ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Blog pembelajaran model kooperatif tipe group-investigation (GI / Kelompok-Investigasi).
Salah satu tujuan dalam pembelajaran kooperatif group investigation adalah: siswa berguru bagaimana proses inkuiri, sebagaimana yang dilakukan oleh para ilmuwan itu dilakukan. Dalam hal ini tentu mencakup (1) tujuan inkuiri itu sendiri, (2) bagaimana proses inkuiri itu mereka lakukan; dan (3) produk dari inkuiri. Siswa-siswa dalam acara ber-inkuiri ini seharusnya diajak merefleksi proses yang telah mereka lakukan, dan mengevaluasi kinerja mereka dalam ber-inkuiri.
Evaluasi sanggup dilakukan melalui bentuk skala rating atau daftar ceklis. Melalui format penilaian ini mereka diperlukan sanggup melaksanakan penilaian diri (evaluasi mandiri) ketika diajak berpikir reflektif tentang acara inkuiri yang telah mereka lakukan. Penggunaan skala rating atau ceklis berupa penilaian diri /evaluasi berdikari ini sangat anggun juga untuk meningkatkan kemampuan siswa berpikir analitis. Selain, tentu sanggup menstimulasi terjadinya diskusi antar anggota-anggota kelompok kooperatif menurut rambu-rambu dari skala rating / daftar ceklis tersebut.
Contoh skala rating penilaian proses inkuri (evaluasi diri) siswa dalam melaksanakan inkuiri sanggup di download melalui link berikut:
Skala Rating Evaluasi Kegiatan Inkuiri Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group-Investigation.
Contoh daftar ceklis untuk penilaian proses inkuiri (evaluasi diri) siswa dalam melaksanakan inkuiri sanggup di download melalui link berikut:
Daftar Ceklis Evaluasi Kegiatan Inkuiri Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group-Investigation.
Semoga goresan pena kali ini bermanfaat buat anda yang sedang atau akan melaksanakan penelitian tindakan kelas (ptk) perihal model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Salam ptk. :)
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi dan Proses Inkuiri
Sebagaimana para guru mungkin sudah ketahui, salah satu bab penting dalam model pembelajaran kooperatif tipe group investigation ialah adanya acara / proses inkuri oleh kelompok-kelompok kooperatif siswa.Salah satu tujuan dalam pembelajaran kooperatif group investigation adalah: siswa berguru bagaimana proses inkuiri, sebagaimana yang dilakukan oleh para ilmuwan itu dilakukan. Dalam hal ini tentu mencakup (1) tujuan inkuiri itu sendiri, (2) bagaimana proses inkuiri itu mereka lakukan; dan (3) produk dari inkuiri. Siswa-siswa dalam acara ber-inkuiri ini seharusnya diajak merefleksi proses yang telah mereka lakukan, dan mengevaluasi kinerja mereka dalam ber-inkuiri.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi |
Evaluasi sanggup dilakukan melalui bentuk skala rating atau daftar ceklis. Melalui format penilaian ini mereka diperlukan sanggup melaksanakan penilaian diri (evaluasi mandiri) ketika diajak berpikir reflektif tentang acara inkuiri yang telah mereka lakukan. Penggunaan skala rating atau ceklis berupa penilaian diri /evaluasi berdikari ini sangat anggun juga untuk meningkatkan kemampuan siswa berpikir analitis. Selain, tentu sanggup menstimulasi terjadinya diskusi antar anggota-anggota kelompok kooperatif menurut rambu-rambu dari skala rating / daftar ceklis tersebut.
Download Instrumen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI
Contoh skala rating penilaian proses inkuri (evaluasi diri) siswa dalam melaksanakan inkuiri sanggup di download melalui link berikut:
Skala Rating Evaluasi Kegiatan Inkuiri Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group-Investigation.
Contoh daftar ceklis untuk penilaian proses inkuiri (evaluasi diri) siswa dalam melaksanakan inkuiri sanggup di download melalui link berikut:
Daftar Ceklis Evaluasi Kegiatan Inkuiri Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group-Investigation.
Semoga goresan pena kali ini bermanfaat buat anda yang sedang atau akan melaksanakan penelitian tindakan kelas (ptk) perihal model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Salam ptk. :)
0 Response to "Cara Mengevaluasi Proses Inkuiri Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation"
Posting Komentar