaran ialah salah satu faktor yang sangat kuat pada pencapaian tujuan pembelajaran oleh siswa. Tercatat bahwa kemampuan manajerial guru berkorelasi faktual pada proses maupun hasil pembelajaran.Guru yang memiliki kemampuan mengorganisasi pembelajaran akan membuat urutan yang efektif pada proses pembelajaran. Urutan yang sempurna akan berimplikasi pribadi pada waktu yang dipakai siswa untuk selalu berfokus dan terlibat aktif pada pembelajaran.Mengorganisasi di sini juga bukan berarti siswa akan duduk secara teratur dengan hening sementara guru mengajar. Urutan dan organisasi pembelajaran yang baik akan meningkatkan motivasi berguru siswa. Bukankah kita yakin, bahwa takkan ada siswa yang termotivasi berguru pada sebuah pembelajaran yang kacau balaudan tak beraturan?
Karakteristik Guru yang Mampu Mengorganisasi Kelas
Beberapa karakteristik guru yang memiliki keterampilan esensial mengorganisasikan kelas sanggup tampak dalam bentuk menyerupai di bawah ini:1. Memulai pembelajaran sempurna waktu.
2. Materi ajar, alat dan bahan, atau sumber berguru telah dipersiapkan dengan matang.
3. Kegiatan rutin terjamin pelaksanaannya, misalnya, siswa segera menulis hal-hal penting yang mereka temukan/disampaikan guru tanpa harus diminta atau disuruh.
4. Mengakhiri pembelajaran sempurna waktu.
Demikian bahasan mengenai keterampilan esensial guru efektif ihwal mengorganisasikan pembelajaran dari blog penelitian tindakan kelas (ptk) dan model-model pembelajaran.Semoga bermanfaat.
0 Response to "Keterampilan Esensial Guru: Mengorganisasi"
Posting Komentar