Karakteriktik Peneliti Dan Ptk (Penelitian Tindakan Kelas)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Peneliti dan Penelitian Tindakan Kelas


Pada blog penelitian tindakan kelas ini telah banyak diulas banyak sekali aspek dari jenis penelitian tindakan kelas. Mulai dari pembahasan wacana pembuatan dan pengembangan instrumen, penyusunan tawaran penelitian ptk, sampai penyusunan laporan dan contoh-contohnya. Pada goresan pena kali ini, kita akan mencoba menjelaskan bagaimana peranan si peneliti itu sendiri dalam penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilakukannya.

Lincoln dan Guba, 1985, menyebutkan bahwa sebagai bab penting dari sebuah penelitian tindakan kelas, maka peneliti seharusnya mempunyai beberapa karakteristik berikut ini :

Responsif

Memiliki sifat responsif. Peneliti harus bersikap responsif terhadap segala macam petunjuk yang muncul ketika melakukan penelitiannya, baik yang hanya bersifat individualistik pada diri siswa maupun yang berasal dari lingkungannya.

Adaftif

Memiliki sifat adaptif. Dalam kaitan dengan sifat adaptif ini, seorang peneliti yang melakukan penelitian tindakan kelas (ptk) mesti sanggup mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi  mengenai banyak faktor pada tahap yang berbeda-beda secara simultan.

Holistik

Selalu berpegang pada prinsip holistik, dimana karakteristik ini dimaksudkan  sebagai bentuk perwujudan bahwa insan bisa dengan segera menempatkan dan menyimpulkan insiden (yang mungkin membingungkan) ke dalam posisinya sebagai peneliti dan guru, bukan instrumen penelitian lainnya.

Berbasis Pengetahuan

Pengembangan berbasis pengetahuan, maksudnya hanya insan yang sanggup sekaligus berpikir yang tidak diungkapkan dalam menyusun proposisi, sementara sadar bahwa situasiyang dihadapi memerlukan lebih dri sekedar pengetahuan dan proposisi alasannya yaitu harus memahami apa yang dirasakan siswa sebagai subjek yang diteliti, simpati dan tenggang rasa yang tidak diucapkan, impian yang tidak diungkapkan, dan banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang tidak pernah diperhatikan yang justru menyumbangkan kedalaman dan kekayaan pada penelitian.

Segera

Berusaha memproses dengan segera, di mana dalam kaitan ini, seorang peneliti dalam ptk yaitu orang yang bisa segera memproses data di tempat, menciptakan generalisasi dan menguji hipotesis.
Melakukan penjelasan dan kesimpulan, di mana peneliti dalam sebuah penelitian tindakan kelas mempunyai suatu kemampuan unik untuk sanggup meminta klarifikasi, pembetulan, penjelasan terperinci kepada subyek yang sedang diteliti.
Mempunyai kesempatan dan eksplorasi, dalam kaitan dengan jawaban-jawaban dari subjek penelitian (siswa) bila bersifat tidak lazim.

Demikianlah, sebagai orang yang mempunyai aksara sebagai instrumen insan (human instrumen), mempunyai kelebihan-kelebihan yang harus dimanfaatkan untuk meraih ketepatan dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukannya, maka peneliti juga dengan demikian harus memahami apa kiprah yang sedang diembannya dalam penelitian itu, dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk itu.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Karakteriktik Peneliti Dan Ptk (Penelitian Tindakan Kelas)"

Posting Komentar