Buat Siswa Memahami Bacaan Melalui Pertanyaan Guru

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Guru dan Pertanyaan

Pertanyaan-pertanyaan guru yang dilontarkan ketika siswa sedang berguru atau mempelajari sebuah teks menyerupai buku paket akan sangat bermanfaat buat mereka. Pertanyaan guru akan membantu mereka biar sanggup lebih memahami teks tersebut. Hal ini terjadi karena, dengan diberi pertanyaan maka siswa akan:
  • Memberikan siswa tujuan/acuan dalam membaca.
  • Membuat mereka lebih fokus dan perhatian terhadap pelajaran atau bahan pelajaran.
  • Memabntu siswa menjadi aktif secara mental ketika mereka sedang membaca.
  • Merangsang siswa untuk selalu berguru memonitor pemahamannya sendiri terhadap bacaan yang sedang digelutinya.
  • Membantu siswa menghubungkan apa yang mereka baca dengan pengetahuan yang telah mereka miliki sebelumnya.
  • dsb.
Untuk mencapai tujuan-tujuan guru melontarkan pertanyaan ketika siswa sedang membaca buku atau teks sebagaimana di sebut di atas, maka guru sanggup melontarkan pertanyaan dengan level sederhana sampai level yang benar-benar memicu mereka untuk aktif berpikir.

Beberapa pertanyaan yang sanggup dilontarkan oleh guru:

  1. Pertanyaan yang jawabannya pribadi tertulis di dalam teks yang sedang dibaca. Kaprikornus untuk menjawab pertanyaan ini, siswa hanya perlu menemukan satu atau beberapa kalimat yang sanggup dikutip atau dibaca pribadi dari buku atau teks yang ada ditangan mereka.
  2. Pertanyaan yang menuntut mereka untuk berpikir dan mencari. Sebenarnya jenis pertanyaan ini dibentuk menurut beberapa fakta yang ada di dalam bacaan. Tetapi biasanya letaknya ada beberapa kawasan atau bab teks, sehingga memerlukan kejelian siswa dalam menemukan dan saling mengubungkannya untuk menciptakan kalimat sendiri. Hal ini tentu menuntut sedikit pemikiran dari mereka.
  3. Pertanyaan yang meminta siswa menghubungkan apa yang telah mereka baca dengan pengetahuan mereka sebelumnya (pengetahuan awal yang telah mereka miliki). 
  4. Jadi pada prinsipnya, mereka harus terlebih dahulu memahami isi teks atau bacaan, gres kemudian menghubungkannya dengan pengetahuan awal mereka.
  5. Pertanyaan yang didasarkan pada pengetahuan awal siswa dan pengalaman mereka. Ketika siswa diberi pertanyaan demikian, maka mereka akan berusaha mencari balasan pada teks yang sesungguhnya tidak ada di sana, atau mereka tak akan sanggup menjawab pertanyaan itu meskipun mereka memahami teks atau bacaan yang sedang digeluti.Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa sesungguhnya hanya perlu mengungkapkan pengalamannya dan pengetahuan yang telah mereka miliki.  
Demikian artikel wacana Cara Membuat Siswa Memahami Bacaan Melalui Pertanyaan dari blog ptk dan model pembelajaran, semoga manfaat.

(referensi: readingrocket.org)
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Buat Siswa Memahami Bacaan Melalui Pertanyaan Guru"

Posting Komentar