Sintaks Model Pembelajaran Vak (Visual - Auditorial - Kinestetik)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
model pembelajaran VAK visual auditorial kinestetik Sintaks Model Pembelajaran VAK (Visual - Auditorial - Kinestetik)
3 Modalitas dalam Belajar

Sintaks Model Pembelajaran VAK (Visual - Auditorial - Kinestetik)

Modalitas penting untuk berguru pada siswa yaitu kemampuan mereka untuk melihat, mendengar dan menyentuh serta melaksanakan (visual - auditorial - kinestetik). Para jago psikologi pendidikan, untuk mengakomodasi ketiga modal ini kemudian membuat model pembelajaran VAK.Untuk melaksanakannya di kelas, guru sanggup melakukannya dalam langkah (sintaks) berikut ini:

1. Persiapan

Langkah ini dilakukan pada ketika tahap pendahuluan dalam acara berguru mengajar. Dalam langkah ini guru mempersiapkan siswa, baik yang berkaitan dengan minat siswa, perasaan nyata untuk mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hal-hal tersebut dilakukan untuk menyiapkan mereka biar sanggup mengikuti acara pembelajaran secara maksimal.

2. Penyampaian

Setelah melaksanakan persiapan di acara pendahuluan, guru selanjutnya membantu siswa untuk mengikuti pembelajaran, menemukan informasi-informasi dan mempelajari keterampilan-keterampilan gres dengan gaya dan cara berguru yang sesuai dengan modalitas yang mereka miliki masing-masing. Dalam hal ini harus menunjukkan pembelajaran dengan cara yang bervariasi biar semua gaya belajar, baik visual, auditorial, maupun kinestetik sanggup terpenuhi kebutuhannya. Kegiatan yang meminta siswa aktif secara minds on, ataupun hands on activity sangat penting untuk disediakan.

3. Pelatihan

Setelah mengikuti acara penyampaian melalui aneka macam taktik yang mengakomodasi aneka macam modalitas berguru tadi, guru kemudian menunjukkan fasilitasi sehingga siswa sanggup melaksanakan pelatihan. Hal ini dilakukan biar siswa lebih menyerap informasi atau hasil berguru yang diharapkan. Lagi-lagi, cara-cara dan taktik yang dilakukan harus memperhatikan modalitas VAK siswa.

4. Mempresentasikan Hasil

Kegiatan pembelajaran dengan model VAK (visual - auditorial - kinestetik) ini kesannya ditutup dengan acara siswa untuk mempresentasikan hasil berguru yang telah mereka peroleh. Pada tahap ini guru seyogyanya menyediakan kesempatan kepada mereka untuk mengevaluasi kinerja mereka dalam berguru dan menunjukkan umpan balik.

Demikian sintaks (langkah-langkah) model pembelajaran VAK (visual - auditorial - kinestetik), semoga bermanfaat bagi anda pembaca blog http://penelitiantindakankelas.blogspot.com.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Sintaks Model Pembelajaran Vak (Visual - Auditorial - Kinestetik)"

Posting Komentar